Pengembangan Kartu Edukasi Animasi Sebagai Media Pengenalan Sirah Nabawiyah Berbasis Augmented Reality
DOI:
https://doi.org/10.53624/jsitik.v2i2.356Keywords:
Augmented Reality, Sirah Nabawih, Objek VirtualAbstract
Urgensi penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mengenai sirah Nabi Muhammad SAW di kalangan siswa sekolah dasar, penelitian ini mendesak dan signifikan. Dengan menggunakan teknologi Augmented Reality yang mengintegrasikan objek virtual, baik dua dimensi maupun tiga dimensi, ke dalam lingkungan nyata tiga dimensi dan menampilkannya secara real time, kami berusaha mengembangkan aplikasi berbasis teknologi ini. Metode penelitian yang diterapkan adalah pengembangan model ADDIE, yang merupakan pendekatan sistematis dalam desain instruksional yang mencakup Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil dari user acceptance testing, yang mencapai skor sebesar 80%, menunjukkan aplikasi yang kami kembangkan berhasil memenuhi kriteria dan dianggap layak sebagai media pembelajaran yang efektif. Penelitian ini tidak hanya mendemonstrasikan potensi aplikasi berbasis Augmented Reality dalam pendidikan tetapi juga mendesaknya kebutuhan untuk inovasi pendidikan yang dapat meningkatkan pemahaman pelajar tentang materi sejarah dan kebudayaan.
Downloads
References
J. Cabero-Almenara, J. Barroso-Osuna, C. Llorente-Cejudo, and M. del Mar Fernández Martinez, “Educational Uses of Augmented Reality (AR): Experiences in Educational Science,” Sustainability, 2019, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:203455885
S. M. Shaukat, “Exploring the Potential of Augmented Reality (AR) and Virtual Reality (VR) in Education,” Int. J. Adv. Res. Sci. Commun. Technol., 2023, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:260027306
M. A. M. Algerafi, Y. Zhou, M. Oubibi, and T. T. Wijaya, “Unlocking the Potential: A Comprehensive Evaluation of Augmented Reality and Virtual Reality in Education,” Electronics, 2023, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:262097421
Quratulain, F. Shahid, M. Aleem, M. A. Islam, M. A. Iqbal, and M. M. Yousaf, “A Review of Technological Tools in Teaching and Learning Computer Science,” Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ., 2019, doi: 10.29333/ejmste/109611.
R. O. M. Nyambane, “The Future of the Printed Book in the Era of Technological Advancement: An Imperative for Digital Innovation and Engagement,” J. Inf. Commun. Ethics Soc., 2021, doi: 10.1108/jices-10-2020-0106.
C. Yang, “Integration of Information Technology and PE Teaching Process,” J. Phys. Conf. Ser., 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1881/2/022100.
T. Mulyadi, M. R. H, and A. Amiruddin, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Sarana Edukasi Perkenalan Alat Musik Dengan Metode Single Marker,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 1, no. 2, pp. 18–21, 2020, doi: 10.24076/joism.2020v1i2.26.
M. Rizal and M. Rusmin, “Pengembangan Aplikasi E-Catalog Augmented Reality Sebagai Media Pemasaran Property,” Inspir. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 8, no. 2, pp. 129–134, 2018, doi: 10.35585/inspir.v8i2.2473.
S. Yulianti, A. Premana, and O. S. Bachri, “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Materi Rumah Adat Indonesia Di Sekolah Dasar Kabupaten Brebes,” J. Ilm. Infokam, 2022, doi: 10.53845/infokam.v18i2.323.
D. Lidianti, P. Putra, N. R. Oktadini, A. Meiriza, and P. E. Sevtiyuni, “Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah Dan Makhorijul Huruf,” Teika J. Teknol. Inf. Dan Komun., 2022, doi: 10.36342/teika.v12i02.2941.
N. Nadzifah, S. Widodo, and N. W. A. Majid, “Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Buah Dengan Teknologi Augmented Reality Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” Tek. Teknol. Inf. Dan Multimed., 2022, doi: 10.46764/teknimedia.v3i1.56.
S. Achmad, “Pendidikan Islam Berbasis Kisah: Nilai Pendidikan Islam Dalam Sirah Nabi,” Insa. J. Pemikir. Altern. Kependidikan, 2021, doi: 10.24090/insania.v26i2.5201.
F. A. Qadir, “Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Perspektif Sirah (Biografi) Nabi Muhammad Saw,” J. Bimas Islam, 2022, doi: 10.37302/jbi.v15i2.733.
I. Soekmawati, “Nilai-Nilai Penting Pendidikan Islam Berbasis Al Quran Dan Sirah Nabi Dalam Peningkatan Kualitas Pengajaran,” J. Kependidikan, 2019, doi: 10.24090/jk.v7i2.3032.
I. F. Romadhon, M. F. A. Roziqin, E. P. Surya, A. Aruna, and I. Iriaji, “Penerapan AR Berbasis Audio Visual Interaktif Karya Kaligrafi Untuk Meningkatkan Kemampuan Dan Kreatifitas SDM MA Ibadurrochman,” 2023, doi: 10.61142/psnpm.v1.77.
N. A Sidik Mulyana and N. Sri Wulandari, “Aplikasi Mobile Augmented Reality Hewan 3d Sebagai Media Pembelajaran Anak – Anak,” J. Inform. Dan Rekayasa Elektron., 2023, doi: 10.36595/jire.v6i2.986.
W. S. Sihombing, “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Agama Kristen Dengan Menggunakan Metode ADDIE,” 2022, doi: 10.47065/jogtc.v1i2.1371.
Z. Zulfikar, “Pengembangan Media Pembelajaran Iqra Berbasis Multimedia Menggunakan Metode ADDIE,” J. Tika, 2022, doi: 10.51179/tika.v7i2.1343.
B. D. Ananto, “Perancangan Konten E-Learning Pada Kegiatan Pembuatan Dan Pemasangan Kubah Masjid Di Perusahaan Tiga Berlian Menggunakan Metode Seci Dan Addie,” J Ti Undip J. Tek. Ind., 2021, doi: 10.14710/jati.16.2.123-133.
Y. Yulianti, L. K. Wardhani, A. R. Hakim, S. D. Aji, and M. N. Hudha, “Augmented Reality (AR) subject Natural Science media for human framework topics,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1098, 2021, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:233818559
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Rizal H, Ratnawati, Nia Indriani, Mursalim, Elly Warni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0