Pelatihan Daring Penggunaan E-Learning Berbasis Google Classroom

Authors

  • Adimas Nalendra Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
  • M. Nur Fuad Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
  • M. Mujiono Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
  • Dona Wahyudi Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
  • Elok Hastari Candra Puspa Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.15

Keywords:

Webinar, Covid-19, Classroom, SARS-CoV-2, WHO

Abstract

Pada tanggal 11 Maret 2020 WHO resmi mengumumkan bahwa Virus Corona sebagai pandemi karena telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Menurut Data WHO pertanggal 2 April 2020, sebanyak 827.419 orang telah terinfeksi Covid-19 yang menyebar di 206 negara dan menyebabkan kematian 40.777 orang. Data tersebut masih dapat terus bertambah mengingat belum ada obat yang dapat menyembuhkan Covid-19 dan mengandalkan daya tahan tubuh yang baik untuk dapat sembuh dari infeksi virus SARS-CoV-2. Pandemi global Covid-19 telah mendorong terjadinya perubahan pada berbagai sektor kehidupan termasuk dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Pada tahap awal terjadinya penyebaran Covid-19, para guru dinilai tidak siap dalam menentukan instrumen pembelajaran secara cepat dan tepat sebagai pengganti dari pertemuan tatap muka. Materi webinar adalah pelatihan penggunaan aplikasi Google Classroom untuk menunjang kegiatan belajar mengajar bagi guru dan dosen. Tujuan seminar ini adalah memberikan ilmu dan wawasan serta pengalaman kepada peserta tentang penggunaan e-learning.    Peserta pelatihan sangat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi Google Class Room dapat dilihat dengan keseriusan peserta dalam melaksanakan pelatihan dan mengikuti tahapan pendampingan pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bank Indonesia. 2020. Perkembangan Terkini Perekonomian dan Langka BI dalam Hadapi COVID-19. Jakarta: Departemen Komunikasi Bank Indonesia, diakses pada tanggal 26 Mei 2020 dari https://www.bi.go.id/id/ruang-media/infoterbaru/Pages/Perkembangan-Terkini-Perekonomian-dan-Langkah-BI-dalamHadapi-COVID-19-6-Mei-2020.aspx

Darin E. Hartley. 2001. Selling e-Learning. American Society for Training and Development.

M, C. S. D., & Qamaria, R. S. (2020). The Effectiveness of Google Classroom as English Learning Assistance. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 47–53.

Rigianti, Henry Aditia (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara, Elementary School, Vol.7, No.2 Halaman 297-302

World Health Organization. 2020. Coronavirus, diakses pada tanggal 18 Mei 2020 dari https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas pembelajaran statistika matematika melalui media whatsapp group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (masa pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-05-01

How to Cite

Nalendra, A., Fuad, M. N., Mujiono, M., Wahyudi, D., & Puspa, E. H. C. (2021). Pelatihan Daring Penggunaan E-Learning Berbasis Google Classroom. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 68–75. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.15

Issue

Section

Articles