Penerapan Screen Reader dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB-N Rejang Lebong

Authors

  • Wandi Syahindra Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Nia Dahniarti Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Nofita Sari Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Murlena Universitas Pat Petulai

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.296

Keywords:

Screen Reader, Tunanetra, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah penerapan suatu model pembelajaran PAI khususnya untuk siswa disabilitas dalam pendidikan menggunakan software screen reader. Terdapat kendala yang dihadapi oleh siswa tunanetra yang belum begitu mengenal teknologi terutama pada penggunaan sistem operasi android yang ada di smartphone untuk kebutuhan proses belajar yang seharusnya menjadi pendorong siswa untuk belajar lebih mudah. Metode riset yang dipakai pada riset ini merupakan riset kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Masih banyak anak didik tunanetra yang belum paham serta menguasai teknologi. Baik itu kegunaan teknologi, ataupun penggunaannya itu sendiri. Minimnya informasi yang didapat siswa-siswa SLB, membuat screen reader ini menjadi hampir tidak dikenali. Hasil penerapan model menggunakan software screen reader 60% cukup efektif untuk siswa disabilitas sehingga dapat membantu mereka dalam pembelajaran PAI.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wandi Syahindra, Institut Agama Islam Negeri Curup

Bidang Ilmu Komputer

Nia Dahniarti, Institut Agama Islam Negeri Curup

Prodi Pendidikan Agama Islam

Nofita Sari, Institut Agama Islam Negeri Curup

Prodi Pendidikan Agama Islam

Murlena, Universitas Pat Petulai

Prodi Ilmu Komputer

References

Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Daming, S. (2021). Apresiasi Hak Penyandang Disabilitas dalam Penyelenggaraan Layanan Publik di Indonesia. Jurnal Hak Asasi Manusia, 6(6), 86–131. https://doi.org/10.58823/jham.v6i6.57

Hidayat, L. (2020). Assistive Technology Pada Aplikasi Android Untuk Tunanetra. Exponential (Education For Exceptional Children) Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 1(2), Article 2. https://journal.upy.ac.id/index.php/PLB/article/view/969

Imam, G. (2013). Metode Penelitian Kualitatif teori dan praktik. Jakarta: Bumi Aksara, 80.

Justicia, L. T., Tolle, H., & Amalia, F. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Messaging Berbasis Voice Interaction Bagi Penderita Tunanetra Pada Sistem Operasi Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 1(7), Article 7. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/175

Kurnia, R. M., & Apsari, N. C. (2020). Peran Pekerja Sosial Sebagai Konselor Terhadap Atlet Penyandang Disabilitas Dalam Meningkatkan Motivasi Untuk Meraih Prestasi. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.24198/jppm.v1i1.30952

L.FONATABA, Y. E. (2022). Analisis Efektivitas Komputer Berbicara Sebagai Media Pembelajaran Murid Tunanetra Kelas X Di Slb A Yapti Makassar. http://eprints.unm.ac.id/22530/

Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya.

Morris, J. (2017). Hands-On Android UI Development: Design and develop attractive user interfaces for Android applications. Packt Publishing Ltd.

Panggabean, T. Y. S., & Ati, S. (2019). Evaluasi Jaws (Job Access With Speech) Screen Reader Untuk Akses Informasi Tunanetra Di Yayasan Komunitas Sahabat Mata Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), Article 3. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23202

Paramita, C., Sudibyo, U., Muljono, M., & Supriyanto, C. (2019). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Screen Reader JAWS Bagi Tunanetra Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Pengelolaan Administrasi. ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33633/ja.v2i2.46

Pratama, D., Hakim, D. A., Prasetya, Y., Febriandika, N. R., Trijati, M., & Fadlilah, U. (2016). Rancang Bangun Alat dan Aplikasi untuk Para Penyandang Tunanetra Berbasis Smartphone Android. Khazanah Informatika : Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.23917/khif.v2i1.1927

Pratiwi, S. A., & Apsari, N. C. (2022). Pemberdayaan Disabilitas di Masa Pandemi Covid-19 (disability empowerment during the covid-19 pandemic). Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.24198/jppm.v3i2.40499

Raza, A. (2014). Usability Issues of Smart Phone Applications: For Visually Challenged People. International Journal of Computer, Information, Systems and Control Engineering, 8.

Salsabila, S., & Apsari, N. C. (2021). Aksesibilitas Fasilitas Pelayanan Publik Di Beberapa Wilayah Dan Implementasi Undang-Undang Dalam Memenuhi Hak Penyandang Disabilitas. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.33976

Sari, R. K., Kusuma, N., Sampe, F., Putra, S., Fathonah, S., Ridzal, D. A., Rato, K. W., Apriani, E., Yurni, Wibowo, T. P., Mardhiyana, D., Purba, O. N., Mu’min, A. K., S, M. I., & Togatorop, M. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.

Tanzeh, A. (2011). Metodologi penelitian praktis. Yogyakarta: teras.

Wijaya, H. W., Efendi, J., & Sopandi, A. A. (2018). Efektivitas Program Non Visual Dekstop Access (NVDA) dalam Meningkatkan Kemampuan Membuat Dokumen Di Microsoft Word Bagi Anak Tunanetra Kelas Lanjutan. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), Article 1. https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/324

Yoestara, M., & Ismail, N. M. (2022). Tantangan Pengaplikasian Teknologi Dalam Pembelajaran: Studi Kepustakaan. 3(1).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-18

How to Cite

Syahindra, W., Dahniarti, N., Sari, N., & Murlena, M. (2023). Penerapan Screen Reader dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB-N Rejang Lebong. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 107–122. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.296