Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Web pada Siswa SMKS Budi Dharma Dumai
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.131Keywords:
belajar mandiri, media berbasis web, pendampinganAbstract
SMKS Budi Dharma adalah sekolah menengah kejuruan yang ada di Kota Dumai Provinsi Riau. Sekolah ini telah difasilitasi teknologi pendukung proses pembelajaran, salah satunya adalah jaringan internet. Meskipun demikian, ternyata minimnya pengetahuan akan berbagai jenis media berbasis web menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh siswa. Padahal media berbasis web akan sangat membantu siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Oleh karena itu, pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan untuk memberikan pendampingan dalam menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis web bagi siswa SMKS Budi Dharma yang ada di Kota Dumai Provinsi Riau. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memfasilitasi siswa menggali pengetahuan serta keterampilan dalam memanfaatkan berbagai media khususnya yang berbasis web. Media ini nantinya tidak hanya dapat siswa integrasikan di dalam kelas namun juga dapat digunakan secara mandiri atau self-learning. Untuk mencapai keberhasilan kegiatan ini maka dilakukan beberapa kegiatan pendampingan. Pertama, pelatihan mengenai konsep dasar mengenai pengertian, fungsi, manfaat, dan jenis media berbasis web. Kemudian, pendampingan dalam penggunakan berbagai jenis media berbasis web.
Downloads
References
Ashari, N. W., & Salwah. (2018). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Self Direct Learning dalam Pemecahan Masalah Calon Guru: Suatu Studi Literatur. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendiidkan Matematika, 1(1).
Ayu, M., Mulya Sari, F., & Muhaqiqin. (2021). Pelatihan Guru dalam Penggunaan Website Grammar sebagai Media Pembelajaran selama Pandemi. In Jurnal Pengabdian kepada Masyakarat (Vol. 2, Issue 1).
Etfita, F., Ahmad, A., Afrizal, J., Wahyuni, S., Satriani, E., Alber, & Asnawi. (2022). Pelatihan Penggunaan Web-Based Learning sebagai Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SD Islam Plus YLPI Pekanbaru.
Fuad, M. N., Mujiono, M., Ketut, A., Wahyudi, D., Hastari, E., Puspa, C., Komunitas, A., Putra, N., & Fajar Blitar, S. (2021). Pelatihan Daring Penggunaan E-Learning Berbasis Google Classroom (Vol. 1, Issue 2). Online.
Handayani, N. N. L. (2017). Pengaruh Model Self-Directed Learning terhadap Kemandirian dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP N 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1).
Heriyansyah. (2018). Guru adalah Manajer Sesungguhnya di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, I(1).
Hidayat, R. (2018). Development of Web-Based Learning Media in the Subject of Research Methodology (Supporting Blended Learning System) at Kartanagara University.
Irvani, A. I. (2019). Hubungan Kemampuan Self-Directed Learning dan Problem Solving Siswa SMP Melalui Pembelajaran berbasis Masalah. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 4(1), 28–33.
Mainuddin. (2020). Kompetensi Guru Menurut UU RI Nomor: 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2).
Rahmawati, N. I., Ikashaum, F., Wahyuni, S., & Cahyo, E. D. (2022). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ispring Presenter Berbasis HTML 5. In Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 01, Issue 2). Maret. https://edumediasolution.com/index.php/society
Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42.
Setiawan, B., Rachmadtullah, R., Sugandi, E., Farid, D. A. M., & Subandowo, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality pada Kelompok Kerja Guru Sekolah Dasar Desa Kemasantani Mojokerto. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 72–79.
Shortt, M., Tilak, S., Kuznetcova, I., Martens, B., & Akinkuolie, B. (2021). Gamification in mobile-assisted language learning: a systematic review of Duolingo literature from public release of 2012 to early 2020. Computer Assisted Language Learning. https://doi.org/10.1080/09588221.2021.1933540
Simbolon, M., & Ramadhani, N. (2019). Scope of English Language Teaching, Literature and Linguistics Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Muslim Quizzes That Promote Motivation In Learning. 2(2), 84–98. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/seltics
Wulansari, A., Nisma Wulanjani, A., Fadhilia Arvianti, G., Wahyu Anggraini, C., Ratnaningsih, E., & Universitas Tidar, F. (2021). Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi di Masa Pandemi COVID-19. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 4, Issue 2). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fauzul Etfita, Arimuliani Ahmad, Alber Alber, Sri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0