Pelatihan Daring Penggunaan E-Learning Berbasis Google Classroom
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.15Keywords:
Webinar, Covid-19, Classroom, SARS-CoV-2, WHOAbstract
Pada tanggal 11 Maret 2020 WHO resmi mengumumkan bahwa Virus Corona sebagai pandemi karena telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Menurut Data WHO pertanggal 2 April 2020, sebanyak 827.419 orang telah terinfeksi Covid-19 yang menyebar di 206 negara dan menyebabkan kematian 40.777 orang. Data tersebut masih dapat terus bertambah mengingat belum ada obat yang dapat menyembuhkan Covid-19 dan mengandalkan daya tahan tubuh yang baik untuk dapat sembuh dari infeksi virus SARS-CoV-2. Pandemi global Covid-19 telah mendorong terjadinya perubahan pada berbagai sektor kehidupan termasuk dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Pada tahap awal terjadinya penyebaran Covid-19, para guru dinilai tidak siap dalam menentukan instrumen pembelajaran secara cepat dan tepat sebagai pengganti dari pertemuan tatap muka. Materi webinar adalah pelatihan penggunaan aplikasi Google Classroom untuk menunjang kegiatan belajar mengajar bagi guru dan dosen. Tujuan seminar ini adalah memberikan ilmu dan wawasan serta pengalaman kepada peserta tentang penggunaan e-learning. Peserta pelatihan sangat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi Google Class Room dapat dilihat dengan keseriusan peserta dalam melaksanakan pelatihan dan mengikuti tahapan pendampingan pelatihan.
Downloads
References
Bank Indonesia. 2020. Perkembangan Terkini Perekonomian dan Langka BI dalam Hadapi COVID-19. Jakarta: Departemen Komunikasi Bank Indonesia, diakses pada tanggal 26 Mei 2020 dari https://www.bi.go.id/id/ruang-media/infoterbaru/Pages/Perkembangan-Terkini-Perekonomian-dan-Langkah-BI-dalamHadapi-COVID-19-6-Mei-2020.aspx
Darin E. Hartley. 2001. Selling e-Learning. American Society for Training and Development.
M, C. S. D., & Qamaria, R. S. (2020). The Effectiveness of Google Classroom as English Learning Assistance. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 47–53.
Rigianti, Henry Aditia (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara, Elementary School, Vol.7, No.2 Halaman 297-302
World Health Organization. 2020. Coronavirus, diakses pada tanggal 18 Mei 2020 dari https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1
Yensy, N. A. (2020). Efektifitas pembelajaran statistika matematika melalui media whatsapp group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (masa pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Adimas Nalendra, M. Nur Fuad, M. Mujiono, Dona Wahyudi, Elok Hastari Candra Puspa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0