Meningkatkan Kompetensi Profesionalitas Guru MIN 3 Kota Padang dengan Pelatihan Berhitung Cepat

Authors

  • Andi Susanto Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol
  • Rayhan Meldi Sentana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol
  • Rahmat Ilahi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.357

Keywords:

Kompetensi Profesional, Berhitung Cepat, Guru MI

Abstract

Pembelajaran berhitung di sekolah dasar masih menggunakan metode konvensional, yang menyebabkan peserta didik tidak memiliki pilihan alternatif dalam memahami konsep matematika. Untuk meningkatkan kompetensi profesional guru sekolah dasar, harus dilakukan pelatihan berhitung cepat bagi guru di MIN 3 Kota Padang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam berhitung cepat dan menggunakan metode CBR (Community Based Research). Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hal kemampuan guru menguasai metode berhitung cepat, mudah, dan menyenangkan. Peserta pelatihan meninggalkan respons positif dan harapannya adalah untuk keberkelanjutan kegiatan pelatihan dalam meningkatkan kompetensi guru dalam matematika, yang akan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bete, H., Salsinha, C. N., Naimnule, M., & Bone, D. (2022). Pelatihan Aneka Berhitung Cepat (ABC) Pada Siswa SDK Yaswari Niki-Niki III. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5, 2469–2473. https://doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2469-2473

Chotijah, S., & Susanto, A. (2019). Efektivitas Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 195–206. https://doi.org/10.21274/jtm.2019.2.2.195-206

Dumas, D., McNeish, D., Sarama, J., & Clements, D. (2019). Preschool Mathematics Intervention Can Significantly Improve Student Learning Trajectories Through Elementary School. AERA Open, 5(4), 233285841987944. https://doi.org/10.1177/2332858419879446

Goenawan, S. I., & Wijayanti, S. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Berhitung Metris di Sekolah Dasar Negeri Sekecamatan Cisauk, Tangerang. Jurnal Abdimas, 22(2), 227–234. https://doi.org/10.15294/abdimas.v22i2.8983

Hanafi, M. (2015). Panduan Perencanaan dan Penyusunan Proposal CBR. 86.

Hardiansyah, F., Misbahudholam AR, M., & ’ S. (2022). Pelatihan Membuat dan Menggunakan Alat Peraga Game Eleven Pieces Multiplication (GEPION) untuk Memudahkan Menghitung Perkalian pada Guru di Sekolah Dasar. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 162. https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i2.984

Irmayanti, Jurnianti, Hidayah, N., Mirna, & Islamiah, N. (2022). Pendampingan belajar matematika metode jarimatika di taman baca karlos. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 184–188. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/ruang-cendekia/index

Ismunandar, D. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd/Mi Melalui Pelatihan Cara Cepat Dan Tepat Berhitung Di Desa Pringgacala Kecamatan Karangampel. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 54–66. https://doi.org/10.31943/abdi.v1i1.6

Juhji. (2016). Peran guru dalam pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/73

Rahmatia, Sandy, G. A., Putra, M. D. P., & Revisika. (2022). Pendampingan Pelatihan Berhitung Cepat dengan Menggunakan Metode JARIMATIKA pada Siswa SD di Arfai. 4(2), 184–192. https://doi.org/10.31540/jpm.v4i2.1575

Rosyada, D. (2016). Community Based Research (CBR) Salah Satu Penelitian Akademik. UIN Syarif Hidayatullah. https://www.uinjkt.ac.id/community-based-research-cbr-salah-satu-model-penelitian-akademik/

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Susanto, A., Mardika, F., Syaputra, S. E., & Sentana, R. M. (2023). Pendampingan Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Sumatra Barat Melalui Pelatihan Berhitung Cepat Peningkatan Kompetensi Profesional. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat-Unimed, 29(1), 42–51. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i1.39876

Susanto, A., Sepriyanti, N., & Asfa’ani, E. (2020). Hubungan Kompetensi Profesional Dosen dan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa dalam Statistika. MAp : Mathematics & Applications Journal, 79–93. https://doi.org/10.15548/map.v2i2.2268

Susilawaty, A., Tasrudin, R., Djuwairiyah, A., & Salenda, K. (2016). Panduan Riset Berbasis Komunitas (Community Based Research) (M. Mahfudz (ed.)). Nur Khairunnisa. http://litapdimas.kemenag.go.id/publication

Thijssen, M. W. P., Rege, M., & Solheim, O. J. (2022). Teacher relationship skills and student learning. Economics of Education Review, 89. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2022.102251

Wisman, Y., Effrata, E., & Tutesa, T. (2021). Penerapan Konsep Instrumen Evaluasi Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i1.105

Young, J. M., Reed, K. E., Rosenberg, H., & Kook, J. F. (2022). Adding family math to the equation: Promoting Head Start preschoolers’ mathematics learning at home and school. Early Childhood Research Quarterly, 63, 43–58. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2022.11.002

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-05-18

How to Cite

Susanto, A., Sentana, R. M., & Ilahi, R. (2024). Meningkatkan Kompetensi Profesionalitas Guru MIN 3 Kota Padang dengan Pelatihan Berhitung Cepat. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 216–224. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.357

Issue

Section

Articles