Pengembangan Kartu Edukasi Animasi Sebagai Media Pengenalan Sirah Nabawiyah Berbasis Augmented Reality

Authors

  • Muhammad Rizal H Universitas Teknologi Akba Makassar https://orcid.org/0009-0006-6922-7248
  • Ratnawati Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Nia Indriani Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Mursalim Universitas Teknologi Akba Makassar
  • Elly Warni Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.53624/jsitik.v2i2.356

Keywords:

Augmented Reality, Sirah Nabawih, Objek Virtual

Abstract

Urgensi penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mengenai sirah Nabi Muhammad SAW di kalangan siswa sekolah dasar, penelitian ini mendesak dan signifikan. Dengan menggunakan teknologi Augmented Reality yang mengintegrasikan objek virtual, baik dua dimensi maupun tiga dimensi, ke dalam lingkungan nyata tiga dimensi dan menampilkannya secara real time, kami berusaha mengembangkan aplikasi berbasis teknologi ini. Metode penelitian yang diterapkan adalah pengembangan model ADDIE, yang merupakan pendekatan sistematis dalam desain instruksional yang mencakup Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil dari user acceptance testing, yang mencapai skor sebesar 80%, menunjukkan aplikasi yang kami kembangkan berhasil memenuhi kriteria dan dianggap layak sebagai media pembelajaran yang efektif. Penelitian ini tidak hanya mendemonstrasikan potensi aplikasi berbasis Augmented Reality dalam pendidikan tetapi juga mendesaknya kebutuhan untuk inovasi pendidikan yang dapat meningkatkan pemahaman pelajar tentang materi sejarah dan kebudayaan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Rizal H, Universitas Teknologi Akba Makassar

Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar.

Ratnawati, Universitas Teknologi Akba Makassar

Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar.

Nia Indriani, Universitas Teknologi Akba Makassar

Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar.

Mursalim, Universitas Teknologi Akba Makassar

Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar.

Elly Warni, Universitas Hasanuddin

Teknik Informatika, Universitas Hasanuddin.

 

References

J. Cabero-Almenara, J. Barroso-Osuna, C. Llorente-Cejudo, and M. del Mar Fernández Martinez, “Educational Uses of Augmented Reality (AR): Experiences in Educational Science,” Sustainability, 2019, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:203455885

S. M. Shaukat, “Exploring the Potential of Augmented Reality (AR) and Virtual Reality (VR) in Education,” Int. J. Adv. Res. Sci. Commun. Technol., 2023, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:260027306

M. A. M. Algerafi, Y. Zhou, M. Oubibi, and T. T. Wijaya, “Unlocking the Potential: A Comprehensive Evaluation of Augmented Reality and Virtual Reality in Education,” Electronics, 2023, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:262097421

Quratulain, F. Shahid, M. Aleem, M. A. Islam, M. A. Iqbal, and M. M. Yousaf, “A Review of Technological Tools in Teaching and Learning Computer Science,” Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ., 2019, doi: 10.29333/ejmste/109611.

R. O. M. Nyambane, “The Future of the Printed Book in the Era of Technological Advancement: An Imperative for Digital Innovation and Engagement,” J. Inf. Commun. Ethics Soc., 2021, doi: 10.1108/jices-10-2020-0106.

C. Yang, “Integration of Information Technology and PE Teaching Process,” J. Phys. Conf. Ser., 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1881/2/022100.

T. Mulyadi, M. R. H, and A. Amiruddin, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Sarana Edukasi Perkenalan Alat Musik Dengan Metode Single Marker,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 1, no. 2, pp. 18–21, 2020, doi: 10.24076/joism.2020v1i2.26.

M. Rizal and M. Rusmin, “Pengembangan Aplikasi E-Catalog Augmented Reality Sebagai Media Pemasaran Property,” Inspir. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 8, no. 2, pp. 129–134, 2018, doi: 10.35585/inspir.v8i2.2473.

S. Yulianti, A. Premana, and O. S. Bachri, “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Materi Rumah Adat Indonesia Di Sekolah Dasar Kabupaten Brebes,” J. Ilm. Infokam, 2022, doi: 10.53845/infokam.v18i2.323.

D. Lidianti, P. Putra, N. R. Oktadini, A. Meiriza, and P. E. Sevtiyuni, “Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah Dan Makhorijul Huruf,” Teika J. Teknol. Inf. Dan Komun., 2022, doi: 10.36342/teika.v12i02.2941.

N. Nadzifah, S. Widodo, and N. W. A. Majid, “Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Buah Dengan Teknologi Augmented Reality Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” Tek. Teknol. Inf. Dan Multimed., 2022, doi: 10.46764/teknimedia.v3i1.56.

S. Achmad, “Pendidikan Islam Berbasis Kisah: Nilai Pendidikan Islam Dalam Sirah Nabi,” Insa. J. Pemikir. Altern. Kependidikan, 2021, doi: 10.24090/insania.v26i2.5201.

F. A. Qadir, “Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Perspektif Sirah (Biografi) Nabi Muhammad Saw,” J. Bimas Islam, 2022, doi: 10.37302/jbi.v15i2.733.

I. Soekmawati, “Nilai-Nilai Penting Pendidikan Islam Berbasis Al Quran Dan Sirah Nabi Dalam Peningkatan Kualitas Pengajaran,” J. Kependidikan, 2019, doi: 10.24090/jk.v7i2.3032.

I. F. Romadhon, M. F. A. Roziqin, E. P. Surya, A. Aruna, and I. Iriaji, “Penerapan AR Berbasis Audio Visual Interaktif Karya Kaligrafi Untuk Meningkatkan Kemampuan Dan Kreatifitas SDM MA Ibadurrochman,” 2023, doi: 10.61142/psnpm.v1.77.

N. A Sidik Mulyana and N. Sri Wulandari, “Aplikasi Mobile Augmented Reality Hewan 3d Sebagai Media Pembelajaran Anak – Anak,” J. Inform. Dan Rekayasa Elektron., 2023, doi: 10.36595/jire.v6i2.986.

W. S. Sihombing, “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Agama Kristen Dengan Menggunakan Metode ADDIE,” 2022, doi: 10.47065/jogtc.v1i2.1371.

Z. Zulfikar, “Pengembangan Media Pembelajaran Iqra Berbasis Multimedia Menggunakan Metode ADDIE,” J. Tika, 2022, doi: 10.51179/tika.v7i2.1343.

B. D. Ananto, “Perancangan Konten E-Learning Pada Kegiatan Pembuatan Dan Pemasangan Kubah Masjid Di Perusahaan Tiga Berlian Menggunakan Metode Seci Dan Addie,” J Ti Undip J. Tek. Ind., 2021, doi: 10.14710/jati.16.2.123-133.

Y. Yulianti, L. K. Wardhani, A. R. Hakim, S. D. Aji, and M. N. Hudha, “Augmented Reality (AR) subject Natural Science media for human framework topics,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1098, 2021, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:233818559

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-04-21

How to Cite

[1]
M. Rizal H, R. Ratnawati, N. Indriani, M. Mursalim, and E. Warni, “Pengembangan Kartu Edukasi Animasi Sebagai Media Pengenalan Sirah Nabawiyah Berbasis Augmented Reality”, jsitik, vol. 2, no. 2, pp. 98–112, Apr. 2024.

Issue

Section

Articles