Pelatihan Blended Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Kompetensi Guru
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.25Keywords:
Blended Learning, Edmodo, Kompetensi GuruAbstract
Seiring dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, seorang guru dituntut untuk dapat merancang sistem pembelajaran, termasuk komponen media. Kurikulum 2013 menuntut guru untuk lebih kreatif merancang pembelajaran dengan mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada kegiatan pembelajaran yang salah satunya media internet. Guru diharapkan mampu variatif, kreatif dan inovatif sehingga pembelajaran tidak hanya secara tatap muka saja tetapi juga dapat divariasikan secara online. Salah satu jenis media berbasis internet yang dapat digunakan adalah Edmodo. Pelatihan blended learning berbasis edmodo dilakukan di SMA Sentosa Bhakti Baturaja dengan dasar guru SMA Sentosa Bhakti Baturaja belum mengenal edmodo untuk pelaksanaan blended learning. Hasil dari kegiatan pengabdian ini guru SMA Sentosa Bhakti Baturaja telah memiliki kemampuan pembuatan dan pengelolaan edmodo. Kemampuan atau skill ini dapat digunakan untuk pelaksanaan blended learning.
Downloads
References
Awal , R., Wahyuni, S., & Sari, M. (2019). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Edmodo Bagi Guru Smp Dan Sma Smart Indonesia Pekanbaru. DINAMISIA - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3, No. 1 Juni 2019, Hal. 69-75.
Chaeruman, U.A. (2011). Implementing Blended learning: A Case Based Sharing Experience. Diunduh 8 Mei 2015 dari teknologipendidikan.net:http://www.tek nologipendidikan.net/2011/06/21/implem enting-blended-learning-a-case-basedsharing-experience/.
Cheung, W.S dan Hew, K.F. (2011). Design and Evaluation of Two Blended learning Approaches: Lesson Learned. Australasian Journal of Educational Technology. 27(8).h. 1319-1337.
Dharmawati. (2017). Penggunaan Media e-Learning Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran English for Business. QUERY: Jurnal Sistem Informasi Volume: 01, Nomor: 01.
Miarso, Y. (2009). Menyemai Benih Teknolo-gi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Pradnyana, I.M.A., Santyadiputra, G.S., Darmawiguna I. G. M. (2019). Pelatihan Penggunaan E-Learning Edmodo bagi Guru di SMP Negeri Nusa Penida. Prosiding SENADIMAS Ke-4 ISBN 987-623-7482-00-0. Hal: 882-890.
Pribadi, B.A. (2010). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Rahmawati, G. dan Rismiati, R. (2012). E-learning Pembelajaran Jarak Jauh untuk SMA. Bandung: Yrama Widya.
Septanto, H. (2015). Elearning Menggunakan Edmodo Sebuah Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web Pada Kelas Shift di STMIK Bina Insani. Bina Insani Ict Journal 2(2):121-141.
Sucahyono, B. 2016. “Analisa Efesiensi Penerapan Media Ajar Berbasis Digital Class pada SMPN 4 Pamekasan”. Jurnal Insand Comtech 1(1): 27-31.
Yenni, Rika Firma dan Melalina. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Edmodo Sebagai Media Pendukung Pembelajaran bagi Guru di SMP Taman Siswa Palembang. Jurnal Cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat . Vol. 1, No. 1, h. 71 – 89.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sulia Ningsih, Yamanto Isa, Arief Qosim, Joko Kuswanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0