Pendampingan Guru Dalam Merancang Media Anak Usia Dini Melalui Pendekatan STEAM

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.189

Keywords:

STEAM, Media, Karakteristik Anak Usia Dini

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru PAUD/TK di Kabupaten Aceh Utara tentang pembelajaran berbasis STEAM, serta tips membangun karakteristik anak usia dini melalui pendekatan STEAM dan melatih keterampilan guru dalam merancang media pembelajaran berbasis STEAM agar mereka dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Guru juga dibekali pengetahuan tentang standar tingkat pencapaian tumbuh kembang anak yang menjadi salah satu acuan dalam mengevaluasi proses pembelajaran bagi anak usia dini dalam berbagai aspek mulai dari aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan melalui 3 (tiga) tahap yaitu Persiapan, Simulasi, dan Pendampingan. Dari hasil pengabdian diketahui bahwa guru mampu memahami pembelajaran berbasis STEAM dengan baik, hal ini terlihat dari hasil RPPH dan media yang dirancang mampu membangun karakteristik anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia Nanda, R., & Rahma, R. (2022). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Warna Berbasis Audio Visual. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD), 3(3), 1–4. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1032

Efwinda, S., Qadar, R., Rananda, N., Mabrurah, F. F., & Setiyawan, R. (2021). Pelatihan Pembelajaran STEAM bagi Guru IPA SMP di Kalimantan Timur. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4). https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.4074

Imaduddin, M., Nihayati, L., Nugroho, T. W., Murti, W. B., Sa’adah, L., & Kurniasari, D. (2021). Pendampingan pembuatan alat permainan edukatif topik ekologi berbasis STEAM pada kelompok guru PAUD Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1). https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.2702

Jannah, R., Taufiq, M., & Rahma, R. (2022). Pengaruh Penerapan Pendekatan Steam Pada Materi Fluida Statis Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jangka. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains , 3(2). http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1369

Lena, H., Rukiyah, R., Syafdaningsih, S., Rantina, M., Utami, F., Karnita, A., Karnita, A., Munawaroh, A., & Munawaroh, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Berbasis Pendekatan Saintifik bagi Guru PAUD di Kota Palembang. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4). https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.2480

Musfiroh, T. (2012). Teori dan Konsep Bermain. Musfiroh, T., & Hum, M. (2014). Teori Dan Konsep Bermain.

Najamuddin, N., Fitriani, R., & Puspandini, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) Berbasis Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini. Jurnal Basicedu, 6(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2097

Nurhadijah, N., Rahma, R., & Salpina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dalam Mengenal Kosa Kata Melalui Cerita Bergambar Pada Kelompok B (5-6 Tahun). Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD), 2(2), 59–64. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1156

Rahma, R., & Isralidin, I. (2022). Implementasi Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 1 Bireuen. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains , 3(1), 33–37. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1290

Rahma, R., & Rizki, S. (2022). Efforts For Children’s Fine Motor Development Through Coloring Schedule Media In Group B Children at TKN Permata Hati. ECRJ (Early Childhood Research Journal) ISSN Numbers: Print202, 2655–9315. http://journals.ums.ac.id/index.php/ecrj

Rizki, S., & Rahma, R. (2022). Religious Guidance Approach To Tacking Juvenile Delinquency Kota Banda Aceh.

Rizki, S., Rahma, R., Riswandi, R., Halim, F., Sarah, S., & Ulya, S. (2022). Implementasi Pembuatan APE dalam Kegiatan Bermain Melalui Pelatihan Clay Art dan Seni Di Desa Dayah Mesjid. Aceh Journal of Community Engagement, 3(5), 31–36. https://doi.org/10.51179/ajce.v1i1.1408

Simahate, S., & Munip, A. (2020). Latihan Gerak Lokomotor Sebagai Upaya Mengembangkan Motorik Kasar Anak Down Syndrome. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 236. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7656

Susilowati, E., Fathonah, N., Astutik, E. P., Hadi, S., & Prayitno, L. L. (2020). Pendampingan Bunda PAUD dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Sederhana untuk Pengenalan Konsep Bangun Datar. Jurnal SOLMA, 9(1). https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4714

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Nurjanah, N. E., & Rasmani, U. E. E. (2019). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.305

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-05-12

How to Cite

Rahma, R., Rizki, S., & Saputra, R. J. (2023). Pendampingan Guru Dalam Merancang Media Anak Usia Dini Melalui Pendekatan STEAM. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 109–115. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.189

Issue

Section

Articles