Inovasi Pembelajaran Menulis Huruf Hijaiyah Di TPQ As-Syifa Bangsal
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.63Keywords:
inovasi, pembelajaran, huruf hijaiyah, TPQAbstract
Taman Pendidikan Al Qur'an sebagai lembaga pendidikan informal memiliki peranan penting bagi masyarakat. Salah satu harapan orangtua adalah para santri mengalami peningkatan kemampuan membaca dan juga keterampilan menulis Al Qur'an saat belajar di TPQ. Pada proses pembelajaran sangat penting merencanakan persiapan awal agar proses pembelajaran berjalan lancar dan mencapai tujuan yang di inginkan. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan tim pengabdi menemui bahwa proses pembelajaran di TPQ As-Syifa masih menggunakan metode dan media pembelajaran yang minim inovasi. Berdasarkan permasalahan tersebut tim pengabdi memberikan solusi berupa inovasi media penulisan huruf hijaiyah dengan memanfaatkan buku menulis huruf hijaiyah khusus untuk anak. Buku yang dirancang khusus untuk melatih keterampilan menulis ini juga dilengkapi dengan tambahan kosa kata bahasa Arab dengan ilustrasi gambar yang warna. Selain itu, tim juga menerapkan metode yang menyenangkan supaya santri tetap semangat saat proses belajar menulis huruf hijaiyah.Downloads
References
Aliwar. (2016). Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Quran dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPA). Jurnal Al -Ta’dib.
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 586–95.
Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. An Image.
Darusman, Y. (2021). Model Pewarisan Budaya Melalui Pendidikan Informal (Pendidikan Tradisional) Pada Masyarakat Pengerajin Kayu. CV. Bayfa Cendekiia Indonesia.
Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Holis, M. (2020). Rekayasa Guru dalam Pembelajaran. Jakad Media Publishing.
Ismail. (2011). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.
Made, Y. D. (2020). Konsep Tri Hita Karana Bagi Anak Usia Dini. Literasi Nusantara.
Naim, N. (2011). Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurfadhillah, Septy. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak.
Rasyid. K. K. S., Isran, & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM VII.
Sadiman, A. S., dkk. (1990). Media Pendidikan: Pengertian, Pengem-bangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: CV. Rajawali.
Saefuddin, H. A & Ika, B. (2016). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukamti, Endang. (2007). Perkembangan Motorik. Yogyakarta: UNY.
Sumantri. 2005. Metode Pengembangan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan bagi Peserta Didik. Jurnal Al-Ta’lim.
Uce, L. (2015). The Golden Age : Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya 1.
Ulwan, A. N. (t.t). Pendidikan Anak Dalam Islam yang Komprehensif. Dilariza.
Widyastuti, A., Eko, S., Bertha. N. S., La, I., Sri, R. F. P., Muh, F. K., Michael, R., Dina, C., Bonaraja, P., Muhamad, Z. M., & Komilie, S. (2021). Perencanaan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nandya Arintistia, Jamaludin Acmad Kholik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0