Peningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas X TPT 1 SMK Negeri 1 Gempol
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i1.6Keywords:
Hasi belajar siswa, aktivitas siswa, model discovery learningAbstract
Hasil belajar dan aktivitas siswa ditanamkan kepada siswa melalui beberapa metode dikelas kita menyadari bahwa pada dasarnya manusia membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya, Agar dengan pendidikan potensi dirinya dapat berkembang melalui proses pembelajaran atau cara lain yang dikenal dan dilakukan oleh masyarakat. Pengamatan awal yang dilakukan terhadap 36 siswa tingkat hasil belajar dan aktifitas siswa rendah, hal ini diduga penyebabnya adalah pembelajaran disekolah masih menggunakan metode ceramah (membosankan ) dan kurang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga hasil belajar yang belajar yang diperoleh masih kurang atau dibawah kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus 1 setelah kegiatan pelaksanaan pembelajaran selesai dilaksanakan, maka peneliti melakukan refleksi dari kegiatan yang dilaksanakan. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung terdapat beberapa kendala yang terjadi pada siklus 1, diantaranya siswa kurang aktif dalam pembelajaran karena jumlah anggota kelompok yang terlalau banyak yaitu 6 siswa, dan hanya melihat tayangan video tentang materi pembelajaran sehingga siswa merasa bosan jadi, dalam siklus 2 akan lebih diperbaiki lagi agar hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran lebih meningkat lagi. Hasil belajar dan aktivitas siswa pada siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan. Siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning dengan baik dan lebih aktif dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan. Berdasarkan indikator keberhasilan yang ditetapkan 75% maka penelitian ini sudah di nyatakan tuntas pada siklus II. Dengan kata lain, analisis ini menun jukkan model discovery learning mampu meningkatkan hasil belajar dan akivitas siswa.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. (2001). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara/
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Purba, Michael dan Aas Saidah. (2017). Kimia C1 untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Johari, J.M.C. dan M. Rachmawati. (2017). Kimia untuk SMA/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Uno, Hamzah B. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Sunardi, Sujadi, 2017, Sumber Belajar Calon Peserta PLPG Desain Pembelajaran, Jakarta, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Neneng Sofiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0