Pelatihan Blended Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Kompetensi Guru

Authors

  • Sulia Ningsih Universitas Baturaja
  • Yamanto Isa Universitas Baturaja
  • Arief Qosim Universitas Baturaja
  • Joko Kuswanto Universitas Baturaja

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.25

Keywords:

Blended Learning, Edmodo, Kompetensi Guru

Abstract

Seiring dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, seorang guru dituntut untuk dapat merancang sistem pembelajaran, termasuk komponen media. Kurikulum 2013 menuntut guru untuk lebih kreatif merancang pembelajaran dengan mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada kegiatan pembelajaran yang salah satunya media internet. Guru diharapkan mampu variatif, kreatif dan inovatif sehingga pembelajaran tidak hanya secara tatap muka saja tetapi juga dapat divariasikan secara online. Salah satu jenis media berbasis internet yang dapat digunakan adalah Edmodo. Pelatihan blended learning berbasis edmodo dilakukan di SMA Sentosa Bhakti Baturaja dengan dasar guru SMA Sentosa Bhakti Baturaja belum mengenal edmodo untuk pelaksanaan blended learning. Hasil dari kegiatan pengabdian ini guru SMA Sentosa Bhakti Baturaja telah memiliki kemampuan pembuatan dan pengelolaan edmodo. Kemampuan atau skill ini dapat digunakan untuk pelaksanaan blended learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awal , R., Wahyuni, S., & Sari, M. (2019). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Edmodo Bagi Guru Smp Dan Sma Smart Indonesia Pekanbaru. DINAMISIA - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3, No. 1 Juni 2019, Hal. 69-75.

Chaeruman, U.A. (2011). Implementing Blended learning: A Case Based Sharing Experience. Diunduh 8 Mei 2015 dari teknologipendidikan.net:http://www.tek nologipendidikan.net/2011/06/21/implem enting-blended-learning-a-case-basedsharing-experience/.

Cheung, W.S dan Hew, K.F. (2011). Design and Evaluation of Two Blended learning Approaches: Lesson Learned. Australasian Journal of Educational Technology. 27(8).h. 1319-1337.

Dharmawati. (2017). Penggunaan Media e-Learning Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran English for Business. QUERY: Jurnal Sistem Informasi Volume: 01, Nomor: 01.

Miarso, Y. (2009). Menyemai Benih Teknolo-gi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Pradnyana, I.M.A., Santyadiputra, G.S., Darmawiguna I. G. M. (2019). Pelatihan Penggunaan E-Learning Edmodo bagi Guru di SMP Negeri Nusa Penida. Prosiding SENADIMAS Ke-4 ISBN 987-623-7482-00-0. Hal: 882-890.

Pribadi, B.A. (2010). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rahmawati, G. dan Rismiati, R. (2012). E-learning Pembelajaran Jarak Jauh untuk SMA. Bandung: Yrama Widya.

Septanto, H. (2015). Elearning Menggunakan Edmodo Sebuah Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web Pada Kelas Shift di STMIK Bina Insani. Bina Insani Ict Journal 2(2):121-141.

Sucahyono, B. 2016. “Analisa Efesiensi Penerapan Media Ajar Berbasis Digital Class pada SMPN 4 Pamekasan”. Jurnal Insand Comtech 1(1): 27-31.

Yenni, Rika Firma dan Melalina. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Edmodo Sebagai Media Pendukung Pembelajaran bagi Guru di SMP Taman Siswa Palembang. Jurnal Cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat . Vol. 1, No. 1, h. 71 – 89.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-05-01

How to Cite

Ningsih, S. ., Isa, Y. ., Qosim, A., & Kuswanto, J. (2021). Pelatihan Blended Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Kompetensi Guru . Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 102–111. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.25

Issue

Section

Articles