Bersama untuk Kemanusiaan: Pengembangan Keterampilan dan Dukungan Psikososial bagi Refugees

Authors

  • Nur Aeni Universitas Negeri Makassar
  • Chairil Anwar Korompot Universitas Negeri Makassar
  • Ryan Rayhana S Universitas Negeri Makassar
  • Muhalim Universitas Negeri Makassar
  • Asriati Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.471

Keywords:

Pengajaran Bahasa Inggris, Pengungsi, Integrasi Sosial

Abstract

Latar Belakang: Pengajaran Bahasa Inggris bagi pengungsi memiliki dampak signifikan dalam kehidupan mereka di lingkungan baru. Tujuan: Tujuan PkM ini adalah memberikan pengajaran Bahasa Inggris kepada pengungsi melalui program "Proyek Kemanusiaan" yang dilaksanakan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UNM. Program ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi, tetapi juga menjadi jembatan integrasi pengungsi ke dalam masyarakat baru. Metode: Metode pengajaran ini melibatkan observasi dan wawancara untuk menilai tingkat pemahaman Bahasa Inggris mereka, diikuti dengan pemisahan kelas menjadi kelompok anak-anak, remaja, dan dewasa, baik pria maupun wanita. Hasil: Hasilnya menunjukkan bahwa pengajaran Bahasa Inggris bukan hanya menghasilkan keterampilan berbahasa, tetapi juga menciptakan lingkungan inklusif yang mendukung bagi pengungsi. Kesimpulan: Studi sebelumnya mengkonfirmasi bahwa pengajaran Bahasa Inggris yang disesuaikan dengan kebutuhan pengungsi meningkatkan integrasi sosial dan memperluas akses mereka terhadap pendidikan dan peluang pekerjaan. Dengan demikian, Proyek Kemanusiaan merupakan langkah positif dalam mendukung pengungsi di Makassar dalam meraih tujuan pendidikan mereka. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, N., Jabu, B., Rahman, M. A., & Strid, J. E. (2017). English Oral Communication Apprehension in Students of Indonesian Maritime. International Journal of English Linguistics, 7(4), 158. https://doi.org/10.5539/ijel.v7n4p158

Aeni, N., Nur, S., & Yunus, M. (n.d.). Promoting EFL Students’ Engagement by Using Bamboozle: Digital Game-Based Learning in Indonesian Higher Education.

Aeni, N., Saud, S., Yunus, M., & Strid, J. E. (2023). Interest of the Students in the Lecturer’s Teaching Performance in the Hybrid Classroom. 7(1). https://ojs.unm.ac.id/eralingua

Far-Far, G., Ima, W., Pusparani, R., & Urlialy, G. (2024). Sosialisasi dan Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology Bagi Guru Sejarah SMA/MA Se-Kecamatan Kairatu. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 194–205. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.297

Habsy, B. A., Shidqah, S. B., Amali, A. N., & Fadhilla, I. N. (2023). Lingkungan Positif dalam Mendukung Pembelajaran. TSAQOFAH, 4(1), 211–216. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2162

Hasibuan, R. P., Jarti, N., & Putri, W. L. (2024). Pemberdayaan Remaja Melalui Pelatihan Keterampilan Penggunaan Program Aplikasi Microsoft Office. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 356–363. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.413

Misnawati. (2023). Crossing Language Boundaries Through Literary And Cultural Diplomacy. Pedagogik Jurnal Pendidikan, Volume 18 Nomor 2, 185–193. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5538

Muharlisiani, L. T., Wibowo, A. H., & Suryarini, D. Y. (2023). Pelatihan TOEFL untuk Siswa di MA AL Ishlah Sendangagung Lamongan. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 47–56. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.267

Riwayatiningsih, R., Wicaksono, A., & Puji, M. P. (2021). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Guru Bahasa Inggris di Kediri melalui Pelatihan Public Speaking (Vol. 1, Issue 2). Online.

Sholihah, S. M., Wahyuningtyas, N., & Ruja, I. N. (2022). STRATEGI ADAPTASI BELAJAR SISWA KAMPUNG INGGRIS DI ERA NEW NORMAL. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 847. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8792

Siregar, U. D. (2023). Bahasa Inggris sebagai Bahasa Komunikasi Bisnis di Era Globalisasi. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01), 129–135. https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2608

Susanto, A., Sentana, R. M., & Ilahi, R. (2024). Meningkatkan Kompetensi Profesionalitas Guru MIN 3 Kota Padang dengan Pelatihan Berhitung Cepat. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 216–224. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.357

Tanuwijaya, H., & Erstiawan, M. S. (2024). Peningkatan Pengetahuan Pendidikan Tinggi Bagi Peserta Didik SMA Barunawati Surabaya. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 287–302. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.374

Tauhid, K., & Maulida, ; | Pinkan. (2024). Pentingnya Bahasa Inggris Dalam Kehidupan Sehari-hari (Vol. 3). https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12600

Widiatmoko, P., Endarto, I. T., & Wati, M. (2024). Pelatihan Bahasa Inggris bagi Pelaku Wisata dalam Program MBKM Pembangunan Desa. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 256–266. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.367

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-05

How to Cite

Aeni, N., Korompot, C. A., Rayhana S, R., Muhalim, M., & Asriati, A. (2024). Bersama untuk Kemanusiaan: Pengembangan Keterampilan dan Dukungan Psikososial bagi Refugees. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 42–50. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.471