Pelatihan dan Pendampingan Pemasaran Digital Pada UMKM Griya Kreatif Deyalina untuk Meningkatkan Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.490Keywords:
Pelatihan, Pendampingan, Pemasaran Digital, PenjualanAbstract
Latar Belakang: Pemasaran digital merupakan elemen krusial dalam strategi bisnis. Namun sejumlah besar UMKM mengalami kendala dalam mengadopsi dan mengoptimalkan teknologi digital untuk keperluan pemasaran. Fenomena ini juga dialami oleh UMKM Griya Kreatif Deyalina. Salah satu penyebabnya adalah belum optimalnya implementasi strategi pemasaran digital. Tujuan: pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelatihan dan pendampingan pemasaran digital Griya Kreatif Deyalina. Metode: Desain pengabdian kepada Masyarakat menggunakan tahapan desain intruksional Kemp Waktu pelaksanaan pengabdian selama 6 bulan. Subyek pengabdian adalah kelompok pemilik dan pengelola “Griya Kreatif Deliyana” di Kelurahan Werungotok, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Hasil: hasil pengabdian kepada masyarakat yakni pelaksanaan pelatihan dan pendampingan pembuatan konten yang menarik melalui alat-alat bantu (tools) baik software atau hardware pada tanggal 20 September 2024, pelatihan dan pendampingan manajemen DPB pada tanggal 24 September 2024, pelatihan dan pendampingan manajemen platform marketplace pada tanggal 27 September 2024. Kesimpulan: kesimpulan dari kegiatan ini yakni pelaksanaan pelatihan dan pendampingan pembuatan konten yang menarik melalui alat-alat bantu (tools) baik software atau hardware, pelatihan dan pendampingan manajemen DPB, pelatihan dan pendampingan manajemen platform marketplace terlaksana dengan lancar dan menghasilkan pengetahuan baru terkait pemasaran digital pada UMKM Griya Kreatif Deyalina.
Downloads
References
Bambang, S., & Abdur, R. (2019). Implementasi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Umkm Pamokolan Ciamis. Jurnal PRODUKTIF, 3(2), 254–261. http://www.journal.umtas.ac.id/index.php/produktif/article/view/669
Bariqi, M. D., & Program. (2018). Latihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 64–69. https://doi.org/10.46306/ncabet.v3i1.128
Eva Desembrianita, Sunarni, Fauziah Nur Hutauruk, Fajriani Azis, & Yusuf Iskandar. (2023). Dampak Implementasi Teknologi Informasi terhadap Efisiensi Biaya Pemasaran pada UMKM di Jawa Barat: PersEva Desembrianita, Sunarni, Fauziah Nur Hutauruk, Fajriani Azis, & Yusuf Iskandar. (2023). Dampak Implementasi Teknologi Informasi terhadap Efisiensi B. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 58–67.
Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 1(9), 25–43. https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v1i1.23
Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(1), 98. https://doi.org/10.47201/jamin.v5i1.109
Mariam, S., & Ramli, A. H. (2023). Digital Marketing Unggul Untuk Peningkatan Pemasaran Umkm Di Kota Jakarta Barat. Indonesian C Ollaboration Journal of Community Services, 3(4), 379–390.
Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., Siregar, L. D., Andriana, I., & Thamrin, K. M. H. (2021). Menjadi "UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 17–28. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i1.568
Muhammad, B. L., & Utami, T. L. W. (2023). Penerapan Pemasaran Digital Sebagai Media Promosi. Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technollog, 2(1), 1–8. https://journal.unimma.ac.id
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Reken Feky, Modding Basri, D. R. (2024). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. 11(1), 49–61.
Robby Aditya, R. Y. R. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 17–28. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.29
Rohmawati, T., Selvia, E., Monica, E., Welizaro, R., & Saputra, H. (2021). Teknologi pemasaran digital untuk branding. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(3), 638. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i3.479
Rosyadi, M. Z. (2018). Novi Tri Hariyanti_2018_Pengaruh influencer marketing sebagai strategi pemasaran digital era modern_VOL 15. Manajemen Dan Inovasi (MANOVA) Volume 1 Nomor 2, 1, 2.
Shabrina, V. G. (2019). Pengaruh Revolusi Digital terhadap Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 131–141. https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.16
Sundari, S., & Lestari, H. D. (2022). Pemasaran digital dalam perusahaan. WIKUACITYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 94–99. https://wikuacitya.unwiku.ac.id/JurnalWikuacitya:JurnalPengabdianMasyarakat//94
Suratman, & Riyant, E. (2020). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan. Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan, 8(1), 165–175. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf
Ulfah, F., Nur, K., Salsabila, S., Safitri, Y., Evanita, S., & ... (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Keju Lasi). Jurnal Pendidikan …, 5, 2795–2805. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1277%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/1277/1146
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hariyono, Vera Septi Andrini, Addin Zuhrotul Aini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0