Pendampingan Perencanaan Pembelajaran Bagi Sekolah Penggerak di SD Muhammadiyah 1 Menganti
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.110Keywords:
perencanaan, pembelajaran, sekolah penggerak, sekolah dasarAbstract
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan banyak terobosan dalam sosialisasi, pelatihan, bimbingan teknis dan bimbingan belajar sejak diluncurkannya Program Belajar Mandiri di Kampus Mandiri (MBKM). Naamun pada tingkat implementasi, tidak semua proyek berjaalan sesuai rencanna Karena berbagai masalah yang teridentifikasi. Diantaranya masalah teknis seperti pengembangan mata kuliah bisnis satuan pendidikan, pengembangan modul pembelajaran, dan pembedaan program pembelajaran dan pembelajaran. Solusi tim untuk masalah ini adalah membantu guru dan kepala sekolah. Langkah-langkah pelaksanaannya adalah pendampingan dan workshop. Melalui kegiatan ini, para pendidik memperoleh wawasan baru dalam mengembangkan alat penilaian untuk sekolah mengemudi. Setelah kegiatan ini, direkomendasikan agar rencana tindak lanjut terkait dengan pedoman dalam RPP perlu dikembangkan
Downloads
References
Ardianik, Farida, & Edy Widayat. (2019). View of Private Partnership Program (PKM) Teachers Creativity SMP YPM 4 Bohar Taman Sidoarjo Through School Magazine. Retrieved September 9, 2022, from KONTRIBUSIA website: http://journal.umg.ac.id/index.php/kontribusia/article/view/1000/797
Iqbal Ramadhani Fuadiputra, Fauzik Lendriyono, & Titiek Ambarwati. (2022). View of Assistance and Management of E-Commerce and Digital Marketing in Pujon Kidul Tourism Village. Retrieved September 9, 2022, from KONTRIBUSIA website: http://journal.umg.ac.id/index.php/kontribusia/article/view/3884/2504
Kholid Albar, Lidia Aditama Putri, Wiwik Saidatur Rolianah, & Luluk Yuliati. (2021). View of The Socialization of Healthy Snack and Management of Pocket Money to Increase the Interest in Saving from Early Age in SDN Dumajah 1 Bangkalan. KONTRIBUSIA, 4(2), 404–411. Retrieved from http://journal.umg.ac.id/index.php/kontribusia/article/view/2388/1710
Marhamah, Azli Bin Ariffin, Norhanizan Binti Usaizan, & Paulina. (2021). Development of A Poster As A Teaching Media in The Concept of Fish Breeding Cycle. KONTRIBUSIA, 4(1), 388–397. Retrieved from http://journal.umg.ac.id/index.php/kontribusia/article/view/2022/1340
Mohammad Tahmit, Novatrisna Dwi Nastiti, & Andi Rahmad Rahim. (2019). View of Improving Student Vocabulary Mastery Through The Pictionary Words Game in Fifth Grade of Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Athfal Sumurber. KONTRIBUSIA, 2(2), 34–38. Retrieved from http://journal.umg.ac.id/index.php/kontribusia/article/view/1007/804
Nur Fauziyah, Ulfatul Ma’rifah, Slamet Asari, & Churun L. Maknun. (2021). View of Lesson Study for Learning Community to Support Creative Teachers in Designing Quality Learning: Lesson Study Practices on Bawean Island, Gresik Regency. Retrieved September 9, 2022, from KONTRIBUSIA website: http://journal.umg.ac.id/index.php/kontribusia/article/view/2663/1721
Nur Hidayat, & Evi Rizqi Salamah. (2021). Improving Teachers ’Skills Through Simple Instructional Media Development Training. KONTRIBUSIA, 4(1), 382–387. Retrieved from http://journal.umg.ac.id/index.php/kontribusia/article/view/2005/1339
Soelistya, D., Yany, M., & Maretasari, R. (2022). The Importance of Training and Providing Entrepreneurial Independence Motivation: Making Crafts and Knitting Ropes. KONTRIBUSIA, 5(2), 91–97. Retrieved from http://journal.umg.ac.id/index.php/kontribusia/article/view/3983/2507
Sri Suryanti, Deni Sutaji, Yudhi Arifani, & Muyasaroh. (2020). Improved learning accessibility and professionalism of teachers in remote areas through mentoring development of teaching materials based on Augmented Reality. KONTRIBUSIA, 3(1), 224–232. Retrieved from http://journal.umg.ac.id/index.php/kontribusia/article/view/1032/884
Yudhi Arifani, Harunur Rosyid, Rohmy Husniah, & Paulina. (2018). Mentoring English Senior High School Teachers in EFL Reading Class using collaborative Pamanpintermu at SMAM Bungah Gresik. KONTRIBUSIA, 1(1), 17–21. Retrieved from http://journal.umg.ac.id/index.php/kontribusia/article/view/252/205
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nanang Khoirul Umam, Anantama Dewantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0