Pengenalan Teknik Robotika untuk Anak Sekolah Dasar SDN Margorejo 1 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.410Keywords:
Pembelajaran Dini, Robotika, Line Follower, STEMAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep dasar robotika dengan jenis model robot mobile berupa line follower kepada anak-anak Sekolah Dasar Margorejo 1 Surabaya. Kegiatan ini dianggap mendesak mengingat pentingnya penguasaan keterampilan teknologi dan pengenalan dini terhadap bidang STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) yang semakin relevan dalam era digital saat ini. Metode pelaksanaan meliputi serangkaian kegiatan seperti workshop, demo, dan sesi praktik yang mencakup materi dasar-dasar robotika, konsep line follower, pengenalan komponen robotika, serta pemrograman logika menggunakan platform yang ramah anak. Hasil evaluasi dan umpan balik dari peserta diukur menggunakan System Usability Scale (SUS), yang akan menjadi dasar untuk penyempurnaan kegiatan selanjutnya. Dengan demikian, pengabdian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya memperluas wawasan teknologi pada anak dan meningkatkan minat mereka terhadap bidang STEM.
Downloads
References
Arifudin, R., Setiawan, A., Abidin, Z., Efrilianda, D. A., & Jumanto, J. (2022). Pembelajaran STEM Berbasis Robotika Sederhana Bagi Guru Sekolah Dasar di Karimunjawa. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 570. https://doi.org/10.33633/ja.v5i3.825
Aristawati, F. A., & Budiyanto, C. (2017). Penerapan Robotika Dalam Pembelajaran STEM:Kajian Pustaka. Prosiding Seminar Nasional UNS Vocational Day, 2, 440–446. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/uvd/article/download/15854/pdf
Bers, M. U., Flannery, L., Kazakoff, E. R., & Sullivan, A. (2014). Computational thinking and tinkering: Exploration of an early childhood robotics curriculum. Computers and Education, 72, 145–157. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.10.020
Bintang, A., Mukti, S., Agrippina, P., Felixia, I., & Dewantoro, G. (2022). Ekstrakurikuler Robotika: Sarana Pengembangan Minat dan Bakat Siswa SD Negeri 02 Salatiga. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 03 No. 01, 65–75.
Eguchi, A. (2015). Educational robotics as a learning tool for promoting rich environments for active learning (REALs). Handbook of Research on Educational Technology Integration and Active Learning, 19–47. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-8363-1.ch002
Estriyanto, Y. (2020). Menanamkan Konsep Pembelajaran Berbasis Steam (Science, Techology, Engineering, Art, and Mathemathics) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Di Pacitan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 13(2), 68–74. https://doi.org/10.20961/jiptek.v13i2.45124
Fuada, S., Hendriyana, H., Majid, N. W. A., & Sari, N. T. A. (2022). Pengenalan Teknologi Robot Sederhana Line Follower Pada Anak-Anak Desa. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1210. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10161
Gubenko, A., Kirsch, C., Smilek, J. N., Lubart, T., & Houssemand, C. (2021). Educational Robotics and Robot Creativity: An Interdisciplinary Dialogue. Frontiers in Robotics and AI, 8(June), 1–14. https://doi.org/10.3389/frobt.2021.662030
Hanik, E. U., Ulfa, M., Harfiyani, Z., Septiyani, F., Sabila, N., & Halimah, N. (2021). Pembelajaran berbasis STEM melalui Media Robotika untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Abad 21 Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). ICIE: International Conference on Islamic Education, 1(1), 83–96.
Hannan, A., Jobayer Bin Bakkre, M. A., Jobayer Bin Bakkre, M., Selim Hossain, M., & Chandra Ray, R. (2015). An Intelligent Line Follower Using Ldr Sensor. Article in American Journal of Engineering Research, (11), 92–102. Retrieved from www.ajer.org
Hendrik, B., & Awal, H. (2022). Pengenalan Teknologi Robot Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal PKM BANGSA, 1(1), 46–52. Retrieved from https://rcf-indonesia.org/jurnal/index.php/bangsa
Jamal, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Robot Line Follower Berbasis STM32. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 710–718. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.784
Januar, E. (2022). Pengembangan Media Robot Malin Kundang Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 591–604. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.530
Leotman, B. D., Syaka, D. R. B., & Priyono. (2017). Pengembangan Robot Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Ekstrakurikuler Robotik Studi Kasus Smp Almuslim Bekasi. Jurnal Pendidikan Teknik Dan Vokasional, 2(2), 32–41. Retrieved from https://doi.org/10.21009/JPTV.2.2.4
Long, R., & Davis, S. (2017). Using STEAM to Increase Engagement and Literacy Across Disciplines. Steam, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.5642/steam.20170301.07
Nisa’, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 001. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283
Nufiari, M. P. (2020). Pengaruh Kegiatan Robotika terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Anak Usia 5 Tahun. Repository.Uinjkt.Ac.Id. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61516%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/61516/1/Skripsi %28Watermark%29 - Muthia Putri Nufiari %2811160184000055%29.pdf
Nurfatimah, S. &. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(September), 121–138.
Rahmah, R., & Raihanah, R. (2023). Analysis of the Implementation of Early Childhood Education in Ceria PAUD and Sekar Bangsa PAUD. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(3), 1489. https://doi.org/10.35931/aq.v17i3.2144
Sujito, S., Sendari, S., Elmunsyah, H., Jiono, M., Santika Agustin, R., & Tahfidlul Azmi, M. (2022). Pengembangan trainer robot line follower dan revitalisasi pembelajaran abad 21 menuju era society 5.0 di SMK Negeri 1 Kras Kediri. Unri Conference Series: Community Engagement, 3, 680–683. https://doi.org/10.31258/unricsce.3.680-683
Vidyasari, R. I., & Triyanto, A. (2023). E-DIMAS. 14(3), 477–481.
Wahyuajati, B. B., Meganova, S., Wicaksono, M. B., Anurogo, B. L., Erna, K., & Sinaga, C. (2023). Robot Wobot Sebagai Media Pengenalan Materi Steam Pada Pembelajaran Anak Usia Dini Di Tk-Pg Kalyca Montessori School. Journal of Community Service (JCOS), 1(3), 102–110. Retrieved from https://doi.org/10.56855/jcos.v1i3.391
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agung Kridoyono, Mochamad Sidqon, Anton Breva Yunanda, Istantyo Yuwono, Aris Sudaryanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0