Sosialisasi dan Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology Bagi Guru Sejarah SMA/MA Se-Kecamatan Kairatu

Authors

  • Gazali Far-Far Universitas Pattimura Ambon
  • Wa Ima Universitas Pattimura Ambon
  • Rina Pusparani Universitas Pattimura Ambon
  • Gesia Urlialy Universitas Pattimura Ambon

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.297

Keywords:

Pelatihan ICT, Media Pembelajaran, Guru Sejarah

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan karena dilatarbelakangi masalah rendahnya kemampuan guru-guru sejarah SMA/MA kecamatan Kairatu dalam menggunakan media pembelajaran berbasis ICT. Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru sejarah SMA/MA Kairatu dalam menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran berbasisi ICT. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah sosialisasi media pembelajaran ICT dan jenis-jenisnya, pelatihan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, membuat media pembelajaran audio visual dengan power point, dan membuat media pembelajaran menggunakan aplikasi Kahoot. Keberhasilan pelaksanaan pengabdian ini dilihat dari target jumlah peserta pelatihan, ketercapaian tujuan pelatihan, ketercapaian target materi yang telah direncanakan dan kemampuan peserta pelatihan dalam penguasaan materi media pembelajaran berbasis ICT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawan, D. (2015. ). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.

Edy., S. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana.

Geulis, N. (2015). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT.

Justin Eduardo Simarmata, d. (2023). Pelatihan Charting dengan Microsoft Excel Sebagai Sarana Pembelajaran Matematika di SMP Kristen Kefamenanu. Kreativasi Journal Of Community Empowerment .

Karlina, I. K. (2018). Media Berbasis Information and Communication Technoloy (Ict) Dalam Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 1689–1699.

Komariah, N. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Berbasi ICT. Jurnal l-Afkar, 5(1), 92.

Nasrulloh, I. d. (2017). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal PETIK, 3(1), 29-30.

Neng Nenden Mulyaningsih, d. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook 3d Di Mgmp Fisika Kabupaten Serang. Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat.

Prima Nucifera, M. Y. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Absyara: Jurnal Pengabdian pada Masyrakat .

Sucipto, S., Daniati, E., Harini, D., Muzaki, M. N. ., Wardani, A. S., Pradhana, A. H., Amarya, T. K., Sahira, M. S., Fadhila, A. N., & Kusen, M. (2023). Pelatihan Tim Pengembang Akademik SMAN 6 Kediri dalam Menggunakan E-Learning Berbasis Moodle. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 105–115. https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.80

Sunaryanto, d. (202). “Pelatihan Dan Pendampingan Pembelajaran Berbasis Ict Bagi Guru Akuntansi Smk Di Kota Malang. Sinergi: Jurnal Pengabdian.

Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syamsumar Bustamin, d. (2023). Pendampingan Pelatihan Dalam Mengimplementasikan “Game Edukasi Mengenal Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Trollip, A. &. (2011). Multimedia for learning: Methods and development. Massachusetts: A Pearson Education.

Yani, C. (2021). “Pelatihan Media Ict ”Edmodo” Bagi Guru Sdit Nu Telukjambe Timur Karawang . Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan.

Yarmaidi, d. (2022). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran ICT berbasis Virtual Class untuk mendukung Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat BUGUH.

Zayyadi, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Komputer sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-05-18

How to Cite

Far-Far, G., Ima, W., Pusparani, R., & Urlialy, G. (2024). Sosialisasi dan Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology Bagi Guru Sejarah SMA/MA Se-Kecamatan Kairatu. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 194–205. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.297

Issue

Section

Articles