Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Website Dengan Metode Pengujian User Acceptance Testing
DOI:
https://doi.org/10.53624/jsitik.v2i2.362Keywords:
E-Commerce, Alpha Testing, Blackbox Testing, User Acceptance TestingAbstract
CV. Jaya Prima adalah sebuah usaha yang proses bisnis utamanya bergerak pada bidang bahan plastik seperti sarung tangan plastik, plastik sampah, wadah mika dan bahan plastik lainnya. Perusahaan memiliki permasalahan penting pada proses penjualan yang berjalan saat ini masih bersifat konvensional sehingga menghambat dalam proses transaksi. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan solusi bagi permasalahan penjualan konvensional yang terjadi dengan merancang suatu sistem e-commerce berbasis web agar pelanggan dapat melakukan pemesanan secara online. Urgensi dari penelitian ini adalah dengan melakukan adopsi e-commerce, perusahaan dapat mempercepat proses transaksi, meningkatkan efisiensi, dan memperluas jangkauan pasar, sehingga hasil dari penelitian ini berupa sistem e-commerce dapat digunakan oleh pelanggan untuk melakukan pemesanan secara online sekaligus mempermudah proses promosi dan transaksi bisnis kepada pelanggan. Metode pengujian sistem yang digunakan User Acceptance Testing (UAT), dimana hasil pengujian didapatkan nilai rata-rata sebesar 92,3% yang menunjukan bahwa sistem informasi E-Commerce berbasis website telah sesuai dengan kebutuhan Pengguna.
Downloads
References
M. Diomidous, K. Chardalias, A. Magita, P. Koutonias, P. Panagiotopoulou, and J. Mantas, “Social and psychological effects of the internet use,” Acta Inform. Medica, vol. 24, no. 1, pp. 66–69, 2016, doi: 10.5455/aim.2016.24.66-69.
J. Huang, “Information Dissemination Control Algorithm of Ecological Changes in the New Media Communication Environment,” Mob. Inf. Syst., vol. 2021, 2021, doi: 10.1155/2021/6274856.
M. I. Mgunda, “The Impacts Information Technology On Business,” J. Int. Conf. Proc., vol. 2, no. 3, pp. 149–156, 2019, doi: 10.32535/jicp.v2i3.656.
S. Sutrisno, A. D. Kuraesin, S. Siminto, I. Irawansyah, and A. M. Almaududi Ausat, “The Role of Information Technology in Driving Innovation and Entrepreneurial Business Growth,” J. Minfo Polgan, vol. 12, no. 1, pp. 586–597, 2023, doi: 10.33395/jmp.v12i1.12463.
Mulyono and A. T. Suprapto, “The impact of e-business on competitive advantage through innovation organization on financial company listed at Indonesia stock exchange,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 729, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1755-1315/729/1/012135.
R. Poston, K. Sajja, and A. Calvert, “Managing user acceptance testing of business applications,” Lect. Notes Comput. Sci. (including Subser. Lect. Notes Artif. Intell. Lect. Notes Bioinformatics), vol. 8527 LNCS, pp. 92–102, 2014, doi: 10.1007/978-3-319-07293-7_9.
M. Albarka Umar, “Comprehensive study of software testing: Categories, levels, techniques, and types Software Testing View project System Analysis View project Comprehensive Study of Software Testing: Categories, Levels, Techniques, and Types,” Int. J. Adv. Res. Ideas Innov. Technol., vol. 5, no. 6, pp. 32–40, 2020, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/342538504
E. C. Dos Santos, P. Vilain, and D. H. Longo, “Poster: A systematic literature review to support the selection of user acceptance testing techniques,” Proc. - Int. Conf. Softw. Eng., pp. 418–419, 2018, doi: 10.1145/3183440.3195036.
I. Otaduy and O. Diaz, “User acceptance testing for Agile-developed web-based applications: Empowering customers through wikis and mind maps,” J. Syst. Softw., vol. 133, pp. 212–229, 2017, doi: 10.1016/j.jss.2017.01.002.
Arina Nur Syahputri and Dimas Aryo Anggoro, “Penerapan Sistem Informasi Penjualan Dengan Platform E-Commerce Pada Perusahaan Daerah Apotek Sari Husada Demak,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 3, no. 1, pp. 58–69, 2020, doi: 10.31598/sintechjournal.v3i1.540.
P. Romadiana, S. Lusa, L. Indah Sari, D. Wahyuningsih, E. Helmud, and T. Sugihartono, “E-Commerce Portal as Promotion Media and Market Place by Adopting Business Model Innovation for SMEs,” 2020 8th Int. Conf. Cyber IT Serv. Manag. CITSM 2020, no. 4, pp. 3–8, 2020, doi: 10.1109/CITSM50537.2020.9268787.
I. Afrianto, A. Heryandi, A. Finadhita, and S. Atin, “User Acceptance Test For Digital Signature Application In Academic Domain To Support The Covid-19 Work From Home Program,” Int. J. Inf. Syst. Technol., vol. 5, no. 3, 2021.
R. Suman and S. Sahibuddin, “User acceptance testing in mobile health applications: An overview and the Challenges,” ACM Int. Conf. Proceeding Ser., vol. Part F1483, pp. 145–149, 2019, doi: 10.1145/3322645.3322670.
D. Wijaya, B. Daniawan, and Y. Gunawan, “Search Engine Optimization (SEO) As A Promotional Media On Google Search,” Bit-Tech, vol. 4, no. 1, pp. 31–39, 2021.
K. B. Jovliyevich, “A survey of software development process models in software engineering,” Int. J. Softw. Eng. its Appl., vol. 8, pp. 69–72, 2022, doi: 10.14257/ijseia.2015.9.11.05.
C. K. N. C. K. Mohd and F. Shahbodin, “Personalized Learning Environment: Alpha Testing, Beta Testing & User Acceptance Test,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 195, pp. 837–843, 2015, doi: 10.1016/j.sbspro.2015.06.319.
S. Gordon et al., “Best Practice Recommendations: User Acceptance Testing for Systems Designed to Collect Clinical Outcome Assessment Data Electronically,” Ther. Innov. Regul. Sci., vol. 56, no. 3, pp. 442–453, 2022, doi: 10.1007/s43441-021-00363-z.
T. Menora, C. H. Primasari, Y. P. Wibisono, T. A. P. Sidhi, D. B. Setyohadi, and M. Cininta, “Implementasi Pengujian Alpha dan Beta Testing Pada Aplikasi Gamelan Virtual Reality,” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 48–60, 2023, doi: 10.24002/konstelasi.v3i1.6625.
J. Rahmadoni, R. Akbar, and R. Ulya, “Analysis of Nagari Management Information System Evaluation (Simnag) Using Pieces and Uat Methods,” J. Appl. Eng. Technol. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 512–521, 2022, doi: 10.37385/jaets.v4i1.1326.
S. Jain, “Difference between Alpha and Beta Testing,” geeksforgeeks.org, 2023. https://www.geeksforgeeks.org/difference-between-alpha-and-beta-testing/ (accessed Jun. 28, 2023).
R. Henderson, D. Rickwood, and P. Roberts, “The beta test of an electronic supermarket,” Interact. Comput., vol. 10, no. 4, pp. 385–399, 1998, doi: 10.1016/S0953-5438(98)00037-X.
S. C. Gold and J. Wolfe, “The Validity and Effectiveness of a Business Game Beta Test,” Simul. Gaming, vol. 43, no. 4, pp. 481–505, 2012, doi: 10.1177/1046878111431868.
F. Komalasari, A. Christianto, and E. Ganiarto, “Factors Influencing Purchase Intention in Affecting Purchase Decision: A Study of E-commerce Customer in Greater Jakarta,” BISNIS BIROKRASI J. Ilmu Adm. dan Organ., vol. 28, no. 1, 2021, doi: 10.20476/jbb.v28i1.1290.
T. Yoshida, T. Gotoh, N. Tomizawa, and K. Ikeda, “Snowball sampling consumer behaviour research to characterise the influence of market mavens on social networks,” Int. J. Intell. Syst. Technol. Appl., vol. 12, no. 3–4, pp. 268–282, 2013, doi: 10.1504/IJISTA.2013.056534.
A. T. Jebb, V. Ng, and L. Tay, “A Review of Key Likert Scale Development Advances: 1995–2019,” Front. Psychol., vol. 12, no. May, pp. 1–14, 2021, doi: 10.3389/fpsyg.2021.637547.
G. T. Pranoto, A. Nugroho, and A. T. Zy, “Decision Support System for Determining Department Using the Profile Matching Interpolation Method At Wikrama Vocational School, Bogor,” JISA(Jurnal Inform. dan Sains), vol. 6, no. 1, pp. 36–46, 2023, doi: 10.31326/jisa.v6i1.1625.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Handoyo Yakub, Benny Daniawan, Andri Wijaya, Lily Damayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0