Peningkatan Pengetahuan dan Kemampuan dalam Pemahaman Literasi dan Numerasi di SDN Nglumbang Kec. Gurah Kab. Kediri

Authors

  • Eko Wulaningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dhewi Nurahmawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ardina Rezky Noeraini Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Entin Srihadi Yanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Pingkan Listia Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Niken Ayu Damayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Belarikha Anggraini Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Amilia Febrianti Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.567

Keywords:

Pengetahuan, Pemahaman, Literasi, Numerasi

Abstract

Latar Belakang: Menurut data Asesmen Nasional (AN) tahun 2022, 34,5% siswa SD kelas 4 memiliki tingkat kemampuan literasi yang rendah, banyak siswa sekolah dasar yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep abstrak dalam matematika, seperti pecahan atau pengukuran. Tujuan: Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa SD kelas 5 tentang literasi dan numerasi melalui metode role playing. Metode: Metode yang digunakan adalah penerapan metode roll playing dalam pembelajaran dikelas. Hasil: Literasi siswa mengalami peningkatan dari 69 pada pre-test menjadi 85 pada post-test, yang mencerminkan peningkatan sebesar 23,19% dan nilai numerasi siswa terdapat kenaikanl pada 69  pada pre-test dan 77 post-test sekitar 11,59%. Kesimpulan: Adanya peningkatan pengetahuan dan kemampuan pemahaman litersi dan numerasi siswa di SDN Nglumbang Kec. Gurah Kab. Kediri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, F. (2013). Peran Guru DAlam Kurikulum 2023. Aspirasi: jurnal masalah-masalah sosial, 4(1), 65–74. Diambil dari https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/480

Barizah, B., Alexon, ), Negeri, S. D., & Bengkulu, K. (2018). PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA (Studi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD NEGERI 11 Kota Bengkulu). DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(2), 28–39.

Dantes, N.,& handayani, N. N. . (2021). Peningkatan Literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model Blended Lerning pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. Widyalaya : Journal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. Diambil dari https://jurnal.ekadanta.org/index.php/ Widyalaya/article/view/121

Dianastiti, Y., Rico Andhika Putra, & Gumelar, W. T. G. (2024). Edukasi Pentingnya Literasi Dan Numerasi Bagi Siswa Sekolah Tingkat Dasar. Madiun Spoor : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 70–73. https://doi.org/10.37367/jpm.v4i1.354 DOI: https://doi.org/10.37367/jpm.v4i1.354

GLN ( Gerakan Literasi Nasional). (2017). Panduan Literasi Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasan, M., Nurtrida, N., Arisah, N., & Nuraisyiah, N. (2022). Implementasi Budaya Literasi Melalui Optimalisasi Perpustakaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Eduscience, 9(1), 121–133. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2517 DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2517

Herawan, E. (2021). Literasi Numerasi di Era Digital bagi Pedidik Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung (SENDIKSA-3), 3(1), 23–32. Diambil dari http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/19826

Irvawandi Samad, Nur, M. (2024). View of Kemampuan Literasi Numerasi Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).pdf. DOI: https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3159

Junaidah. (2022). PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM PROSES PEMBELAJARAN. 9(2), 356–363. DOI: https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v17i2.259

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). AKM dan Implikasinya Pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.

Koesoema, D., Sutjipto, Setiawan, D. I., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2019). Pedoman Penilaian dan Evaluasi Gerakan Literasi Nasional. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Lestari, F. L. (2022). Analisis Problematika Dan Pencapaian Siswa Dalam Pelaksanaan Akm Pada Ptm Terbatas. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 1. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6193 DOI: https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6193

Nastiti, M. D., & Dwiyanti, A. N. (2022). Kajian Literatur: Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4q, 04(November), 126–133.

Sulistyono, Bambang Agus, Aprilia Dwi Handayan, Ika Santia,Lina Rihatul Hima,Samijo, D. D. Y. (n.d.). View of IHT tentang Pembelajaran Berdiferensiasi dan Berlitnum (Berpikir Literasi Numerasi) di SD Negeri Pranggang 3 Plosoklaten Kediri.pdf.

Wardhani, J. D., Hikmat, M. H., Sutama, Sidiq, Y., Nurjanah, S., Febrianti, N., … Alim, C. N. (2022). Penguatan Keterampilan Menstimulasi Perkembangan Literasi , Numerasi , dan Life Skill bagi Cikgu di Sanggar Belajar Subang Mewah. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 184–193. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.21284

Yulianti, E., Jaya, I., & Eliza, D. (2019). Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 41–50. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.33 DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.33

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-05-11

How to Cite

Wulaningtyas, E., Nurahmawati, D., Noeraini, A. R., Yanti, E. S., Putri, P. L., Damayanti, N. A., Anggraini, B., & Febrianti, A. (2025). Peningkatan Pengetahuan dan Kemampuan dalam Pemahaman Literasi dan Numerasi di SDN Nglumbang Kec. Gurah Kab. Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 244–251. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.567

Issue

Section

Articles