Workshop Arduino Uno sebagai Media Ajar Interaktif bagi Guru IPA di Kabupaten Maros
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.651Keywords:
Pelatihan Guru, Arduino Uno, Pembelajaran IPAAbstract
Latar Belakang: Pesatnya perkembangan teknologi dan tingginya kebutuhan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu teknologi media pembelajaran yaitu program Mikrokontroler Arduiono Uno yang memiliki kemajuan cukup baik di bidang pendidikan. Media pembelajaran Arduino Uno mampu menarik minat dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan: pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru IPA di Kabupaten Maros dalam memanfaatkan teknologi Arduino Uno sebagai media pembelajaran inovatif. Metode: Metode pelaksanaan terdiri dari tiga tahap: (1) sosialisasi konsep Arduino dalam pembelajaran IPA, (2) pelatihan praktik pemrograman dasar, dan (3) evaluasi melalui pretest-posttest dan angket respon peserta. Peserta kegiatan ini adalah guru IPA Kabupaten Maros. Hasil: Berdasarkan hasil evaluasi pelatihan Arduino Uno menunjukkan peningkatan pemahaman peserta sebesar 70%. Peserta menyatakan pelatihan sangat relevan untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Kesimpulan: Kegiatan ini berhasil membekali guru dengan keterampilan merancang media pembelajaran sederhana menggunakan Arduino Uno, serta mendorong penerapan pembelajaran aktif di kelas.
Downloads
References
Asrizal, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2020).. Journal of Physics: Conference Series, 1481 (1): 012091. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012091 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012091
Banzi, M., & Shiloh, M. (2014). Getting started with Arduino (3rd ed.). Maker Media.
Dharmawan, H. A. (2017). Mikrokontroler: Konsep Dasar dan Praktis. Universitas Brawijaya Press.
Hidayat, S., Wahyuni, S., & Yulkifli. (2022). Development of a low-cost pH meter using Arduino Uno and pH sensor for chemistry learning. Journal of Science Education and Technology, 31(2):234-245. https://doi.org/10.1007/s10956-021-09943-z
Kartini, H., Agus, S., I Dewa, P.N., Hervin, M., & B. Anggit, W. (2022). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Difraksi Cahaya berbasis Arduino dan Software Tracker untuk Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Guru Fisik dalam Mengembangkan Alat Peraga Pembelajaran. Nuwo Abdimas, 2(1):55-56. http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/nuwo/article/view/79/6 9
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). (2022). Panduan implementasi kurikulum Merdeka Belajar: Pembelajaran berbasis proyek. Kemendikbud RI.
Lubbiyah, F. F., Saputri, D. D., & Lathifah, S, S. (2023). “Bio-Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Arduino Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” 12(2):105–14. DOI: https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v12i2.76616
Mardianto, E. (2022). “Panduan Belajar Mikrokontroller Arduino.” 120.
Mustaqim, B. (2016). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2):78-85. https://doi.org/10.21831/jps.v4i2.10678 DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525
Nurhayati, N., Mulyani, S., & Saputro, S. (2021). Arduino-based plant growth monitoring system for biology education. International Journal of Instruction, 14(3): 567-582. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14333a DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2021.14333a
Prihatiningrum, N., Barri, M. H., Pramudita, B. A., Fuadi, A. Z., Istiqomah, & Budiman, F. (2022). “Workshop Arduino Untuk Menunjang Pembelajaran Stem Untuk Guru Ipa Smp.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6(5):3473–81. doi: 10.31764/jmm.v6i5.9783. DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.9783
Restianingsih, T., Nurhidayah, Pebralia, J., & Anggraini, R. M. (2023). “Pelatihan Pembuatan Kit Praktikum Fisika Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Di SMK Negeri 9 Muaro Jambi.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Pinang Masak 4(2):31–38. doi: 10.22437/jpm.v4i2.28797. DOI: https://doi.org/10.22437/jpm.v4i2.28797
Rahman, T., Sutopo, S., & Wahyuni, S. (2021). Simulator gerak parabola berbasis Arduino Uno dengan sensor ultrasonik HC-SR04. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 6(1): 12-19. https://doi.org/10.26737/jipf.v6i1.2104
Riduwan, M. (2022). Integrating Arduino into STEM education: Challenges and solutions. Journal of Educational Technology and Innovation, 5(1): 45-60.
Sadewo, M. P., Marpaung, A. P., Putri, S. S., & Rinaldy, D. (2025). Perancangan Alat Pengering Asam Gelugur Berbasis Arduino Uno Untuk Meningkatkan Produktivitas Petani di Musim Hujan. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 269–277. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.582 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.582
Sasongko, S. M. A., Sultan, Ginarsa, I. M., Muljono, A. B., & Nrartha, I. M. A. (2022). “Pelatihan Arduino Untuk Pembuatan Alat Ukur Suhu Tubuh Non Kontak Berbasis Android Pada Siswa SMA.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 5(1):18–24. doi: 10.29303/jpmpi.v5i1.1183. DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1183
Sinaga, B. R. (2022). “Rancang Bangun Gerbang Dengan Menggunakan Kontrol Android Via Bluetooth Berbasis Arduino Uno R3.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 2(02):312–16. doi: 10.47709/jpsk.v2i02.1737. DOI: https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i02.1737
Suryanto, S., Wahono, W., & Suprapto, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis Arduino Uno untuk verifikasi hukum Ohm pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII), 9(1) :22-30. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.23012
Susanto, A., Sentana, R. M., & Ilahi, R. (2024). Meningkatkan Kompetensi Profesionalitas Guru MIN 3 Kota Padang dengan Pelatihan Berhitung Cepat. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 216–224. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.357 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.357
Wijaya, A., Sudarmin, S., & Samini, S. (2023). Effectiveness of Arduino-based STEM modules on students’ critical thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(1): 45-56. https://doi.org/10.15294/jpii.v12i1.41023
Wulandari, F., Rokhmat, J., & Kosim, K. (2023). Arduino-based calorimeter for heat transfer experiments in high school physics. Physics Education, 58(2): 025010. https://doi.org/10.1088/1361-6552/acb1a2
Yannuansa, N., K.W, H. K., Izzati, N., Ummah, I., Leksono, J. W., & Indawati, E. (2024). Pelatihan Pemograman Arduino Pada Guru SMP Islam Mbah Bolong. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 225–228. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/8385
Yulianti, D., Khanafiyah, S., & Sulisworo, D. (2021). Teacher training on Arduino-based science experiments: Barriers and solutions. Journal of Science Teacher Education, 32(4): 456-470. https://doi.org/10.1080/1046560X.2021.1887076
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurfitra Yanto, Arie Arma Arsyad, St. Muti Alfiyanti Muhiddin, Shoffan Fatkhulloh, Putri Damayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0