Workshop Arduino Uno sebagai Media Ajar Interaktif bagi Guru IPA di Kabupaten Maros

Authors

  • Nurfitra Yanto Universitas Negeri Makassar
  • Arie Arma Arsyad Universitas Negeri Makassar
  • St. Muti Alfiyanti Muhiddin Universitas Negeri Makassar
  • Shoffan Fatkhulloh Universitas Negeri Makassar
  • Putri Damayanti Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.651

Keywords:

Pelatihan Guru, Arduino Uno, Pembelajaran IPA

Abstract

Latar Belakang: Pesatnya perkembangan teknologi dan tingginya kebutuhan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.  Salah satu teknologi media pembelajaran yaitu program Mikrokontroler Arduiono Uno yang memiliki kemajuan cukup baik di bidang pendidikan. Media pembelajaran Arduino Uno mampu menarik minat dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik.  Tujuan: pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru IPA di Kabupaten Maros dalam memanfaatkan teknologi Arduino Uno sebagai media pembelajaran inovatif. Metode: Metode pelaksanaan terdiri dari tiga tahap: (1) sosialisasi konsep Arduino dalam pembelajaran IPA, (2) pelatihan praktik pemrograman dasar, dan (3) evaluasi melalui pretest-posttest dan angket respon peserta. Peserta kegiatan ini adalah guru IPA Kabupaten Maros. Hasil: Berdasarkan hasil evaluasi pelatihan Arduino Uno menunjukkan peningkatan pemahaman peserta sebesar 70%. Peserta menyatakan pelatihan sangat relevan untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Kesimpulan: Kegiatan ini berhasil membekali guru dengan keterampilan merancang media pembelajaran sederhana menggunakan Arduino Uno, serta mendorong penerapan pembelajaran aktif di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrizal, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2020).. Journal of Physics: Conference Series, 1481 (1): 012091. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012091 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012091

Banzi, M., & Shiloh, M. (2014). Getting started with Arduino (3rd ed.). Maker Media.

Dharmawan, H. A. (2017). Mikrokontroler: Konsep Dasar dan Praktis. Universitas Brawijaya Press.

Hidayat, S., Wahyuni, S., & Yulkifli. (2022). Development of a low-cost pH meter using Arduino Uno and pH sensor for chemistry learning. Journal of Science Education and Technology, 31(2):234-245. https://doi.org/10.1007/s10956-021-09943-z

Kartini, H., Agus, S., I Dewa, P.N., Hervin, M., & B. Anggit, W. (2022). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Difraksi Cahaya berbasis Arduino dan Software Tracker untuk Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Guru Fisik dalam Mengembangkan Alat Peraga Pembelajaran. Nuwo Abdimas, 2(1):55-56. http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/nuwo/article/view/79/6 9

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). (2022). Panduan implementasi kurikulum Merdeka Belajar: Pembelajaran berbasis proyek. Kemendikbud RI.

Lubbiyah, F. F., Saputri, D. D., & Lathifah, S, S. (2023). “Bio-Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Arduino Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” 12(2):105–14. DOI: https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v12i2.76616

Mardianto, E. (2022). “Panduan Belajar Mikrokontroller Arduino.” 120.

Mustaqim, B. (2016). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2):78-85. https://doi.org/10.21831/jps.v4i2.10678 DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525

Nurhayati, N., Mulyani, S., & Saputro, S. (2021). Arduino-based plant growth monitoring system for biology education. International Journal of Instruction, 14(3): 567-582. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14333a DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2021.14333a

Prihatiningrum, N., Barri, M. H., Pramudita, B. A., Fuadi, A. Z., Istiqomah, & Budiman, F. (2022). “Workshop Arduino Untuk Menunjang Pembelajaran Stem Untuk Guru Ipa Smp.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6(5):3473–81. doi: 10.31764/jmm.v6i5.9783. DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.9783

Restianingsih, T., Nurhidayah, Pebralia, J., & Anggraini, R. M. (2023). “Pelatihan Pembuatan Kit Praktikum Fisika Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Di SMK Negeri 9 Muaro Jambi.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Pinang Masak 4(2):31–38. doi: 10.22437/jpm.v4i2.28797. DOI: https://doi.org/10.22437/jpm.v4i2.28797

Rahman, T., Sutopo, S., & Wahyuni, S. (2021). Simulator gerak parabola berbasis Arduino Uno dengan sensor ultrasonik HC-SR04. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 6(1): 12-19. https://doi.org/10.26737/jipf.v6i1.2104

Riduwan, M. (2022). Integrating Arduino into STEM education: Challenges and solutions. Journal of Educational Technology and Innovation, 5(1): 45-60.

Sadewo, M. P., Marpaung, A. P., Putri, S. S., & Rinaldy, D. (2025). Perancangan Alat Pengering Asam Gelugur Berbasis Arduino Uno Untuk Meningkatkan Produktivitas Petani di Musim Hujan. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 269–277. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.582 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.582

Sasongko, S. M. A., Sultan, Ginarsa, I. M., Muljono, A. B., & Nrartha, I. M. A. (2022). “Pelatihan Arduino Untuk Pembuatan Alat Ukur Suhu Tubuh Non Kontak Berbasis Android Pada Siswa SMA.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 5(1):18–24. doi: 10.29303/jpmpi.v5i1.1183. DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1183

Sinaga, B. R. (2022). “Rancang Bangun Gerbang Dengan Menggunakan Kontrol Android Via Bluetooth Berbasis Arduino Uno R3.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 2(02):312–16. doi: 10.47709/jpsk.v2i02.1737. DOI: https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i02.1737

Suryanto, S., Wahono, W., & Suprapto, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis Arduino Uno untuk verifikasi hukum Ohm pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII), 9(1) :22-30. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.23012

Susanto, A., Sentana, R. M., & Ilahi, R. (2024). Meningkatkan Kompetensi Profesionalitas Guru MIN 3 Kota Padang dengan Pelatihan Berhitung Cepat. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 216–224. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.357 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.357

Wijaya, A., Sudarmin, S., & Samini, S. (2023). Effectiveness of Arduino-based STEM modules on students’ critical thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(1): 45-56. https://doi.org/10.15294/jpii.v12i1.41023

Wulandari, F., Rokhmat, J., & Kosim, K. (2023). Arduino-based calorimeter for heat transfer experiments in high school physics. Physics Education, 58(2): 025010. https://doi.org/10.1088/1361-6552/acb1a2

Yannuansa, N., K.W, H. K., Izzati, N., Ummah, I., Leksono, J. W., & Indawati, E. (2024). Pelatihan Pemograman Arduino Pada Guru SMP Islam Mbah Bolong. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 8, 225–228. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/8385

Yulianti, D., Khanafiyah, S., & Sulisworo, D. (2021). Teacher training on Arduino-based science experiments: Barriers and solutions. Journal of Science Teacher Education, 32(4): 456-470. https://doi.org/10.1080/1046560X.2021.1887076

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-05-24

How to Cite

Yanto, N., Arsyad, A. A., Muhiddin, S. M. A., Fatkhulloh, S., & Damayanti, P. (2025). Workshop Arduino Uno sebagai Media Ajar Interaktif bagi Guru IPA di Kabupaten Maros. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 419–427. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.651

Issue

Section

Articles