Sosialisasi dan Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology Bagi Guru Sejarah SMA/MA Se-Kecamatan Kairatu
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.297Keywords:
Pelatihan ICT, Media Pembelajaran, Guru SejarahAbstract
Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan karena dilatarbelakangi masalah rendahnya kemampuan guru-guru sejarah SMA/MA kecamatan Kairatu dalam menggunakan media pembelajaran berbasis ICT. Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru sejarah SMA/MA Kairatu dalam menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran berbasisi ICT. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah sosialisasi media pembelajaran ICT dan jenis-jenisnya, pelatihan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, membuat media pembelajaran audio visual dengan power point, dan membuat media pembelajaran menggunakan aplikasi Kahoot. Keberhasilan pelaksanaan pengabdian ini dilihat dari target jumlah peserta pelatihan, ketercapaian tujuan pelatihan, ketercapaian target materi yang telah direncanakan dan kemampuan peserta pelatihan dalam penguasaan materi media pembelajaran berbasis ICT.
Downloads
References
Darmawan, D. (2015. ). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.
Edy., S. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana.
Geulis, N. (2015). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT.
Justin Eduardo Simarmata, d. (2023). Pelatihan Charting dengan Microsoft Excel Sebagai Sarana Pembelajaran Matematika di SMP Kristen Kefamenanu. Kreativasi Journal Of Community Empowerment .
Karlina, I. K. (2018). Media Berbasis Information and Communication Technoloy (Ict) Dalam Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 1689–1699.
Komariah, N. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Berbasi ICT. Jurnal l-Afkar, 5(1), 92.
Nasrulloh, I. d. (2017). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal PETIK, 3(1), 29-30.
Neng Nenden Mulyaningsih, d. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook 3d Di Mgmp Fisika Kabupaten Serang. Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat.
Prima Nucifera, M. Y. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Absyara: Jurnal Pengabdian pada Masyrakat .
Sucipto, S., Daniati, E., Harini, D., Muzaki, M. N. ., Wardani, A. S., Pradhana, A. H., Amarya, T. K., Sahira, M. S., Fadhila, A. N., & Kusen, M. (2023). Pelatihan Tim Pengembang Akademik SMAN 6 Kediri dalam Menggunakan E-Learning Berbasis Moodle. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 105–115. https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.80
Sunaryanto, d. (202). “Pelatihan Dan Pendampingan Pembelajaran Berbasis Ict Bagi Guru Akuntansi Smk Di Kota Malang. Sinergi: Jurnal Pengabdian.
Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syamsumar Bustamin, d. (2023). Pendampingan Pelatihan Dalam Mengimplementasikan “Game Edukasi Mengenal Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Trollip, A. &. (2011). Multimedia for learning: Methods and development. Massachusetts: A Pearson Education.
Yani, C. (2021). “Pelatihan Media Ict ”Edmodo” Bagi Guru Sdit Nu Telukjambe Timur Karawang . Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan.
Yarmaidi, d. (2022). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran ICT berbasis Virtual Class untuk mendukung Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat BUGUH.
Zayyadi, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Komputer sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gazali Far-Far, Wa Ima, Rina Pusparani, Gesia Urlialy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0