Pengenalan Teknik Robotika untuk Anak Sekolah Dasar SDN Margorejo 1 Surabaya

Authors

  • Agung Kridoyono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mochamad Sidqon Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Anton Breva Yunanda Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Istantyo Yuwono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Aris Sudaryanto Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.410

Keywords:

Pembelajaran Dini, Robotika, Line Follower, STEM

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep dasar robotika dengan jenis model robot mobile berupa line follower kepada anak-anak Sekolah Dasar Margorejo 1 Surabaya. Kegiatan ini dianggap mendesak mengingat pentingnya penguasaan keterampilan teknologi dan pengenalan dini terhadap bidang STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) yang semakin relevan dalam era digital saat ini. Metode pelaksanaan meliputi serangkaian kegiatan seperti workshop, demo, dan sesi praktik yang mencakup materi dasar-dasar robotika, konsep line follower, pengenalan komponen robotika, serta pemrograman logika menggunakan platform yang ramah anak. Hasil evaluasi dan umpan balik dari peserta diukur menggunakan System Usability Scale (SUS), yang akan menjadi dasar untuk penyempurnaan kegiatan selanjutnya. Dengan demikian, pengabdian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya memperluas wawasan teknologi pada anak dan meningkatkan minat mereka terhadap bidang STEM. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifudin, R., Setiawan, A., Abidin, Z., Efrilianda, D. A., & Jumanto, J. (2022). Pembelajaran STEM Berbasis Robotika Sederhana Bagi Guru Sekolah Dasar di Karimunjawa. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 570. https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.825

Aristawati, F. A., & Budiyanto, C. (2017). Penerapan Robotika Dalam Pembelajaran STEM:Kajian Pustaka. Prosiding Seminar Nasional UNS Vocational Day, 2, 440–446. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/uvd/article/download/15854/pdf

Bers, M. U., Flannery, L., Kazakoff, E. R., & Sullivan, A. (2014). Computational thinking and tinkering: Exploration of an early childhood robotics curriculum. Computers and Education, 72, 145–157. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.10.020

Bintang, A., Mukti, S., Agrippina, P., Felixia, I., & Dewantoro, G. (2022). Ekstrakurikuler Robotika: Sarana Pengembangan Minat dan Bakat Siswa SD Negeri 02 Salatiga. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 03 No. 01, 65–75.

Eguchi, A. (2015). Educational robotics as a learning tool for promoting rich environments for active learning (REALs). Handbook of Research on Educational Technology Integration and Active Learning, 19–47. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-8363-1.ch002

Estriyanto, Y. (2020). Menanamkan Konsep Pembelajaran Berbasis Steam (Science, Techology, Engineering, Art, and Mathemathics) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Di Pacitan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 13(2), 68–74. https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i2.45124

Fuada, S., Hendriyana, H., Majid, N. W. A., & Sari, N. T. A. (2022). Pengenalan Teknologi Robot Sederhana Line Follower Pada Anak-Anak Desa. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1210. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10161

Gubenko, A., Kirsch, C., Smilek, J. N., Lubart, T., & Houssemand, C. (2021). Educational Robotics and Robot Creativity: An Interdisciplinary Dialogue. Frontiers in Robotics and AI, 8(June), 1–14. https://doi.org/10.3389/frobt.2021.662030

Hanik, E. U., Ulfa, M., Harfiyani, Z., Septiyani, F., Sabila, N., & Halimah, N. (2021). Pembelajaran berbasis STEM melalui Media Robotika untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Abad 21 Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). ICIE: International Conference on Islamic Education, 1(1), 83–96.

Hannan, A., Jobayer Bin Bakkre, M. A., Jobayer Bin Bakkre, M., Selim Hossain, M., & Chandra Ray, R. (2015). An Intelligent Line Follower Using Ldr Sensor. Article in American Journal of Engineering Research, (11), 92–102. Retrieved from www.ajer.org

Hendrik, B., & Awal, H. (2022). Pengenalan Teknologi Robot Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal PKM BANGSA, 1(1), 46–52. Retrieved from https://rcf-indonesia.org/jurnal/index.php/bangsa

Jamal, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Robot Line Follower Berbasis STM32. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 710–718. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.784

Januar, E. (2022). Pengembangan Media Robot Malin Kundang Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 591–604. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.530

Leotman, B. D., Syaka, D. R. B., & Priyono. (2017). Pengembangan Robot Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Ekstrakurikuler Robotik Studi Kasus Smp Almuslim Bekasi. Jurnal Pendidikan Teknik Dan Vokasional, 2(2), 32–41. Retrieved from https://doi.org/10.21009/JPTV.2.2.4

Long, R., & Davis, S. (2017). Using STEAM to Increase Engagement and Literacy Across Disciplines. Steam, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.5642/steam.20170301.07

Nisa’, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 001. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283

Nufiari, M. P. (2020). Pengaruh Kegiatan Robotika terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Anak Usia 5 Tahun. Repository.Uinjkt.Ac.Id. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61516%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/61516/1/Skripsi %28Watermark%29 - Muthia Putri Nufiari %2811160184000055%29.pdf

Nurfatimah, S. &. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(September), 121–138.

Rahmah, R., & Raihanah, R. (2023). Analysis of the Implementation of Early Childhood Education in Ceria PAUD and Sekar Bangsa PAUD. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(3), 1489. https://doi.org/10.35931/aq.v17i3.2144

Sujito, S., Sendari, S., Elmunsyah, H., Jiono, M., Santika Agustin, R., & Tahfidlul Azmi, M. (2022). Pengembangan trainer robot line follower dan revitalisasi pembelajaran abad 21 menuju era society 5.0 di SMK Negeri 1 Kras Kediri. Unri Conference Series: Community Engagement, 3, 680–683. https://doi.org/10.31258/unricsce.3.680-683

Vidyasari, R. I., & Triyanto, A. (2023). E-DIMAS. 14(3), 477–481.

Wahyuajati, B. B., Meganova, S., Wicaksono, M. B., Anurogo, B. L., Erna, K., & Sinaga, C. (2023). Robot Wobot Sebagai Media Pengenalan Materi Steam Pada Pembelajaran Anak Usia Dini Di Tk-Pg Kalyca Montessori School. Journal of Community Service (JCOS), 1(3), 102–110. Retrieved from https://doi.org/10.56855/jcos.v1i3.391

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-05-31

How to Cite

Kridoyono, A., Sidqon, M., Yunanda, A. B., Yuwono, I., & Sudaryanto, A. (2024). Pengenalan Teknik Robotika untuk Anak Sekolah Dasar SDN Margorejo 1 Surabaya. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 339–355. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.410

Issue

Section

Articles