Penerapan Metodologi Rekayasa Perangkat Lunak untuk Efisiensi Pengembangan Sistem
DOI:
https://doi.org/10.53624/jsitik.v3i1.542Keywords:
Waterfall, Prototyping, RAD, EfisiensiAbstract
Latar Belakang: Dalam pengembangan perangkat lunak, tantangan dalam hal efisiensi dan efektivitas sering kali muncul, terutama ketika menghadapi keterbatasan sumber daya untuk memenuhi tujuan kebutuhan pengguna Tujuan: Studi ini bertujuan untuk menyelidiki berbagai pendekatan untuk pengembangan perangkat lunak, termasuk berbagai pendekatan, seperti Waterfall, Prototyping, dan Quick Application Improvement (RAD), dengan penekanan pada peningkatan efisiensi dalam proses pengembangan. Metode: Dengan menggunakan metode Waterfall, Prototyping, Rapid Application Development (RAD), dan melalui analisis kualitatif, penelitian ini dapat membedakan preferensi dan kekurangan dari masing-masing strategi yang dapat dianalisis berdasarkan studi literatur yang ada. Hasil: Metode Waterfall menawarkan kemudahan dalam manajemen proyek, meskipun memiliki fleksibilitas yang terbatas. Di sisi lain, prototyping mendukung identifikasi kebutuhan yang berulang, namun cenderung mahal. Sementara itu, pendekatan Rapid Application Development (RAD) dapat mempercepat proses pengembangan, tetapi kurang ideal untuk proyek-proyek berisiko tinggi. Kesimpulan: Pemilihan metodologi yang tepat harus diselaraskan dengan kebutuhan spesifik dari pengembangan yang dilakukan untuk mengoptimalkan efisiensi dan kualitas program yang dibuat.
Downloads
References
A. S. Sofyan, P. Puspitorini, and M. A. Yulianto, “Aplikasi Media Informasi Sekolah Berbasis SMS Gateway Dengan Metode SDLC,” J. Sisfotek Glob., vol. 6, no. 2, pp. 5–12, 2016.
M. B. Rosyadi, “Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 8, no. 1, pp. 468–477, 2022, doi: 10.58258/jime.v8i1.2675. DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2675
M. Rizky and Y. Sugiarti, “Pengunaan Metode Scrum Dalam Pengembangan Perangkat Lunak: Literature Review,” J. Comput. Sci. Eng., vol. 3, no. 1, pp. 41–48, 2022, doi: 10.36596/jcse.v3i1.353. DOI: https://doi.org/10.36596/jcse.v3i1.353
I. P. Prabandanizwaransa, I. Ahmad, and E. R. Susanto, “Implementasi Metode Extreme Programming untuk Sistem Pengajuan Tempat PKL Berbasis Web,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 4, no. 2, pp. 221–227, 2023, doi: 10.33365/jatika.v4i2.2601. DOI: https://doi.org/10.33365/jatika.v4i2.2601
D. . Budi, D. S., “Analisis Pemilihan Penerapan Proyek Metodologi Pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak,” 25th Int. Conf. Comput. Theory Appl. ICCTA 2015 - Proc., vol. 5, no. November, pp. 106–111, 2015, doi: 10.1109/ICCTA37466.2015.9513455. DOI: https://doi.org/10.1109/ICCTA37466.2015.9513455
D. T. Haniva, J. A. Ramadhan, and A. Suharso, “Systematic Literature Review Penggunaan Metodologi Pengembangan Sistem Informasi Waterfall, Agile, dan Hybrid,” J. Inf. Eng. Educ. Technol., vol. 7, no. 1, pp. 36–42, 2023, doi: 10.26740/jieet.v7n1.p36-42. DOI: https://doi.org/10.26740/jieet.v7n1.p36-42
Subhiyanto, “Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Manajemen : ASystematic Literatur Review,” Remik, vol. 7, no. 1, pp. 821–834, 2023, doi: 10.33395/remik.v7i1.12177. DOI: https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.12177
T. Pricillia and Zulfachmi, “Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD),” J. Bangkit Indones., vol. 10, no. 1, pp. 6–12, 2021, doi: 10.52771/bangkitindonesia.v10i1.153. DOI: https://doi.org/10.52771/bangkitindonesia.v10i1.153
D. Murdiani and M. Sobirin, “Perbandingan Metodologi Waterfall Dan RAD Dalam Pengembangan Sistem Informasi,” JINTEKS (Jurnal Inform. Teknol. dan Sains), vol. 4, no. 4, pp. 302–306, 2022, [Online]. Available: http://www.jurnal.uts.ac.id/index.php/JINTEKS/article/view/2008 DOI: https://doi.org/10.51401/jinteks.v4i4.2008
Y. Amrozi, S. D. K. Wardani, and R. Ramadhan, “Quo Vadis Pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak,” J. Teknol. Terap. G-Tech, vol. 3, no. 2, pp. 237–244, 2020, doi: 10.33379/gtech.v3i2.427. DOI: https://doi.org/10.33379/gtech.v3i2.427
D. M. Vira Adi Kurniyanti, “Konsep Siklus Hidup Pengembangan Sistem (SDLC) umumnya berkaitan dengan komputer atau sistem informasi. SDLC berfungsi sebagai kerangka kerja untuk mengembangkan sistem perangkat lunak, yang terdiri dari beberapa fase penting: perencanaan, analisis, desai,” vol. 9, no. 08, pp. 356–363, 2022.
Maikel Bolung and H. R. K. Tampangela, “ANALISA PENGGUNAAN METODOLOGI PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK,” Commun. Comput. Inf. Sci., vol. 1210 CCIS, no. 1, pp. 116–134, 2020, doi: 10.1007/978-981-15-7530-3_9. DOI: https://doi.org/10.1007/978-981-15-7530-3_9
A. A. Wahid, “‘Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,’ ,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, vol. 1, no. October, 2020.
Y. Wahyudin and D. N. Rahayu, “Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 15, no. 3, pp. 26–40, 2020, doi: 10.35969/interkom.v15i3.74. DOI: https://doi.org/10.35969/interkom.v15i3.74
W. W. Widiyanto, “Analisa Metodologi Pengembangan Sistem Dengan Perbandingan Model Perangkat Lunak Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Waterfall Development Model, Model Prototype, Dan Model Rapid Application Development (Rad),” J. Inf. Politek. Indonusa Surakarta ISSN, vol. 4, no. 1, pp. 34–40, 2018, [Online]. Available: http://www.informa.poltekindonusa.ac.id/index.php/informa/article/view/34
Y. N. Saputri, L. E. Sudiati, and N. Haryani, “SISTEM INFORMASI BUMDes DENGAN METODE RAD ATAU PROTOTYPE?(STUDI KOMPARASI ANTARA RAD & PROTYPE),” Soscied, vol. 6, no. 2, pp. 442–449, 2023.
F. R. Cahyadi and M. A. Sutisna, “Perbandingan Model Waterfall Dengan Rad Berbasis Website,” J. Ilm. METADATA, vol. 5, no. 1, pp. 19–33, 2023, doi: 10.47652/metadata.v5i1.308. DOI: https://doi.org/10.47652/metadata.v5i1.308
L. E. Zen and D. U. Iswavigra, “Critical Review: Analogi RAD, OOP dan EUD Method dalam Proses Development Sistem Informasi,” J. Inf. dan Teknol., vol. 5, no. 1, pp. 184–190, 2023, doi: 10.37034/jidt.v5i1.286. DOI: https://doi.org/10.37034/jidt.v5i1.286
A. Z. D. Nur Adiya, D. L. Anggraeni, and Ilham Albana, “Analisa Perbandingan Penggunaan Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, Iterative, Spiral, Rapid Application Development (RAD)),” Merkurius J. Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 4, pp. 122–134, 2024, doi: 10.61132/merkurius.v2i4.148. DOI: https://doi.org/10.61132/merkurius.v2i4.148
M. Z. Ramadhan and F. Angelia, “Mengoptimalkan pengembangan aplikasi mobile melalui perbandingan metode pengembangan perangkat lunak (Waterfall, Prototype, Mobile-D, Agile, RAD),” J. Ilm. Teknol. Inf. dan Sains, vol. 3, no. 2, pp. 13–19, 2023. DOI: https://doi.org/10.36815/submit.v3i2.2993
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Safa Nadia Bakri, Muhammad Irwan Padli Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0