Pendampingan Guru Dalam Merancang Media Anak Usia Dini Melalui Pendekatan STEAM
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.189Keywords:
STEAM, Media, Karakteristik Anak Usia DiniAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru PAUD/TK di Kabupaten Aceh Utara tentang pembelajaran berbasis STEAM, serta tips membangun karakteristik anak usia dini melalui pendekatan STEAM dan melatih keterampilan guru dalam merancang media pembelajaran berbasis STEAM agar mereka dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Guru juga dibekali pengetahuan tentang standar tingkat pencapaian tumbuh kembang anak yang menjadi salah satu acuan dalam mengevaluasi proses pembelajaran bagi anak usia dini dalam berbagai aspek mulai dari aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan melalui 3 (tiga) tahap yaitu Persiapan, Simulasi, dan Pendampingan. Dari hasil pengabdian diketahui bahwa guru mampu memahami pembelajaran berbasis STEAM dengan baik, hal ini terlihat dari hasil RPPH dan media yang dirancang mampu membangun karakteristik anak usia dini.
Downloads
References
Aulia Nanda, R., & Rahma, R. (2022). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Warna Berbasis Audio Visual. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD), 3(3), 1–4. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1032
Efwinda, S., Qadar, R., Rananda, N., Mabrurah, F. F., & Setiyawan, R. (2021). Pelatihan Pembelajaran STEAM bagi Guru IPA SMP di Kalimantan Timur. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4). https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.4074
Imaduddin, M., Nihayati, L., Nugroho, T. W., Murti, W. B., Sa’adah, L., & Kurniasari, D. (2021). Pendampingan pembuatan alat permainan edukatif topik ekologi berbasis STEAM pada kelompok guru PAUD Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1). https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.2702
Jannah, R., Taufiq, M., & Rahma, R. (2022). Pengaruh Penerapan Pendekatan Steam Pada Materi Fluida Statis Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jangka. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains , 3(2). http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1369
Lena, H., Rukiyah, R., Syafdaningsih, S., Rantina, M., Utami, F., Karnita, A., Karnita, A., Munawaroh, A., & Munawaroh, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Berbasis Pendekatan Saintifik bagi Guru PAUD di Kota Palembang. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4). https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.2480
Musfiroh, T. (2012). Teori dan Konsep Bermain. Musfiroh, T., & Hum, M. (2014). Teori Dan Konsep Bermain.
Najamuddin, N., Fitriani, R., & Puspandini, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) Berbasis Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini. Jurnal Basicedu, 6(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2097
Nurhadijah, N., Rahma, R., & Salpina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dalam Mengenal Kosa Kata Melalui Cerita Bergambar Pada Kelompok B (5-6 Tahun). Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD), 2(2), 59–64. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1156
Rahma, R., & Isralidin, I. (2022). Implementasi Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 1 Bireuen. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains , 3(1), 33–37. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1290
Rahma, R., & Rizki, S. (2022). Efforts For Children’s Fine Motor Development Through Coloring Schedule Media In Group B Children at TKN Permata Hati. ECRJ (Early Childhood Research Journal) ISSN Numbers: Print202, 2655–9315. http://journals.ums.ac.id/index.php/ecrj
Rizki, S., & Rahma, R. (2022). Religious Guidance Approach To Tacking Juvenile Delinquency Kota Banda Aceh.
Rizki, S., Rahma, R., Riswandi, R., Halim, F., Sarah, S., & Ulya, S. (2022). Implementasi Pembuatan APE dalam Kegiatan Bermain Melalui Pelatihan Clay Art dan Seni Di Desa Dayah Mesjid. Aceh Journal of Community Engagement, 3(5), 31–36. https://doi.org/10.51179/ajce.v1i1.1408
Simahate, S., & Munip, A. (2020). Latihan Gerak Lokomotor Sebagai Upaya Mengembangkan Motorik Kasar Anak Down Syndrome. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 236. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7656
Susilowati, E., Fathonah, N., Astutik, E. P., Hadi, S., & Prayitno, L. L. (2020). Pendampingan Bunda PAUD dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Sederhana untuk Pengenalan Konsep Bangun Datar. Jurnal SOLMA, 9(1). https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4714
Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Nurjanah, N. E., & Rasmani, U. E. E. (2019). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.305
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rahma Rahma, Sari Rizki, Rudy Juli Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0