Inovasi Menggambar Kolaboratif Menggunakan Drawpile Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di RA Hidayatullah Kota Blitar

Authors

  • Kurnia Paranita Universitas Islam Balitar
  • Dimas Fanny Hebrasianto Permadi Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.114

Keywords:

Menggambar Kolaboratif, Drawpile, Pembelajaran Interaktif

Abstract

Taman Pendidikan Kanak-kanak merupakan lembaga pendidikan formal yang memiliki peranan penting bagi masyarakat dalam peningkatan kemampuan kognitif dan psikomotorik. Salah satu pendidikan yang diberikan dalam tingkat usia dini adalah pengenalan penggunaan perangkat teknologi dalam pembelajaran di dalam kelas seperti dalam menggambar kolaboratif. Pada proses pembelajaran menggambar kolaboratif sangat penting merencanakan penggunaan media yang tepat dan dapat diaplikasikan untuk anak usia dini. Berdasarkan permasalahan tersebut tim pengabdian masyarakat memberikan solusi berupa inovasi media menggambar kolaboratif dengan menggunakan software drawpile. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini diselenggarakan di RA Hidayatullah Kota Blitar dengan jumlah peserta sebanyak 35 siswa dari kelas A dan kelas B. Dari hasil pengabdian masyarakat ini diperoleh data bahwa 87% siswa merasa puas dengan adanya program menggambar kolaboratif dengan menggunakan software drawpile.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriono, D. (2013). Pembelajaran Kolaboratif: Suatu Landasan untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan Kerjasama. Diklus, XVII(1), 292–304.

Fitriasari, N. S., Apriansyah, M. R., & Antika, R. N. (2020). Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Online. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 77–86. https://doi.org/10.35585/inspir.v10i1.2564

Fuadah, Y. T. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMIC COVID-19.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Hayati, T., & Tawati, A. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi Menggunakan Kertas Kokoru. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 4, 30–48.

Karaman, J., Setyanto, A., & Sofyan, A. F. (2018). Analisis Aplikasi Marbel Huruf Versi Mobile Terhadap Pembelajaran Membaca di Desa Semanding Ponorogo. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 98–106. https://doi.org/10.29407/INTENSIF.V2I2.11878

Kusumastuti, E. C., Prihandono, T., & Supriadi, B. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Dengan Media Sederhana Pada Pembelajaran Fisika Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 200–205.

Laakkonen, C. (2020). No Title. Retrieved from https://drawpile.net/news/release-2.1.20/

Mutia, P. A., & Ismet, S. (2019). Pembelajaran Komputer Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Telkom Padang. Generasi Emas, 2(1), 1. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3294

Ningsih, S., Isa, Y., Qosim, A., & Kuswanto, J. (2021). Pelatihan Blended Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 102–111. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V1I2.25

Pramono, A., & Setiawan, M. D. (2019). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 54–68. https://doi.org/10.29407/INTENSIF.V3I1.12573

RA Hidayatullah. (2015). RA Hidayatullah Blitar. Retrieved from https://raplushidayatullah.sch.id/

Sarlina. (2019). Teknologi Komputer dan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Konsepsi, 8(3), 108–115.

Setiawan, D., Arifin, I., & Ardianto, R. (2018). Implementasi Pengembangan Sistem Media Pembelajaran Pengenalan Komputer: INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 127–135. https://doi.org/10.29407/INTENSIF.V2I2.12099

Setyaputri, N. Y., Ariyanto, R. D., Hanggara, G. S., Sancaya, S. A., & Ayuningtyas, P. (2022). Peningkatan Keterampilan ICT untuk Guru BK melalui Pelatihan Konten Layanan Digital Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 94–101. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V2I2.86

Srihartini, Y., & Lestari, M. P. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 135–154. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v1i1.219

Susetyo. (2019). Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Revolusi Industri 4. Prosiding Seminar Nasional PBSI UPY 2019, 1–9.

Wulandari, N. dan A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pendemi Di Tk. Jurnal Paud, 2(2), 1–15.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-10-06

How to Cite

Paranita, K., & Hebrasianto Permadi, D. F. (2022). Inovasi Menggambar Kolaboratif Menggunakan Drawpile Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di RA Hidayatullah Kota Blitar. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 7–18. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.114