Pelatihan Manajemen Kelas Bagi Guru-Guru di Padang Besar Municipality Thailand
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.276Keywords:
Manajemen Pelatihan, Kurikulum, Merdeka BelajarAbstract
Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memfasilitasi guru-guru di Padangbesar Municipality Thailand dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang inovatif dan kreatif, sekaligus untuk membantu guru-guru di Padangbesar Thailand dalam meningkatkan kemampuan memanajemen pembelajaran. Hal ini sangat penting karena untuk memberikan pemahaman serta mengembangkan kemampuan aplikatif dalam memanajemen pembelajaran yang efektif dan inovatif agar guru- guru dapat bekerja secara professional dan terampil. Manajemen kelas merupakan kegiatan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Demi menunjang kegiatan tersebut maka akan dilakukan Kerjasama dengan Sekolah Padangbesar Municipality Thailand. Metode yang dilakukan yaitu pelatihan secara langsung dengan mendatangkan beberapa narasumber dari Indonesia. Kegiatan ini akan dilakukan selama 2 hari dan ditindak lanjuti dengan kegiatan refleksi agar pelatihan manajemen kelas dalam penerapan kurikulum merdeka dapat di implementasikan oleh guru-guru Padangbesar Municipality Thailand.
Downloads
References
Asshiddiqie, J. (2022). Penguatan Sistem Pemerintahan dan Peradilan. Jakarta: Sinar Grafika.
Budiana, I. (2021). Menjadi guru profesional di era digital. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2 (2), 144–161. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2.234.
Farichan, F. R. F., Fahmi, M. I., Fitria, F., Rahma, N. A. A., Dewi, P. J. S., Fauziah, A. U., Vianisa, R. W., Wulandari, D. P., Anam, C., & Herachwati, N. (2022). Pengabdian Masyarakat Partisipatif untuk Pengembangan Tanaman Porang Sebagai Objek Wisata di Desa Bendoasri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 115–127. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.89
Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Jakarta: Bumi aksara.
Hanief, S., & Jefriana, I. W. (2018). Framework Itil V3 Domain Service Operation Dalam Analisis Pengelolaan Teknologi Blended Learning. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 4(1). https://doi.org/10.36002/jutik.v4i1.395
Hasanah, S. U., Rusdin, R., & Ubadah, U. (2022). Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Di Era Society 5.0: Sebuah Kajian Literatur. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1(1), 202–207.
Indraswati, D., Marhayani, D. A., Sutisna, D., Widodo, A., & Maulyda, M. A. (2020). critical thinking dan problem solving dalam pembelajaran ips untuk menjawab tantangan abad 21. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(1), 12–28. https://doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1540
Kurniawan, M. R., & Rofiah, N. H. (2020). Pola penggunaan Internet di Lingkungan sekolah dasar se-Kota Yogyakarta. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(2), 93–108. https://doi.org/10.21093/sajie.v2i2.1930
Mawardi, M., Kristin, F., Anugraheni, I., & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan pelatihan partisipatif pada kegiatan penulisan dan publikasi karya ilmiah bagi guru SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 132–137. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p132-137
Mudlofir, A. (2016). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aktualisasinya dalam Sistem Pendidikan Islam. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 229–246. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.560
Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268
Mustanir, A., Hamid, H., & Syarifuddin, R. N. (2019). Pemberdayaan kelompok masyarakat desa dalam perencanaan metode partisipatif. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(3), 227–239. http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v5i3.2677
Pasaribu, A. (2017). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional di madrasah. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1). https://doi.org/10.30596/edutech.v3i1.984
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Yogyakarta: Deepublish.
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43–50. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206
Utomo, P. B., Purnomo, M. E., & Nazarudin, M. (2021). Studi Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Tenaga Pendidik Di SD Islam Palembang. Studia Manageria, 3(1), 83–97. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v3i1.6814
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ricky Setiawan, Ima Widiyanah, Nurul Istiq'faroh, Vania Ardelia, Ade Luh Febiola Kristanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0