Inovasi Pembelajaran Menulis Huruf Hijaiyah Di TPQ As-Syifa Bangsal

Authors

  • Nandya Arintistia IAIN KEDIRI
  • Jamaludin Acmad Kholik Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.63

Keywords:

inovasi, pembelajaran, huruf hijaiyah, TPQ

Abstract

Taman Pendidikan Al Qur'an sebagai lembaga pendidikan informal memiliki peranan penting bagi masyarakat. Salah satu harapan orangtua adalah para santri mengalami peningkatan kemampuan membaca dan juga keterampilan menulis Al Qur'an saat belajar di TPQ. Pada proses pembelajaran sangat penting merencanakan persiapan awal agar proses pembelajaran berjalan lancar dan mencapai tujuan yang di inginkan. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan tim pengabdi menemui bahwa proses pembelajaran di TPQ As-Syifa masih menggunakan metode dan media pembelajaran yang minim inovasi. Berdasarkan permasalahan tersebut tim pengabdi memberikan solusi berupa inovasi media penulisan huruf hijaiyah dengan memanfaatkan buku menulis huruf hijaiyah khusus untuk anak. Buku yang dirancang khusus untuk melatih keterampilan menulis ini juga dilengkapi dengan tambahan kosa kata bahasa Arab dengan ilustrasi gambar yang warna. Selain itu, tim juga menerapkan metode yang menyenangkan supaya santri tetap semangat saat proses belajar menulis huruf hijaiyah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliwar. (2016). Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Quran dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPA). Jurnal Al -Ta’dib.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 586–95.

Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. An Image.

Darusman, Y. (2021). Model Pewarisan Budaya Melalui Pendidikan Informal (Pendidikan Tradisional) Pada Masyarakat Pengerajin Kayu. CV. Bayfa Cendekiia Indonesia.

Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Holis, M. (2020). Rekayasa Guru dalam Pembelajaran. Jakad Media Publishing.

Ismail. (2011). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.

Made, Y. D. (2020). Konsep Tri Hita Karana Bagi Anak Usia Dini. Literasi Nusantara.

Naim, N. (2011). Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurfadhillah, Septy. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak.

Rasyid. K. K. S., Isran, & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM VII.

Sadiman, A. S., dkk. (1990). Media Pendidikan: Pengertian, Pengem-bangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: CV. Rajawali.

Saefuddin, H. A & Ika, B. (2016). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukamti, Endang. (2007). Perkembangan Motorik. Yogyakarta: UNY.

Sumantri. 2005. Metode Pengembangan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan bagi Peserta Didik. Jurnal Al-Ta’lim.

Uce, L. (2015). The Golden Age : Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya 1.

Ulwan, A. N. (t.t). Pendidikan Anak Dalam Islam yang Komprehensif. Dilariza.

Widyastuti, A., Eko, S., Bertha. N. S., La, I., Sri, R. F. P., Muh, F. K., Michael, R., Dina, C., Bonaraja, P., Muhamad, Z. M., & Komilie, S. (2021). Perencanaan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-03-21

How to Cite

Arintistia, N. ., & Acmad Kholik, J. (2022). Inovasi Pembelajaran Menulis Huruf Hijaiyah Di TPQ As-Syifa Bangsal. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 75–82. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.63

Issue

Section

Articles