Pelatihan Pencegahan Kekerasan Seksual dan Perundungan Pada Santri di Pesantren Mas Ulul Albab Kota Ternate
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.624Keywords:
Pencegahan, Perundungan, PesantrenAbstract
Latar Belakang: Kekerasan seksual dan bullying/perundungan merupakan masalah serius yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental korban, termasuk di lingkungan pendidikan seperti pesantren. Tujuan: Kegaiatan yang dirancang ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan santri di Pondok Pesantren Ulul Al Baab Ternate dalam mencegah kekerasan seksual dan perundungan melalui pelatihan. Metode: Pelatihan dilaksanakan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan simulasi. Hasil: Pengetahuan santri dalam hal pencegahan kekerasan seksual dan bullying/perundungan secara umum meningkat sebanyak 56% dari 31% menjadi 67% stelah pelatihan. Kesimpulan: Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan keamanan dan kesejahteraan di lingkungan pendidikan pesantren serta menjadi acuan bagi pesantren lain dalam mengembangkan program pencegahan kekerasan dan perundungan.
Downloads
References
Apriyani, Tamar, M., & Rialita, R. (2023). Pengaruh Media Audiovisual Hands Only Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) Terhadap Tingkat Pengetahuan Dalam Penanganan Henti Jantung Pada Siswa/I PMR Di SMA Negeri 1 Ujan Mas. JIKA: Jurnal Inspirasi Kesehatan, 1(1), 18–28. https://doi.org/10.52523/jika.v1i1.7 DOI: https://doi.org/10.52523/jika.v1i1.7
Astuty. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengurangi Kasus Bullying di Madrasah. PINCIS: Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies, 1(1), 537–546.
Emilda, E. (2022). Bullying di Pesantren: Jenis, Bentuk, Faktor, dan Upaya Pencegahannya. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 198–207. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2751 DOI: https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2751
Frieswaty, Setiawan, T., & Hermanto, Y. P. (2022). Mengatasi Degradasi Moral Anak Remaja Akibat Pengaruh Media Sosial. Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi, 1(1), 39–53. https://doi.org/10.54553/kharisma.v3i1.81 DOI: https://doi.org/10.54553/kharisma.v3i1.81
Hidayat M, W., Safanah, N. A. A., Awalia, R., B, M. A., & Ansyah, A. (2023). SafeTalk: Pengembangan Sistem Informasi Pelaporan Kasus Pelecehan Seksual dan Bullying untuk Mengatasi Perilaku Kekerasan di Sekolah. Indonesia Technology and Education Journal, 01(02), 94–105. DOI: https://doi.org/10.61255/itej.v1i2.181
Junita, N., & Hafnidar, H. (2022). Pembentukan Komunitas Perlindungan Kekerasan Pada Anak dan Implementasi Kegiatan. Gotong Royong : Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 1(2), 37–42. https://doi.org/10.51849/jp3km.v1i2.10 DOI: https://doi.org/10.51849/jp3km.v1i2.10
Khotimah, R. N., Masitha Arsyati, A., & Saputra Nasution, A. (2022). Gambaran Pengetahuan Remaja Mengenai Seksual Pranikah Di SMA "X” Kota Bogor Tahun 2021. Promotor: Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 5(1), 22–31. https://doi.org/10.32832/pro.v5i1.6125 DOI: https://doi.org/10.32832/pro.v5i1.6125
Marbun, J. (2024). Memahami dan Menghargai Manusia Dalam Tingkatnya Kasus Bullying di Indonesia. Jurnal Kritis Studi Hukum, 9(5), 1–6.
Marhaely, S., Purwanto, A., Aini, R. N., Asyanti, S. D., Sarjan, W., & Paramita, P. (2024). Literatur Review: Model Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Untuk Sekolah. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 826–834.
Noviana, I. (2015). Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Dampak Dan Penanganannya. Sosio Informa, 01(01), 13–28. DOI: https://doi.org/10.33007/inf.v1i1.87
Putri, D. L. (2022). Pengetahuan dan Sikap Remaja berhubungan dengan Pelecehan Seksual di SMK X Kab. Bogor Tahun 2022. Open Access Jakarta Journal of Health Sciences, 1(11), 427–431. https://doi.org/10.53801/oajjhs.v1i11.169 DOI: https://doi.org/10.53801/oajjhs.v1i11.169
Rahman, I. K., Andriana, N., & Syahrozak, S. (2023). Menelisik Fenomena Bullying di Pesantren. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 156–167. DOI: https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i3.1179
Rahmawati, F., & Saputra, B. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Sebagai Konten Online Learning Guru di Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Sumbangsih, 2(1), 118–125. https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.40 DOI: https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.40
Ridwan, F. R. N., & Yustia, D. A. (2024). Pentingnya Pendampingan Hukum Bagi Korban Tindak Pidana Kekerasan Seksual: Kebutuhan dan Keharusan Hukum Pidana. LEGAL STANDING: JURNAL ILMU HUKUM, 8(2), 352–368. https://doi.org/10.24269/ls.v8i1.8545 DOI: https://doi.org/10.24269/ls.v8i2.9022
Salamor, Y. B., & Salamor, A. M. (2022). Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan (Kajian Perbandingan Indonesia-India). Balobe Law Journal, 2(1), 7–11. https://doi.org/10.47268/balobe.v2i1.791 DOI: https://doi.org/10.47268/balobe.v2i1.791
Siswati, Y., & Saputra, M. (2023). Peran Satuan Tugas Anti Bullying Sekolah Dalam Mengatasi Fenomena Perundungan di Sekolah Menengah Atas. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(7), 216–225. https://doi.org/10.56393/decive.v3i7.1656 DOI: https://doi.org/10.56393/decive.v3i7.1656
Sulisrudatin, N. (2015). Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5(2), 57–70. https://doi.org/10.35968/jh.v5i2.109 DOI: https://doi.org/10.35968/jh.v5i2.109
Suparman, S., Bahtiar, B., & Tamalene, M. N. (2018). Penerapan Program Gen Aktif (Generasi Anti Kekerasan, Narkoba, dan Zat Adiktif Lainnya) pada Pelajar Kota Ternate. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 9–16. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.130 DOI: https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.130
Suparman, S., Roini, C., Limatahu, I., Sari, I. J., Hasan, S., & Hasanudin, M. (2023). Pelatihan Bioinformatika Pada Guru MGMP Biologi SMA Kota Ternate dalam Menganalisis Data Genbank. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(9), 3299–3308.
Syafwar, R., Marwenny, E., Fauzi, E., Wahyuni, S., Citra, H., Harniwati, Falillah, A., Puspita, L., & Putra9, Y. D. (2024). Sosialisasi dan Stop ! Perundungan Di Sekolah Menuju Lingkungan Sekolah Bebas Perundungan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas, 03.(01), 46–55. file:///C:/Users/User/Downloads/document.pdf
Veronika, N. D., Saroni, S., & Muntahanah, M. (2022). Aplikasi Pengaduan Bullying Dan Kekerasan Anak Serta Perempuan Menggunakan Location Base Service. Pseudocode, 9(2), 95–105. https://doi.org/10.33369/pseudocode.9.2.95-105 DOI: https://doi.org/10.33369/pseudocode.9.2.95-105
Wahyuni, & Ernawati, S. (2022). Bullying dan Mental Hygiene Santri di Pondok Pesantren Jember. Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 123–133. DOI: https://doi.org/10.56013/edu.v10i2.2029
Zunaidi, A. (2024). METODOLOGI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Pendekatan Praktis untuk Memberdayakan Komunitas (U. S. Hidayatun (ed.); 1st ed., Issue 1). Yayasan Putra Adi Dharma.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suparman, Hasan Hamid, Ade Haerullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0