Inovasi Menggambar Kolaboratif Menggunakan Drawpile Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di RA Hidayatullah Kota Blitar
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.114Keywords:
Menggambar Kolaboratif, Drawpile, Pembelajaran InteraktifAbstract
Taman Pendidikan Kanak-kanak merupakan lembaga pendidikan formal yang memiliki peranan penting bagi masyarakat dalam peningkatan kemampuan kognitif dan psikomotorik. Salah satu pendidikan yang diberikan dalam tingkat usia dini adalah pengenalan penggunaan perangkat teknologi dalam pembelajaran di dalam kelas seperti dalam menggambar kolaboratif. Pada proses pembelajaran menggambar kolaboratif sangat penting merencanakan penggunaan media yang tepat dan dapat diaplikasikan untuk anak usia dini. Berdasarkan permasalahan tersebut tim pengabdian masyarakat memberikan solusi berupa inovasi media menggambar kolaboratif dengan menggunakan software drawpile. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini diselenggarakan di RA Hidayatullah Kota Blitar dengan jumlah peserta sebanyak 35 siswa dari kelas A dan kelas B. Dari hasil pengabdian masyarakat ini diperoleh data bahwa 87% siswa merasa puas dengan adanya program menggambar kolaboratif dengan menggunakan software drawpile.
Downloads
References
Apriono, D. (2013). Pembelajaran Kolaboratif: Suatu Landasan untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan Kerjasama. Diklus, XVII(1), 292–304.
Fitriasari, N. S., Apriansyah, M. R., & Antika, R. N. (2020). Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Online. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 77–86. https://doi.org/10.35585/inspir.v10i1.2564
Fuadah, Y. T. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMIC COVID-19.
Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368
Hayati, T., & Tawati, A. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi Menggunakan Kertas Kokoru. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 4, 30–48.
Karaman, J., Setyanto, A., & Sofyan, A. F. (2018). Analisis Aplikasi Marbel Huruf Versi Mobile Terhadap Pembelajaran Membaca di Desa Semanding Ponorogo. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 98–106. https://doi.org/10.29407/INTENSIF.V2I2.11878
Kusumastuti, E. C., Prihandono, T., & Supriadi, B. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Dengan Media Sederhana Pada Pembelajaran Fisika Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 200–205.
Laakkonen, C. (2020). No Title. Retrieved from https://drawpile.net/news/release-2.1.20/
Mutia, P. A., & Ismet, S. (2019). Pembelajaran Komputer Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Telkom Padang. Generasi Emas, 2(1), 1. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3294
Ningsih, S., Isa, Y., Qosim, A., & Kuswanto, J. (2021). Pelatihan Blended Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 102–111. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V1I2.25
Pramono, A., & Setiawan, M. D. (2019). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 54–68. https://doi.org/10.29407/INTENSIF.V3I1.12573
RA Hidayatullah. (2015). RA Hidayatullah Blitar. Retrieved from https://raplushidayatullah.sch.id/
Sarlina. (2019). Teknologi Komputer dan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Konsepsi, 8(3), 108–115.
Setiawan, D., Arifin, I., & Ardianto, R. (2018). Implementasi Pengembangan Sistem Media Pembelajaran Pengenalan Komputer: INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 127–135. https://doi.org/10.29407/INTENSIF.V2I2.12099
Setyaputri, N. Y., Ariyanto, R. D., Hanggara, G. S., Sancaya, S. A., & Ayuningtyas, P. (2022). Peningkatan Keterampilan ICT untuk Guru BK melalui Pelatihan Konten Layanan Digital Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 94–101. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V2I2.86
Srihartini, Y., & Lestari, M. P. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 135–154. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v1i1.219
Susetyo. (2019). Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Revolusi Industri 4. Prosiding Seminar Nasional PBSI UPY 2019, 1–9.
Wulandari, N. dan A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pendemi Di Tk. Jurnal Paud, 2(2), 1–15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kurnia Paranita, Dimas Fanny Hebrasianto Permadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0