Penerapan Screen Reader dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB-N Rejang Lebong
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.296Keywords:
Screen Reader, Tunanetra, Pendidikan Agama IslamAbstract
Tujuan penelitian ini adalah penerapan suatu model pembelajaran PAI khususnya untuk siswa disabilitas dalam pendidikan menggunakan software screen reader. Terdapat kendala yang dihadapi oleh siswa tunanetra yang belum begitu mengenal teknologi terutama pada penggunaan sistem operasi android yang ada di smartphone untuk kebutuhan proses belajar yang seharusnya menjadi pendorong siswa untuk belajar lebih mudah. Metode riset yang dipakai pada riset ini merupakan riset kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Masih banyak anak didik tunanetra yang belum paham serta menguasai teknologi. Baik itu kegunaan teknologi, ataupun penggunaannya itu sendiri. Minimnya informasi yang didapat siswa-siswa SLB, membuat screen reader ini menjadi hampir tidak dikenali. Hasil penerapan model menggunakan software screen reader 60% cukup efektif untuk siswa disabilitas sehingga dapat membantu mereka dalam pembelajaran PAI.
Downloads
References
Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara.
Daming, S. (2021). Apresiasi Hak Penyandang Disabilitas dalam Penyelenggaraan Layanan Publik di Indonesia. Jurnal Hak Asasi Manusia, 6(6), 86–131. https://doi.org/10.58823/jham.v6i6.57
Hidayat, L. (2020). Assistive Technology Pada Aplikasi Android Untuk Tunanetra. Exponential (Education For Exceptional Children) Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 1(2), Article 2. https://journal.upy.ac.id/index.php/PLB/article/view/969
Imam, G. (2013). Metode Penelitian Kualitatif teori dan praktik. Jakarta: Bumi Aksara, 80.
Justicia, L. T., Tolle, H., & Amalia, F. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Messaging Berbasis Voice Interaction Bagi Penderita Tunanetra Pada Sistem Operasi Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 1(7), Article 7. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/175
Kurnia, R. M., & Apsari, N. C. (2020). Peran Pekerja Sosial Sebagai Konselor Terhadap Atlet Penyandang Disabilitas Dalam Meningkatkan Motivasi Untuk Meraih Prestasi. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.24198/jppm.v1i1.30952
L.FONATABA, Y. E. (2022). Analisis Efektivitas Komputer Berbicara Sebagai Media Pembelajaran Murid Tunanetra Kelas X Di Slb A Yapti Makassar. http://eprints.unm.ac.id/22530/
Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya.
Morris, J. (2017). Hands-On Android UI Development: Design and develop attractive user interfaces for Android applications. Packt Publishing Ltd.
Panggabean, T. Y. S., & Ati, S. (2019). Evaluasi Jaws (Job Access With Speech) Screen Reader Untuk Akses Informasi Tunanetra Di Yayasan Komunitas Sahabat Mata Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), Article 3. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23202
Paramita, C., Sudibyo, U., Muljono, M., & Supriyanto, C. (2019). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Screen Reader JAWS Bagi Tunanetra Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Pengelolaan Administrasi. ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33633/ja.v2i2.46
Pratama, D., Hakim, D. A., Prasetya, Y., Febriandika, N. R., Trijati, M., & Fadlilah, U. (2016). Rancang Bangun Alat dan Aplikasi untuk Para Penyandang Tunanetra Berbasis Smartphone Android. Khazanah Informatika : Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.23917/khif.v2i1.1927
Pratiwi, S. A., & Apsari, N. C. (2022). Pemberdayaan Disabilitas di Masa Pandemi Covid-19 (disability empowerment during the covid-19 pandemic). Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.24198/jppm.v3i2.40499
Raza, A. (2014). Usability Issues of Smart Phone Applications: For Visually Challenged People. International Journal of Computer, Information, Systems and Control Engineering, 8.
Salsabila, S., & Apsari, N. C. (2021). Aksesibilitas Fasilitas Pelayanan Publik Di Beberapa Wilayah Dan Implementasi Undang-Undang Dalam Memenuhi Hak Penyandang Disabilitas. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.33976
Sari, R. K., Kusuma, N., Sampe, F., Putra, S., Fathonah, S., Ridzal, D. A., Rato, K. W., Apriani, E., Yurni, Wibowo, T. P., Mardhiyana, D., Purba, O. N., Mu’min, A. K., S, M. I., & Togatorop, M. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.
Tanzeh, A. (2011). Metodologi penelitian praktis. Yogyakarta: teras.
Wijaya, H. W., Efendi, J., & Sopandi, A. A. (2018). Efektivitas Program Non Visual Dekstop Access (NVDA) dalam Meningkatkan Kemampuan Membuat Dokumen Di Microsoft Word Bagi Anak Tunanetra Kelas Lanjutan. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), Article 1. https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/324
Yoestara, M., & Ismail, N. M. (2022). Tantangan Pengaplikasian Teknologi Dalam Pembelajaran: Studi Kepustakaan. 3(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wandi Syahindra, Nia Dahniarti, Nofita Sari, Murlena Murlena
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0