Optimalisasi Wisata Belanja pada Kampung UKM

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.204

Keywords:

Wisata Belanja, Pemasaran, Optimalisasi Wisata, Potensi Desa, Usaha Kecil dan Menengah

Abstract

Wilayah Junrejo ini merupakan wilayah dengan banyak potensi UKM. Hampir setiap rumah memiliki usaha diantaranya adalah usaha peralatan dapur dari kayu, alat pijat dari kayu, peralatan dapur dari batu, aneka kripik buah, tas anyaman. Untuk dapat mengoptimalkan potensi yang ada, maka dirasa perlu untuk adanya pengembangan potensi desa menjadi desa wisata belanja Junrejo. Pengabdian ini menggunakan metode demonstrasi eksperimen. Strategi optimalisasi ini dapat dimulai dengan perencanaan partisipatif warga dan menerapkan model pengembangan berbasis kelompok. Oleh karenanya, tim pengabdian dari Universitas Negeri Malang, menginisiasi untuk mengoptimalisasi wisata belanja dengan memberikan contoh paket wisata belanja. Hasil yang akan didapatkan yaitu kelompok dapat menjual paket wisata belanja dengan nominal tertentu dan fasilitas tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, E. N. (2021). Formulation of Empowering Poor Women with Pro-Poor Capacity Improvement Model. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 423–437. https://doi.org/10.29062/engagement.v5i2.589

Arsiwi, P., & Adi, P. W. (2020). Interpretive Structural Modelling Untuk Meningkatkan Daya Saing Rantai Pasok UKM Mina Indo Sejahtera. Jurnal PASTI, 14(1), 26–36. https://doi.org/10.22441/pasti.2020.v14i1.003

Dewi, I. N. D. K., Aprilia, I., & Supraptiningsih, L. K. (2018). Peningkatan Jumlah Produksi Kerajinan Anyaman Tas Dengan Alat Pemotong Dan Pengukur Tali Pengepak. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 37–42.

Esariti, L., Nida, R. S., Rakhmatullah, A. R., & Damayanti, M. (2023). Optimalisasi Pengembangan Desa Wisata Lerep Kabupaten Semarang Berbasis Kearifan Lokal Development Optimalization of Lerep Tourism Village of Semarang Regency Based on Local Wisdom. 7(1), 107–117.

Febriyanti, R., Efendi, F. B., Arumsari, D. N., & Evanthi, A. (2022). Optimalisasi Perancangan Wisata UMKM Terpadu Kendangsari, Surabaya Melalui Digital Branding. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 293–301. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1507

Gautama, B. P., Yuliawati, A. K., Nurhayati, N. S., Fitriyani, E., & Pratiwi, I. I. (2020). Pengembangan Desa Wisata Melalui Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 355–369. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.414

Kemenparekraf. (2022). Desa Wisata UKM Junrejo. Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/ukm_junrejo

Khusnia, H., Anshari, B., Mahmudi, H., Sutarini, I. A., Nugraha, I. N., Ali, M., Muhlis, M., Solikatun, S., Yohanes, Y. T. S., & Chotijah, S. (2022). Penyusunan Paket Wisata dan Pemasaran Digital Sebagai Upaya Penguatan Desa Wisata di Lingkar Mandalika. Journal of Community Development & Empowerment, 3(3), 18–27. https://doi.org/10.29303/jcommdev.v3i3.30

Mudji, D. A. (2021). PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT PENGEMBANGAN UKM PASUNDAN NATURAL CRAFT DI KAMPUNG KREATIF SUKARUAS KABUPATEN TASIKMALAYA. SEWAKADARMA, 1(1), 30–36.

Natalia, C., & Secapramana, V. H. (2016). Pengaruh Komunikasi Media Sosial Terhadap Persepsi Merek yang Berdampak Pada Minat Pembelian Tas Anyaman Merek Linette. CALYPTRA, 4(2), 1–28.

Purnama Yahya, M., Santoso, B., & Hariswanto, A. (2018). IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN PEMERINTAH DALAM UPAYA PENGEMBANGAN WIRAUSAHA PEMULA DI KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM (Studi Pada Kabupaten Lombok Tengah). Profit, 12(02), 31–37. https://doi.org/10.21776/ub.profit.2018.012.02.4

Sompie, E. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Demonstration Dan Experiment Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Melayani Makan Dan Minum Dan Keaktifan Belajar Pada Siswa Kelas XII Jasa Boga Di SMK Negeri 1 Airmadidi. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 1(1), 1–10. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas

Strategics, M. (2022). Buku Cara Membuat Kajian Tentang Paket Wisata Terintegrasi Dalam Upaya Optimalisasi Kapasitas 3A di Destinasi Wisata Oleh Pemerintah Provinsi. MORES STRATEGICS. ALL RIGHTS RESERVED. https://static1.squarespace.com/static/61839f876e9c2038c23c81cb/t/639ff9ddbb4a7e2e12de7ce5/1671431465786/CARA+PEMBUATAN+KAJIAN+PAKET+WISATA+TERINTEGRASI+DALAM+UPAYA+OPTIMALISASI+KAPASITAS+3A+DESTINASI+WISATA

Suharti, D. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Smk Negeri 1 Balikpapan Tahun Pelajaran 2019 …. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan …, 1(1), 44–91. https://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/view/64

Timur, B. K. R. P. J. (2021). Kampung Wisata UKM di Desa Rejoso, Junrejo, Kota Batu. Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Jawa Timur. https://dhesaku.id/place/kampung_wisata_ukm_di_desa_rejoso__junrejo__kota_batu

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-05-12

How to Cite

Fauji, D. A. S., Utami, B. ., Nurjannah, D. ., Rahadjeng, E. R. ., Aisyah, E. N. ., Subhan, E. S. ., Rahman, F. ., Puspasari, I. D. ., Saptaria, L. ., Mahmud, M., Mukhlis, I. ., & Soetjipto, B. E. . (2023). Optimalisasi Wisata Belanja pada Kampung UKM. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 150–159. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.204

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)