Pelatihan Guru IPA MTs Swasta di Kecamatan Ternate Selatan dalam Menerapkan Praktikum Keragaman Genetika Makhluk Hidup

Authors

  • Ade Haerullah Universitas Khairun
  • Suparman Universitas Khairun
  • Aswal Salewangeng Universitas Khairun
  • Bahtiar Universitas Khairun
  • Mufti Ali Universitas Siliwangi
  • M Nasir Tamalene Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.257

Keywords:

Dendogram, PAST, Ternate

Abstract

Praktikum keragaman genetik makhluk hidup sangat penting bagi siswa MTs tetapi keterampilan guru-guru MTs swasta di Kecamatan Ternate Selatan masih kurang dalam berpraktikum dan jarang mendapatkan workshop sejenis. Pengabdian yang dilakukan dengan metode pelatihan dan pendampingan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan bagi guru IPA MTs swasta se-Kecamatan Ternate Selatan dalam melaksanakan praktikum keragaman genetik makhluk hidup dengan menggunakan objek tumbuhan sekitar sekolah. Metode yang digunakan ialah pelatihan dan pendampingan mulai dari merencanakan dan pemilihan sampel tumbuhan, menentukan karakter, menghitung persamaan, hingga mendesain dendrogram secara manual dan menggunakan software PAST 4.1. Dua belas guru yang mengikuti pelatihan menunjukan keterampilan membuat dendogram dengan nilai rata-rata 81. Pelatihan praktikum keragaman genetika sangat penting karena dapat membantu para guru MTs dalam menerapkan praktikum di MTs Kota Ternate.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual teaching and learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al-Muta’aliyah, 1(3), 1–14.

Baderan, D. (2016). Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Mangrove Di Kawasan Pesisir Tabulo Selatan, Kabupaten Bualemo, Provinsi Gorontalo. Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah, 41–44.

Darmayanti, N. W. ., Wijaya, I. K. M. W. B., Sanjayanti, N. P. A. ., & Janawati, D. P. A. (2021). Analisis Aspek Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Buku Teks IPA Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 130–145. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16022

Istiani, R. M., & Retnoningsih, A. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Menggunakan Metode Post to Post Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Unnes Journal of Biology Education, 4(1), 70–80. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe

Kati, K., Syarifuddin, A., & Nurfaidah, N. (2020). Analisis Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs. As’adiyah Puteri I Sengkang Kabupaten Wajo. Master of Management Journal, 1(1), 146–154. http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/MM/article/view/208%0Ahttp://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/MM/article/download/208/188

Khaerunnisah, K., Vitasari, M., & Suryani, D. I. (2022). Analisis Pembelajaran IPA Berbasis Praktikum di SMP Negeri se–Kecamatan Pontang Kabupaten Serang. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 346–352. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.346-352

Lepiyanto, A. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795

Ningsih, S., Isa, Y., Qosim, A., & Kuswanto, J. (2021). Pelatihan Blended Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 102–111. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.25

Putri, I. N., & Syuraini, S. (2021). Hubungan Antara Penggunaan Metode Tanya Jawab dengan Partisipasi Peserta Pelatihan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 320–326. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/951

Rohaeni, W. R., & Yunani, N. (2017). Comparative Analysis Result of Local Paddy Kinship Based on Quantitative and Qualitative Characters. Agric, 29(2), 89–102. https://doi.org/10.24246/agric.2017.v29.i2.p89-102

Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 46. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.966

Shorthouse, D. (2022). SimpleMappr, an online tool to produce publication-quality point maps. https://www.simplemappr.net

Sobri, M., Supian, Daud, S. M., & Vahlepi, S. (2022). Pelatihan Guru Agama Berbasis Literasi Digital Kependidikan Di Mts Al-Ihsaniyah Sarang Burung Muaro Jambi. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 204–214. https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.160

Suparman, S., Nurhasanah, N., Bahtiar, B., & DAS, S. (2020). Studi Literasi Taksonomi dan Penelusuran Spesimen Lektotipe Cengkih (Syzygium aromaticum (L.) Merr. & Perry). Techno: Jurnal Penelitian, 9(1), 363. https://doi.org/10.33387/tjp.v9i1.1753

Suryaningsih. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Education, 2(2), 1–23.

Wahyuningtias, E. D., Fauziah, H. N., & Kusumaningrum, A. C. (2021). Ide Guru IPA dalam Melaksanakan Praktikum di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 129–137.

Wilnjeng, I., Setiawan, A., & Liliasari. (2010). Pengembangan Program IPA Terintegrasi Menggunakan Pendekatan Inquiry Bagi Mahasiswa S1 Pendidikan IPA | Wilujeng | Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. In Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (pp. 19–27). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/12193/8685

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-17

How to Cite

Haerullah, A. ., Suparman, S., Salewangeng, A., Bahtiar, B., Ali, M., & Tamalene, M. N. (2023). Pelatihan Guru IPA MTs Swasta di Kecamatan Ternate Selatan dalam Menerapkan Praktikum Keragaman Genetika Makhluk Hidup. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.257