Pelatihan Guru IPA MTs Swasta di Kecamatan Ternate Selatan dalam Menerapkan Praktikum Keragaman Genetika Makhluk Hidup
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.257Keywords:
Dendogram, PAST, TernateAbstract
Praktikum keragaman genetik makhluk hidup sangat penting bagi siswa MTs tetapi keterampilan guru-guru MTs swasta di Kecamatan Ternate Selatan masih kurang dalam berpraktikum dan jarang mendapatkan workshop sejenis. Pengabdian yang dilakukan dengan metode pelatihan dan pendampingan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan bagi guru IPA MTs swasta se-Kecamatan Ternate Selatan dalam melaksanakan praktikum keragaman genetik makhluk hidup dengan menggunakan objek tumbuhan sekitar sekolah. Metode yang digunakan ialah pelatihan dan pendampingan mulai dari merencanakan dan pemilihan sampel tumbuhan, menentukan karakter, menghitung persamaan, hingga mendesain dendrogram secara manual dan menggunakan software PAST 4.1. Dua belas guru yang mengikuti pelatihan menunjukan keterampilan membuat dendogram dengan nilai rata-rata 81. Pelatihan praktikum keragaman genetika sangat penting karena dapat membantu para guru MTs dalam menerapkan praktikum di MTs Kota Ternate.
Downloads
References
Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual teaching and learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al-Muta’aliyah, 1(3), 1–14.
Baderan, D. (2016). Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Mangrove Di Kawasan Pesisir Tabulo Selatan, Kabupaten Bualemo, Provinsi Gorontalo. Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah, 41–44.
Darmayanti, N. W. ., Wijaya, I. K. M. W. B., Sanjayanti, N. P. A. ., & Janawati, D. P. A. (2021). Analisis Aspek Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Buku Teks IPA Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 130–145. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16022
Istiani, R. M., & Retnoningsih, A. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Menggunakan Metode Post to Post Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Unnes Journal of Biology Education, 4(1), 70–80. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe
Kati, K., Syarifuddin, A., & Nurfaidah, N. (2020). Analisis Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs. As’adiyah Puteri I Sengkang Kabupaten Wajo. Master of Management Journal, 1(1), 146–154. http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/MM/article/view/208%0Ahttp://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/MM/article/download/208/188
Khaerunnisah, K., Vitasari, M., & Suryani, D. I. (2022). Analisis Pembelajaran IPA Berbasis Praktikum di SMP Negeri se–Kecamatan Pontang Kabupaten Serang. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 346–352. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.346-352
Lepiyanto, A. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795
Ningsih, S., Isa, Y., Qosim, A., & Kuswanto, J. (2021). Pelatihan Blended Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 102–111. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.25
Putri, I. N., & Syuraini, S. (2021). Hubungan Antara Penggunaan Metode Tanya Jawab dengan Partisipasi Peserta Pelatihan Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 320–326. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/951
Rohaeni, W. R., & Yunani, N. (2017). Comparative Analysis Result of Local Paddy Kinship Based on Quantitative and Qualitative Characters. Agric, 29(2), 89–102. https://doi.org/10.24246/agric.2017.v29.i2.p89-102
Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 46. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.966
Shorthouse, D. (2022). SimpleMappr, an online tool to produce publication-quality point maps. https://www.simplemappr.net
Sobri, M., Supian, Daud, S. M., & Vahlepi, S. (2022). Pelatihan Guru Agama Berbasis Literasi Digital Kependidikan Di Mts Al-Ihsaniyah Sarang Burung Muaro Jambi. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 204–214. https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.160
Suparman, S., Nurhasanah, N., Bahtiar, B., & DAS, S. (2020). Studi Literasi Taksonomi dan Penelusuran Spesimen Lektotipe Cengkih (Syzygium aromaticum (L.) Merr. & Perry). Techno: Jurnal Penelitian, 9(1), 363. https://doi.org/10.33387/tjp.v9i1.1753
Suryaningsih. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Education, 2(2), 1–23.
Wahyuningtias, E. D., Fauziah, H. N., & Kusumaningrum, A. C. (2021). Ide Guru IPA dalam Melaksanakan Praktikum di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 129–137.
Wilnjeng, I., Setiawan, A., & Liliasari. (2010). Pengembangan Program IPA Terintegrasi Menggunakan Pendekatan Inquiry Bagi Mahasiswa S1 Pendidikan IPA | Wilujeng | Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. In Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (pp. 19–27). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/12193/8685
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ade Haerullah, Suparman, Aswal Salewangeng, Bahtiar, Mufti Ali, M Nasir Tamalene
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0