Peningkatan Keterampilan Menulis Al-Qur'an Santri TPQ Asy-Syifa Bangsal melalui Metode Explicit Instruction
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i1.61Keywords:
menulis Al-Qur'an, santri TPQ, explicit instructionAbstract
Tujuan artikel ini adalah untuk menjelaskan proses pengabdian yang dilakukan oleh pengabdi dan mengetahui bagaimana proses penerapan metode explicit instruction pada pembelajaran menulis Al-Qur'an di TPQ Asy-Syifa. Metode pengabdian yang digunakan yakni Participatory Action Research (PAR) dengan objek pengabdian yaitu seluruh komponen yang ada di TPQ Asy-Syifa. Hasil dari artikel ini menjelaskan bahwa pengabdi dalam pengabdiannya mengidentifikasi masalah dalam metode pembelajaran menulis Al-Qur'an di TPQ Asy-Syifa sehingga perlu dilakukan perbaikan. Metode explicit instruction menjadi pilihan karena metode ini memberikan kesempatan bagi santri untuk mendapatkan pengajaran selangkah demi selangkah. Sehingga, dengan penerapan metode ini santri lebih antusias dan dapat menulis sesuai dengan kaidah penulisan Al-Qur'an yang baik dan benar.
Downloads
References
Abady, Aryati Puspasari. 2013. “Perencanaan Partisipatif Dalam Pembangunan Daerah.” Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan 3(1):25–34. doi: https://doi.org/10.26618/ojip.v3i1.55.
Affandi, Agus. 2016. Modul Participatory Action Research(PAR); Untuk Pengorganisasian Mayarakat (Community Organizing). Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya.
Ahmad, Tafsil Saifuddin. 2020. “Urgensi Pengembangan Diri dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ).” An-Nahdlah; Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Keislaman 6(2):21–45.
Aulia, Vivi. 2019. “Refleksi Pelaksanaan Pembelajaran pada Praktik Mengajar Mahasiswa di Jenjang SD Sederajat untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris.” BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual 4(3):359–78. doi: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i3.355.
Elita, Surya. 2021. “Permasalahan di TPQ Asy-Syifa.”
Hakim, Lukman Nul. 2013. “Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit.” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 4(2):165–72.
Ima, Faisah, dan Puspita Handayani. 2019. “Inovasi Pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Ar-Rahman Desa Ganggang Panjang.” IPTEKS ; Jurnal Pengabdian Masyarakat 5(2):169–75. doi: https://doi.org/10.32528/jpmi.v5i2.2941.
LP2M IAIN Kediri. 2021. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) IAIN Kediri Tahun 2021. Kediri: LP2M IAIN Kediri.
Ningrum, Ayu Puspita, NurAini Dewi, Isna Apriyanti, dan Tambunan’ Roswita Rahmadhani. 2020. “Mengenal pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an.” Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab 6(1):51–56.
Qumayah, Siti. 2014. “Pengorganisasian Komunitas Dalam Membangun Kesadaran Pola Hidup Sehat Di Dusun Sempol Desa Mojomalang Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.
Rahmat, Abdul, dan Mira Mirnawati. 2020. “Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat.” AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6(1):62–71.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sapriyah. 2019. “Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2(1):470–77.
Setyawati, Vincentia Devina, dan Alfiyan Richard. 2020. “Pendampingan Intensifikasi Promosi Sekolah melalui Media Sosial SMPK Indriyasana VII Surabaya.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage 1(2):108–16.
Soedjiwo, Novena Ade Fredyarini. 2019. “Implementasi Mata Kuliah PAR (Participatory Action Research) di TPQ Al-Maghfiroh Denpasar Bali.” Widya Balina; Journal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi 4(8):1–11.
Sudirman, Deden. 2013. “Internalisasi nilai kerjasama pada kuliah kerja mahasiswa berbasis participatory action research sebagai upaya mewujudkan kepedulian sosial.” Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi 5(1):708–30. doi: https://doi.org/10.15575/psy.v6i1.2130.
Suroto. 2015. “Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction Dengan Trainer PLC Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Merakit Sistem PLC.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 22(3):316–23. doi: https://doi.org/10.21831/jptk.v22i3.6838.
Suryani, Wahidah. 2013. “Komunikasi Antar Budaya Yang Efektif.” Jurnal Dakwah Tabligh 14(1):91–100. doi: https://doi.org/10.24252/jdt.v14i1.316.
Syam, Hardisuhardi. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Menulis Surat Pribadi pada Siswa Kelas IV SDN 39 Cakke Enrekang. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar.
Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Cantika Sari Dewi M, Ninik Zuroidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0