Penerapan Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Ektrakurikuler Pramuka
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.141Keywords:
Pendidikan Karakter, Kegiatan Esktakurikuler, PramukaAbstract
Generasi muda di Indonesia sedang menghadapi tantangan besar yaitu krisis moral. Oleh karena itu tim pengabdi melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan wadah penerapan pendidikan karakter bagi generasi muda yaitu kegiatan ektrakurikuler pramuka di MI Darul Falah Sukorame. Kegiatan ini memuat beberapa materi pendidikan karakter yaitu nilai spiritual, disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan mengacu pada metode partisipatif oleh tim pengabdi bekerjasama dengan kepala sekolah, pembina pramuka, dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi. Hasil pengabdian yang diperoleh adalah kegiatan ekstrakurikuler pramuka bisa menjadi wadah untuk menerapkan pendidikan karakter mulai dari taqwa pada tuhan yang mahaesa sampai tindakan-tindakan yang terpuji.
Downloads
References
Aji, A. H. (2016). Pendidikan karakter dalam ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5(1), 82–96. https://doi.org/10.21831/sakp.v5i1.1424
Ansori, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.32
Asdarina, O., & Arwinda, N. (2020). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.460
Asrivi, Q. E. S. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI GERAKAN PRAMUKA SEBAGAI EKSTRAKURIKULER WAJIB PADA KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19. Tunas Nusantara, 2(2), 255–268. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1483
Gazali, N., Cendra, R., Candra, O., Apriani, L., & Idawati, I. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 201–210. http://dx.doi.org/10.30651/aks.v3i2.1898
Lestari, P. (2016). Membangun karakter siswa melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan hidden curriculum di sd budi mulia dua pandeansari yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 71–96. http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1367
Nugraha, Y., & Rahmatiani, L. (2017). Pelaksanaan dan Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pembinaan Karakter Disiplin Siswa. 7. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III P-ISSN, 2598, 5973.
Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959. https://doi.org/DOI: 10.31004/obsesi.v6i2.1603
Pangestika, M. D., & Sabardila, A. (2021). Peningkatan Pendidikan Karakter melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Al Islam Kartasura: Enhancement Character Education through Scout Extracurricular at Junior High School Al-Islam Kartasura. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 25–39. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1461
Qamaria, R. S., Na’mah, U., Zahro, F., & Rohmah, A. N. (2021). Pendidikan Keluarga melalui Kursus Calon Pengantin sebagai Upaya Membendung Laju Perceraian. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.55506/arch.v1i1.9
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v8i1.69
Ratnawati, I., Imron, A., & Benty, D. D. N. (2018). Manajemen pendidikan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 284–292. http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i32018p284
Riowati, R., & Yoenanto, N. H. (2022). Peran Guru Penggerak pada Merdeka Belajar untuk Memperbaiki Mutu Pendidikan di Indonesia. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(1), 1–16. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3393
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.
Suwartini, S. & others. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2119
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anas Sofiatul Fauziah, Ninik Sudarwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0