Peningkatan Pengetahuan Pendidikan Tinggi Bagi Peserta Didik SMA Barunawati Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.374Keywords:
Sosialisasi, Business Model Canvas, Akuntansi DigitalAbstract
Urgensi kegiatan ini untuk mengurai informasi secara realistis dan akurat dalam memilih program studi dan kampus yang tepat dan memberikan dukungan motivasi melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan ilmu, pengetahuan dan wawasan untuk memilih program studi sesuai minat dan bakatnya, serta mengenalkan perguruan tinggi khususnya universitas dinamika sebagai tempat menimba ilmu. Metode kegiatan ini berupa pemaparan materi (ceramah/sosialisasi) kepada siswa/siswi jurusan IPA/IPS kelas XII, uraian materi menjelaskan pembelajaran jarak jauh (Undika Futuristic Learning/UFL), entreprenuer revolusi industri 5.0, business model canvas, keberadaan akuntansi, future of accounting dan digital accounting. Hasil dari aktivitas PKM sebagian belum memilih program studi sesuai bakat dan minatnya namun sudah memiliki rencana untuk melanjutkan perkuliahan diperguruan tinggi negeri dan tidak memiliki backup kampus swasta saat PTN tidak diterima.
Downloads
References
Adhi Nurhartanto. (2021). Edukasi Pemilihan Jurusan Kuliah Melalui Metode Pemetaan Bakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat : ANDASIH , 2(1), 33–39. DOI: https://doi.org/10.57084/andasih.v2i1.618
Baharun, H., Septantiningtyas, N., & Zainab, I. (2020). Strategi Perguruan Tinggi Dalam Menjaga Sustainability Lembaga Melalui Program Kemitraan. . MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 2(3), 354–365. DOI: https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i3.66
Darnawati, D., Jamiludin, J., Batia, L., Irawaty, I., & Salim, S. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–16. DOI: https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i1.8780
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, K. R. dan T. Penyelenggaraan Pendidikan di Perguruan Tinggi. , Pub. L. No. 2, Kemenristek Dikti 1 (2022). Indonesia.
Erstiawan, M. (2021). Good Corporate Governance Penyelenggara Pendidikan dalam Perspektif Agency Teory. Majalah Ekonomi, 26(1), 40–51. DOI: https://doi.org/10.36456/majeko.vol26.no1.a3952
Erstiawan, M., & Alifianto, A. Y. (2021). Pemanfaatan Google Spreadsheet penjualan pada Warung Majapahit di Mojokerto. Majalah Ekonomi, 2(2), 50–57. DOI: https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.2.2.4852
Erstiawan, MS, Y. R. (2022). Implikasi Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Akuntansi pada Subsektor Telekomunikasi. Jurnal Sosial Sains, 2(2), 385–396. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/sosains.v2i2.343 DOI: https://doi.org/10.36418/sosains.v2i2.343
Garaika, G., & Feriyan, W. (2019). Promosi dan Pengaruhnya Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Aktual, 16(1), 21. DOI: https://doi.org/10.47232/aktual.v16i1.3
Harahap, B., Nuary Singarimbun, R., & Haqki, B. (2023). Sosialisasi Teknik Memilih Kampus, Jurusan Berdasarkan Sistem Pengambilan Keputusan Berbasis Weka di SMA Kemala Bhayangkari 1 Medan Kelas XII Tahun Ajaran 2023 – 2024. JURNAL ABDIMAS MADUMA, 2(2), 109–118. https://doi.org/10.52622/jam.v2i2.207 DOI: https://doi.org/10.52622/jam.v2i2.207
Hastuti, Ganefri, Asmar Yulastri, Ambiyar, Doni Tri Putra Yanto, & Andrian. (2023). Profil Entrepreneur Era Digital dalam Menghadapi Society 5.0. JTEV (Jurnal Teknik Elektrodan Vokasional), 9(1), 139–146. DOI: https://doi.org/10.24036/jtev.v9i1.121838
IGN Darma Paramartha, & I Kadek Arta Wiguna. (2020). Perancangan Website Cerdas Pemilihan Kampus dengan Semantic Web dan Grabbing Data. TIERS : Information Technology Journal, 1(1), 12–17.
Lukita, C. , P. S., & Agustin, K. (2020). Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis Untuk Analisa Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Tinggi Pada Mahasiswa Di Cirebon. Jurnal Digit: Digital of Information Technology, 9(2), 167–177. DOI: https://doi.org/10.51920/jd.v9i2.117
Lusiana, Mildawati, T., & Fidiana. (2019). Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Anggaran Penyelenggaran Pendidikan Tinggi melalui Integrasi Sistem Informasi Keuangan. Journal of Research and Application: Accounting and Management, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.18382/jraam.v4i1.001 DOI: https://doi.org/10.18382/jraam.v4i1.001
Merlina, Nuraini, A. (2020). Analisis Persepsi Dosen Akuntansi Dan Mahasiswa Akuntansi Mengenai Peranan Akuntan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Analis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia, 4(2), 149–162. DOI: https://doi.org/10.36339/jaspt.v4i2.347
Mukhtar, G., & Muhammad, H. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi pada Perguruan Tinggi. Jurnal Akmen, 17(2), 173–182. DOI: https://doi.org/10.37476/akmen.v17i2.888
Nursobah, N. (2021). Penerapan Metode Preference Selection Index (PSI) Dalam Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Program Studi IT di Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(3), 1045–1051. DOI: https://doi.org/10.30865/mib.v5i3.3081
Putri Nanda Leri, Elfitri Santi, & Irda Rosita. (2022). Pengaruh Minat, Dukungan Orang Tua dan Citra Kampus terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang (Studi Empiris pada Mahasiswa Program Studi D-III dan D-IV Akuntansi Politeknik Negeri Padang). Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia (JABEI), 1(1), 79–85. https://doi.org/10.30630/jabei.v1i1.14 DOI: https://doi.org/10.30630/jabei.v1i1.14
Rifda Ramadina, Nadia Sabrina Siregar, AryaTantri, Nurul Anjani Daulay, Malik Ubaydillah, & Muhammad Rizki Maulan. (2023). Peran Supervisi Pendidikan Terhadap Peningkatan Mutu Belajar dan mengajar. Sublim: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–16. DOI: https://doi.org/10.33487/sublim.v1i1.5602
Sepriyadi, M. I. ;, Wardani, A., Syahfitri, M., Alfayyadh, M., & Resmaliana, R. (2023). Analisis Business Model Canvas (BMC) Pada UMKM Cimol Aa di Kota Tanjungpinang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 2270–2281.
Siswanto, I., Hasibuan, L., US, K. A., & Ridhwan, M. (2021). Dampak Budaya Kampus terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Tempat Kuliah. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i2.292 DOI: https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i2.292
Soebijono, T, Erstiawan, MS. (2022). Audit Sistem Informasi menggunakan framework cobit pada sekolah tinggi “X” Surabaya. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 10(1), 71–81. DOI: https://doi.org/10.21067/jrma.v10i1.6652
Sudarmono, S., Hasibuan, L., & Us, K. A. (2020). Pembiayaan pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 266–280. DOI: https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.448
Sunandi, I., Juliati, J., Hermawan, W., & Ramadhan, G. (2023). Dampak Integrasi Teknologi pada Pengalaman Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3046–3054.
Tarigan, M., Nanda, M. F. D., Humayrah, U., & Ritonga, N. (2023). Berpikir Berdasarkan Teori-Teori Filsafat (Analisis Pola Berpikir Mahasiswa UINSU Medan). Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 311–320. DOI: https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i3.6702
Undang-Undang No.12 tentang Pendidikan Tinggi. Pendidikan Tinggi. , Pub. L. No. 12, Republik Indonesia 1 (2012). Indonesia : Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudoyono.
Widayat, P. (2018). Peran Akreditasi Dalam Menarik Minat Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta Bermutu Di Kota Pekanbaru. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(2), 199–207. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i2.574 DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v4i2.574
Yuniati, R., & Mukti, P. (2018). Analisis 4P (Product, Price, Place, Dan Promotion) Dalam Pengambilan Keputusan Calon Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Perseptual, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.24176/perseptual.v2i1.2217 DOI: https://doi.org/10.24176/perseptual.v2i1.2217
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Haryanto Tanuwijaya, Martinus Sony Erstiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0