Pelatihan Manajemen Kelas Bagi Guru-Guru di Padang Besar Municipality Thailand

Authors

  • Ricky Setiawan Universitas Negeri Surabaya
  • Ima Widiyanah Universitas Negeri Surabaya
  • Nurul Istiqfaroh Universitas Negeri Surabaya
  • Vania Ardelia Universitas Negeri Surabaya
  • Ade Luh Febiola Kristanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.276

Keywords:

Manajemen Pelatihan, Kurikulum, Merdeka Belajar

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memfasilitasi guru-guru di Padangbesar Municipality Thailand dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang inovatif dan kreatif, sekaligus untuk membantu guru-guru di Padangbesar Thailand dalam meningkatkan kemampuan memanajemen pembelajaran. Hal ini sangat penting karena untuk memberikan pemahaman serta mengembangkan kemampuan aplikatif dalam memanajemen pembelajaran yang efektif dan inovatif agar guru- guru dapat bekerja secara professional dan terampil. Manajemen kelas merupakan kegiatan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Demi menunjang kegiatan tersebut maka akan dilakukan Kerjasama dengan Sekolah Padangbesar Municipality Thailand. Metode yang dilakukan yaitu pelatihan secara langsung dengan mendatangkan beberapa narasumber dari Indonesia. Kegiatan ini akan dilakukan selama 2 hari dan ditindak lanjuti dengan kegiatan refleksi agar pelatihan manajemen kelas dalam penerapan kurikulum merdeka dapat di implementasikan oleh guru-guru Padangbesar Municipality Thailand.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asshiddiqie, J. (2022). Penguatan Sistem Pemerintahan dan Peradilan. Jakarta: Sinar Grafika.

Budiana, I. (2021). Menjadi guru profesional di era digital. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2 (2), 144–161. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2.234.

Farichan, F. R. F., Fahmi, M. I., Fitria, F., Rahma, N. A. A., Dewi, P. J. S., Fauziah, A. U., Vianisa, R. W., Wulandari, D. P., Anam, C., & Herachwati, N. (2022). Pengabdian Masyarakat Partisipatif untuk Pengembangan Tanaman Porang Sebagai Objek Wisata di Desa Bendoasri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 115–127. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.89

Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Jakarta: Bumi aksara.

Hanief, S., & Jefriana, I. W. (2018). Framework Itil V3 Domain Service Operation Dalam Analisis Pengelolaan Teknologi Blended Learning. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 4(1). https://doi.org/10.36002/jutik.v4i1.395

Hasanah, S. U., Rusdin, R., & Ubadah, U. (2022). Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Di Era Society 5.0: Sebuah Kajian Literatur. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1(1), 202–207.

Indraswati, D., Marhayani, D. A., Sutisna, D., Widodo, A., & Maulyda, M. A. (2020). critical thinking dan problem solving dalam pembelajaran ips untuk menjawab tantangan abad 21. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(1), 12–28. https://doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1540

Kurniawan, M. R., & Rofiah, N. H. (2020). Pola penggunaan Internet di Lingkungan sekolah dasar se-Kota Yogyakarta. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(2), 93–108. https://doi.org/10.21093/sajie.v2i2.1930

Mawardi, M., Kristin, F., Anugraheni, I., & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan pelatihan partisipatif pada kegiatan penulisan dan publikasi karya ilmiah bagi guru SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 132–137. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p132-137

Mudlofir, A. (2016). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aktualisasinya dalam Sistem Pendidikan Islam. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 229–246. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.560

Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Mustanir, A., Hamid, H., & Syarifuddin, R. N. (2019). Pemberdayaan kelompok masyarakat desa dalam perencanaan metode partisipatif. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(3), 227–239. http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v5i3.2677

Pasaribu, A. (2017). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional di madrasah. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1). https://doi.org/10.30596/edutech.v3i1.984

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Yogyakarta: Deepublish.

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43–50. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206

Utomo, P. B., Purnomo, M. E., & Nazarudin, M. (2021). Studi Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Tenaga Pendidik Di SD Islam Palembang. Studia Manageria, 3(1), 83–97. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v3i1.6814

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-18

How to Cite

Setiawan, R., Widiyanah, I., Istiqfaroh, N., Ardelia, V., & Kristanti, A. L. F. (2023). Pelatihan Manajemen Kelas Bagi Guru-Guru di Padang Besar Municipality Thailand. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 77–87. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.276

Most read articles by the same author(s)