Peningkatan Pengetahuan dan Kemampuan dalam Pemahaman Literasi dan Numerasi di SDN Nglumbang Kec. Gurah Kab. Kediri
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.567Keywords:
Pengetahuan, Pemahaman, Literasi, NumerasiAbstract
Latar Belakang: Menurut data Asesmen Nasional (AN) tahun 2022, 34,5% siswa SD kelas 4 memiliki tingkat kemampuan literasi yang rendah, banyak siswa sekolah dasar yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep abstrak dalam matematika, seperti pecahan atau pengukuran. Tujuan: Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa SD kelas 5 tentang literasi dan numerasi melalui metode role playing. Metode: Metode yang digunakan adalah penerapan metode roll playing dalam pembelajaran dikelas. Hasil: Literasi siswa mengalami peningkatan dari 69 pada pre-test menjadi 85 pada post-test, yang mencerminkan peningkatan sebesar 23,19% dan nilai numerasi siswa terdapat kenaikanl pada 69 pada pre-test dan 77 post-test sekitar 11,59%. Kesimpulan: Adanya peningkatan pengetahuan dan kemampuan pemahaman litersi dan numerasi siswa di SDN Nglumbang Kec. Gurah Kab. Kediri.
Downloads
References
Alawiyah, F. (2013). Peran Guru DAlam Kurikulum 2023. Aspirasi: jurnal masalah-masalah sosial, 4(1), 65–74. Diambil dari https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/480
Barizah, B., Alexon, ), Negeri, S. D., & Bengkulu, K. (2018). PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA (Studi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD NEGERI 11 Kota Bengkulu). DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(2), 28–39.
Dantes, N.,& handayani, N. N. . (2021). Peningkatan Literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model Blended Lerning pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. Widyalaya : Journal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. Diambil dari https://jurnal.ekadanta.org/index.php/ Widyalaya/article/view/121
Dianastiti, Y., Rico Andhika Putra, & Gumelar, W. T. G. (2024). Edukasi Pentingnya Literasi Dan Numerasi Bagi Siswa Sekolah Tingkat Dasar. Madiun Spoor : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 70–73. https://doi.org/10.37367/jpm.v4i1.354 DOI: https://doi.org/10.37367/jpm.v4i1.354
GLN ( Gerakan Literasi Nasional). (2017). Panduan Literasi Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hasan, M., Nurtrida, N., Arisah, N., & Nuraisyiah, N. (2022). Implementasi Budaya Literasi Melalui Optimalisasi Perpustakaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Eduscience, 9(1), 121–133. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2517 DOI: https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2517
Herawan, E. (2021). Literasi Numerasi di Era Digital bagi Pedidik Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung (SENDIKSA-3), 3(1), 23–32. Diambil dari http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/19826
Irvawandi Samad, Nur, M. (2024). View of Kemampuan Literasi Numerasi Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).pdf. DOI: https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3159
Junaidah. (2022). PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM PROSES PEMBELAJARAN. 9(2), 356–363. DOI: https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v17i2.259
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). AKM dan Implikasinya Pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.
Koesoema, D., Sutjipto, Setiawan, D. I., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2019). Pedoman Penilaian dan Evaluasi Gerakan Literasi Nasional. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Lestari, F. L. (2022). Analisis Problematika Dan Pencapaian Siswa Dalam Pelaksanaan Akm Pada Ptm Terbatas. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 1. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6193 DOI: https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6193
Nastiti, M. D., & Dwiyanti, A. N. (2022). Kajian Literatur: Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4q, 04(November), 126–133.
Sulistyono, Bambang Agus, Aprilia Dwi Handayan, Ika Santia,Lina Rihatul Hima,Samijo, D. D. Y. (n.d.). View of IHT tentang Pembelajaran Berdiferensiasi dan Berlitnum (Berpikir Literasi Numerasi) di SD Negeri Pranggang 3 Plosoklaten Kediri.pdf.
Wardhani, J. D., Hikmat, M. H., Sutama, Sidiq, Y., Nurjanah, S., Febrianti, N., … Alim, C. N. (2022). Penguatan Keterampilan Menstimulasi Perkembangan Literasi , Numerasi , dan Life Skill bagi Cikgu di Sanggar Belajar Subang Mewah. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 184–193. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.21284
Yulianti, E., Jaya, I., & Eliza, D. (2019). Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 41–50. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.33 DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.33
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eko Wulaningtyas, Dhewi Nurahmawati, Ardina Rezky Noeraini, Entin Srihadi Yanti, Pingkan Listia Putri, Niken Ayu Damayanti, Belarikha Anggraini, Amilia Febrianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0