Budaya Literasi: Pelatihan Menulis Artikel dan Publikasi Ilmiah bagi Guru di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.263Keywords:
Budaya Literasi, Pelatihan, Penulisan, Publikasi, Artikel IlmiahAbstract
Masalah yang ditemukan yaitu kurangnya kemampuan guru dalam menulis dan publikasi ilmiah, maka tujuan pengabdian kepada masyarakat pada program ini yaitu mengembangkan budaya literasi menulis melalui pelatihan penulisan dan publikasi artikel ilmiah bagi guru SD di Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi. Metode pelatihan dan pendampingan terdiri dari ceramah, tanya jawab, dan praktek terbimbing. Evaluasi menunjukkan tingkat kepuasan peserta sebesar 91,6% sangat baik dan 8,4% baik. Tujuan pelatihan adalah meningkatkan kemampuan guru dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah, dengan hasil menunjukkan peningkatan pemahaman peserta tentang penulisan artikel dan publikasi ilmiah. Pelatihan ini berkontribusi positif dalam pengembangan budaya literasi menulis di kalangan guru SD, mencerminkan kebutuhan dan memfasilitasi pengembangan kompetensi profesional.
Downloads
References
Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan. (2001). Pedoman Penyususnan Karya Tuis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Depdiknas.
Fitra, H., Arza, F. I., & Mulyani, E. (2020). PKM Pelatihan Trading Saham Online pada Guru MGMP (Majelis Guru Mata Pelajaran) Akuntansi dan Ekonomi SMA/SMK Se-Kota Pariaman. Journal of Community Service, 2(2), 219–228. https://doi.org/10.56670/jcs.v2i2.54
Habibi, H., Salleh, A. H., & Sarjit Singh, M. K. (2015). The Effect of Reading on Improving the Writing of EFL Students. Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities, 23(4). http://www.pertanika.upm.edu.my/
Huber, M. M., Leach-López, M. A., Lee, E., & Mafi, S. L. (2020). Improving accounting student writing skills using writing circles. Journal of Accounting Education, 53, 100694. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2020.100694
Karimulah, A., & Ummah, N. I. (2022). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Untuk Memotivasi Belajar Siswa MTs Muqoddimatul Akhlak Curah Wungkal Silo Jember. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 13–34. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i1.74
Khoirunnisa, F., Sabekti, A. W., & Yulita, I. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis Ilmiah Berbantukan Manajemen Referensi Mendeley Bagi Guru-Guru SMA/Sederajat Di Kabupaten Bintan. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 1–6. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.2697
Kusumaningrum, D. E., Arifin, I., & Gunawan, I. (2017). Pendampingan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. ABDIMAS PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p
Manik, D. (2021). Pelatihan Dan Bimbingan Pembelajaran Secara Daring Di Sekolah Laz Nahwa Nur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat–Aphelion| Vol, 1(2). https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9110
Merrita, D., & Amilia, I. K. (2022). Pelatihan Tata Bahasa Inggris Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Lingkungan Yayasan Lia. Dima, 1(2), 12–22. https://e-journal.stbalia.ac.id/
Permen 2019. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2019 tentang Pengusulan, Penetapan dan Pembinaan Jabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipil.
Permen 2009. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 207–212. https://doi.org/10.35568/abdimas.v3i1.546
Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343
Setianingsih, T., Qomariyah, S. S., Ariani, S., & Suhaili, M. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis bagi Guru SMA Hang Tuah 3 Mataram. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 18–21. https://doi.org/10.33394/jpu.v1i1.2549
SK MENPAN No. 17/MENPAN/2012. https://doi.org/10.1007/s15006-012-0563-8
Sugiyarti, S., Fitriani, N., & Vebrian, R. (2019). Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Guru Sekolah Dasar Se-Kabupaten Bangka. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i1.1294
Sulfemi, W. B. (2019). Kompetensi profesionalisme guru Indonesia dalam menghadapi MEA. https://doi.org/10.31227/osf.io/czxus
Sulistyo, A. (2017). Evaluasi program budaya membaca di sekolah dasar negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 48–58. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p48-58
Susanti, M. S. P., & Anggraini, P. (2023). Peningkatan Literasi Siswa Kelas I melalui Media Tekatar (Tebak Kartu Pintar) dengan Model Pembelajaran Direct Intruction. Jurnal Basicedu, 7(1), 1009–1022. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4802
Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Pelatihan dan pendampingan penulisan artikel jurnal bagi guru-guru ips kabupaten malang. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 40–47. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p40-47
Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–342. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480
Widagdo, A., & Susilo, S. (2018). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru SD di Kecamatan Kendal. Abdimas Unwahas, 3(1). https://doi.org/10.31942/abd.v3i1.2234
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurul Istiq'faroh, Hendratno, Asri Sustyo Rukmi, Maryam Isnaini Damayanti, Ade Luh Febiola Kristanti, Nabilah Faizzatus Syaharani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0