Upaya Upaya Pendampingan Siswa dalam Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar di MTS Al-Amien
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.495Keywords:
Pertolongan Pertama, Luka Bakar, Pendampingan, Pendidikan KesehatanAbstract
Latar Belakang : Luka bakar merupakan jenis cedera yang sering terjadi di lingkungan sekolah dan memerlukan penanganan segera untuk mencegah komplikasi serius. Urgensinya ketika siswa terpapar kondisi luka bakar, dapat melakukan pertolongan pertama, minimal untuk dirinya senndiri ataupun orang disekitarnya Tujuan: meningkatkan pengetahuan siswa MTs Al-Amien tentang pertolongan pertama pada luka bakar dengan memberikan pendampingan. Metode: ceramah, demonstrasi, dan simulasi. Materi pendampingan mencakup jenis-jenis luka bakar, langkah-langkah pertolongan pertama, dan teknik penanganan yang benar. Evaluasi dilakukan dengan pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pengetahuan siswa. Hasil: Setelah diberikan pendampingan tentang pertolongan pertama pada luka bakar, dilakukan evaluasi dengan memberi pertanyaan kepada peserta. Peningkatan pengetahuan diketahui ketika mampu menjawab pertanyaan setelah dilakukan kegiatan penyuluhan. Mereka mampu menyebutkan dengan benar tentang luka bakar dan langkah apa saja yang harus dilakukan ketika bertemu dengan penderita, serta bagaimana cara meminta bantuan. Kesimpulan: Pendampingan melalui pendidikan kesehatan tentang pertolongan pertama pada luka bakar sangat efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi situasi darurat di sekolah. Program ini diharapkan dapat menjadi model untuk kegiatan serupa di sekolah lain guna meningkatkan keselamatan dan kesehatan siswa.
Downloads
References
Asih, Y. (Ed.). (1995). Kader Kesehatan Masyaraat (The Community Health Worker). EGC.
Cahyadi, I. (2022). Bagaimana Jika Mengalami Luka Gores dan Luka Bakar. Victory Pustaka Media.
Giovany, Pamungkas & Inayah, 2015. (2019). Peningkatan Pengetahuan Bahaya Luka Bakar Dan P3K Kegawatan Luka Bakar Pada Anggota Ranting Aisyiyah. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat IV Tahun 2019 “Pengembangan Sumberdaya Menuju Masyarakat Madani Berkearifan Lokal” LPPM - Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 103–106.
Haikal, S. M. S., & Susilo, A. P. (2021). Kontinuitas Perawatan Dan Pencegahan Komplikasi Pada Luka Bakar. Jurnal Kedokteran Mulawarman, 8(1), 32. https://doi.org/10.30872/j.ked.mulawarman.v8i1.5881
Hariana, A. (2008). 812 Resep untuk Mengobati 236 Penyakit. Penebar Swadaya.
Herlianita, R., Ruhyanudin, F., Wahyuningsih, I., Husna, C. H. Al, Ubaidillah, Z., Theovany, A. T., & Pratiwi, Y. E. (2020). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikap dan praktik pada pertolongan pertama penanganan luka bakar. Holistik Jurnal Kesehatan, 14(2), 163–169. https://doi.org/10.33024/hjk.v14i2.2825
Moenadjat. (2017). LUKA BAKAR Pengetahuan untuk Awam. Departemen Ilmu Bedah FKUI, RS Dr. Cipto Mangunkusumo.
Mohamad, K. (2005). Pertolongan Pertama. Gramedia.
Ningsih, S., Isa, Y., Qosim, A., & Kuswanto, J. (2021). Pelatihan Blended Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 102–111. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V1I2.25
Noer, S. dkk. (2024). Emergency Management of Major Burn (L. Hariani, Ed.). Airlangga University Press.
Olivia, R., Oktavia, A. R., & Susanti, D. (2023). Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Pertolongan Pertama Kejadian Luka Bakar Pada Anak. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(3), 969–978.
Puspitasari, D., Ulfah, M., Ramadhan, I., Dina, Y. F., & Wijayati, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 135–148. https://doi.org/10.53624/PTK.V4I1.295
Rahayuningsih, T. (2020). Penatalaksanaan Luka Bakar (Combustio). Profesi, 08(September), 1–13.
Riatun, R., Dewi, H. L. C., Stephani, N., Alvin, S., & Mujiono, M. (2023). Towards Smart School: Implementation of Learning Management System in Kemuning Village Primary School. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 182–192. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V3I2.209
Santoso, A. M., Hanggara, G. S., Afandi, Z., Mujiwati, E. S., Budiono, H., Primandiri, P. R., Setyowidodo, I., Nurfahrudianto, A., Irmayanti, E., Aizah, S., Darmawan, E., Ristanto, R. H., Siswati, B. H., Amin, M., Puspitasari, Y., & Julianto, T. (2021). Penerapan Video Edukasi untuk Meningkatkan Pemahaman Penggunaan Ramuan Herbal Selama Pandemi Covid-19 bagi Kelompok Remaja Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 126–137. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V1I2.34
Saputro, I. (2023). Komplikasi luka bakar. Airlangga University Press.
Sari, S. I., Safitri, W., & Utami, R. D. P. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Praktik Pertolongan Pertama Luka Bakar Pada Ibu Rumah Tangga Di Garen Rt.01/Rw.04 Pandean Ngemplak Boyolali. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 98–105. https://doi.org/10.34035/jk.v9i1.266
Satyanegara, S. (Ed.). (2006). Pertolongan Pertama dan RJP pada Anak (Ed 4). EGC.
Sucipto, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Mendeley sebagai Alat Sinkronisasi Metadata Artikel Ilmiah. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 83–88. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V1I2.23
Waladani, B., Ernawati, & Agina Widyaswara Suwaryo, P. (2021). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Kader Kesehatan Masyarakat Dalam Pertolongan Pertama Dengan Kasus Luka Bakar. Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampiln Keshatan Masyraka Dalam Pertolongan Pertama Dengan Kasus Luka Bakar, 3(1), 185–192.
Zuraidah, Z., & others. (2021). Optimasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyah pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 46–55.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elfi Quyumi Rahmawati, Nirmala Kusumaningrum Sunaryo, Fresty Africia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0