Manajemen Proyek Pengembangan Game Kasur Rusak dengan Menggunakan Agile Scrum
DOI:
https://doi.org/10.53624/jsitik.v2i2.252Keywords:
Agile, Industri Game, Manajemen ProyekAbstract
Perkembangan pasar video game di Indonesia meningkat pesat dari tahun ke tahun. Hal ini menempatkan Indonesia sebagai salah satu pasar game terbesar di Asia Tenggara dalam mencapai hal tersebut dalam pengembangannya dibutuhkan sebuah proses manajemen proyek. Tujuan penelitian ini ntuk memahami karakteristik unik dari game industri, termasuk aspek kreatif, teknis, dan bisnis yang terlibat dalam proses pengembangan game. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Agile Scrum dimana manajemen proyek yang efektif membantu memastikan bahwa proyek pengembangan game berjalan sesuai dengan jadwal, anggaran, dan tujuan yang ditetapkan. Hasil penelitian dengan menggunaan metode agile sangat efektif dikarenakan sifat dari metode tersebut yang fleksibel dan lebih memendam pendekatan terhadap pengguna sehingga dapat dilakukan proses perbaikan dan perubahan secara terus menerus dalam fase pengerjaan proyek yang nantinya akan berpengaruh pada kualitas game saat dirilis di pasaran.
Downloads
References
F. W. Taylor, “Progressivism in the Factory. America in Class.” Accessed: Jun. 04, 2024. [Online]. Available: https://americainclass.org/progressivism-in-the-factory/
C. KC, Rudolph, and S. Tan, “Applied Learning And Teaching Transformations Through Project-Based Action Learning In An International Business Management Programme,” Journal of Education, Innovation, and Communication, no. Issue 2, pp. 53–78, Dec. 2021, doi: 10.34097/jeicom-3-2-december2021-4.
R. Hans and S. Marebane, “Are software projects evaluated using software teams’ success criteria? A systematic literature review,” Procedia Computer Science, vol. 219, pp. 1599–1608, 2023, doi: 10.1016/j.procs.2023.01.452.
N. Lutfiani, Q. Harahap, Eka Purnama Aini, A. D. A. R. Ahmad, and U. Rahardja, “I-Learning Project Management Innovation Using the Agile Scrumban Method,” Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, vol. 5, no. 1, pp. 96–101, 2020, doi: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v5i1.2848.
R. Ritzkal, P. P. Amalia, A. H. Hendrawan, F. Riana, and K. Kodarsyah, “Application Of The Waterfall Method In The Final Project Guidance Realization Information System,” Teknologi Informatika dan Komunikasi (Mantik), vol. 6, no. 2, pp. 1449–1458, 2022.
A. Alshamrani and A. Bahattab, “A Comparison Between Three SDLC Models Waterfall Model, Spiral Model, and Incremental/Iterative Model,” International Journal of Computer Science Issues, vol. 12, no. 1, pp. 106–11, 2015.
J. Karaman, P. M. Gunawan, S. Firdhossiah, L. M. M. Fitriani, S. Sucipto, and R. Indriati, “Rancang Bangun Sistem Absensi Berbasis Website di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo,” Explorer (Hayward), vol. 4, no. 1, pp. 1–15, Jan. 2024, doi: 10.47065/EXPLORER.V4I1.818.
Sucipto et al., “Hidden Treasures of Kediri’s Medicinal Plants: A Collaborative Effort to Map and Validate Authentic Information Using Innovative QR Code Security and Cryptography,” IOP Conf Ser Earth Environ Sci, vol. 1242, no. 1, p. 012036, Sep. 2023, doi: 10.1088/1755-1315/1242/1/012036.
A. López-Alcarria, A. Olivares-Vicente, and F. Poza-Vilches, “A Systematic Review of the Use of Agile Methodologies in Education to Foster Sustainability Competencies,” Sustainability, vol. 11, no. 10, p. 2915, May 2019, doi: 10.3390/su11102915.
B. Kharisma and N. Santoso, “Pengembangan Aplikasi Manajemen Proyek Perangkat Lunak Kolaboratif Menggunakan Scrum,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 3, pp. 723–732, 2020.
H. Hosaini et al., Manajemen Proyek. Bandung: CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2021.
P. Adi, “Scrum Method Implementation in a Software Development Project Management,” International Journal of Advanced Computer Science and Applications, vol. 6, no. 9, 2015, doi: 10.14569/IJACSA.2015.060927.
M. I. Khalid et al., “Implementasi Manajemen Proyek Pada Pengembangan Website Pemetaan Biodiversitas Tanaman Obat Di Kabupaten Kediri,” Bulletin of Information Technology (BIT), vol. 3, no. 4, pp. 289–293, Dec. 2022, doi: 10.47065/BIT.V3I4.381.
T. Wijaya, “Penerapan Metode Scrum Dan Virtual Private Network Dalam Perancangan Sistem Ordersales,” CCIT Journal, vol. 11, no. 1, pp. 115–125, Feb. 2018, doi: 10.33050/ccit.v11i1.565.
W. Suharso, “Penerapan Scrum dan Algoritma COCOMO pada Aplikasi Manajemen Proyek Perangkat Lunak,” SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 97–109, Jun. 2018, doi: 10.33372/stn.v4i1.300.
Y. Shastri, R. Hoda, and R. Amor, “The role of the project manager in agile software development projects,” Journal of Systems and Software, vol. 173, p. 110871, Mar. 2021, doi: 10.1016/j.jss.2020.110871.
E. Riana, “Konsep Penerapan Metode Scrum dan RDC System Dalam Pengembangan System Mobile Taking Order Web,” Jurnal Media Informatika Budidarma, 2021, doi: https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2688.
H. Stiawan et al., “MODEL VISUALISASI INFORMASI DASHBOARD PADA PEMETAAN TANAMAN OBAT DAN LANGKA KABUPATEN KEDIRI MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER BI,” Jurnal Informatika Teknologi dan Sains, vol. 4, no. 4, pp. 366–371, Nov. 2022, doi: 10.51401/JINTEKS.V4I4.2056.
S. Widaningsih and R. B. R. Manggala, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Proyek Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Metode Weighted Product,” Media Jurnal Informatika, vol. 12, no. 2, p. 69, Mar. 2021, doi: 10.35194/mji.v12i2.1198.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Iqbal Khalid, Rina Firliana, Erna Daniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0