Produksi Filter Interaktif Tiktok HapHap MIGI Sebagai Media Edukasi Visual Pendukung Transmedia Animasi

Authors

  • Rahmat Maulana Sihotang Universitas Padjadjaran https://orcid.org/0009-0004-8454-5821
  • Yanuar Aldi Allesandro Universitas Padjadjaran
  • Rinda Aunillah Sirait Universitas Padjadjaran
  • Pandu Watu Alam Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.671

Keywords:

Filter Tiktok, Media Interaktif, Edukasi Gizi, Generasi Alpha, Animasi Pendidikan

Abstract

Latar Belakang: Anak-anak Generasi Alpha tumbuh di era digital dengan keterpaparan tinggi terhadap media sosial, yang menjadikannya medium potensial untuk menyampaikan pesan edukatif, khususnya dalam bidang gizi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk memproduksi filter interaktif TikTok “HapHap MIGI” sebagai media edukasi visual pendukung transmedia animasi ‘MIGI: Makan Minum Bergizi’, serta mendeskripsikan proses produksinya secara sistematis melalui tiga tahapan utama. Metode: Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui tahapan pra-produksi (pengembangan konsep dan desain visual), produksi (pengolahan aset di platform Canva dan Effect House), serta pasca-produksi (pengujian langsung pada lima anak SD di Jatinangor). Hasil: Filter berhasil dikembangkan dengan pendekatan visual cerah dan gamifikasi ringan tanpa penalti skor. Anak-anak menunjukkan antusiasme tinggi, memahami bahwa objek yang ditangkap adalah makanan sehat, dan menunjukkan ketertarikan untuk mencoba kembali. Kesimpulan: Filter “HapHap MIGI” berpotensi menjadi media edukatif transmedia yang efektif dan menyenangkan bagi anak-anak Generasi Alpha dalam membangun pemahaman awal terhadap pentingnya makanan bergizi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam Muhammad Nur, Syihabuddin, & Azwan. (2025). DETERMINASI MAKNA MELALUI SENSE RELATIONS PADA BAHASA SLANG GENERASI ALPHA (Vol. 14, Issue 1). doi: 10.31000/lgrm.v14i1.12763

Aini Nurpratiwi, Syawal Akhir, & Riswandy Marsuki. (2025). Generasi Digital Sejak Lahir: Perspektif Sosiologi Digital pada Gen Alpha. RISOMA : Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), doi: 10.62383/risoma.v3i1.572 DOI: https://doi.org/10.62383/risoma.v3i1.572

Aisyah Nurhikmah, Hasnah Putri Madinah, Putri Aiko Azzahra, & Arita Marini. (2023)

Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, doi: 10.53625/jpdsh.v2i3.4472

Bappenas. (2020). Laporan Pencapaian Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) Indonesia Tahun 2020. https://sdgs.bappenas.go.id/website/wp-content/uploads/2023/11/Laporan-SDGs-tahun-2020.pdf

Fauziyah, A. N., Astuti, P., & Fathonah, S. (2022). Pengaruh antara Pengetahuan dan Sikap Gizi Siswa dengan Pola Konsumsi Jajan Siswa di SD Negeri 08 Brebes. Food Science and Culinary Education Journal, 11(1), 22–30. doi: 10.15294/focuze.v11i1.20001 DOI: https://doi.org/10.15294/focuze.v11i1.20001

Febriani, N., & Aunillah, R. (2023). Implementasi Penggunaan Media Audiovisual Sebagai Sarana Pembelajaran Produksi Konten Video Tiktok Kecamatan Jatigede. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–338. doi: 10.53624/kontribusi.v4i2.397 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.397

Gerald Millerson, & Jim Owens. (n.d.). Video Production Handbook Fifth Edition. Focal Press. Retrieved May 29, 2025, from https://www.taylorfrancis.com/books/mono/10.4324/9780240522210/video-production-handbook-gerald-millerson-jim-owens

Gunaviyanti, & Valencia Veby. (2023). Manajemen Privasi Komunikasi Pada Unggahan Instagram Stories Generasi Alpha Di Tangerang [Universitas Multimedia Nusantara]. https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26435/

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/3514/1/Laporan%20Riskesdas%202018%20Nasional.pdf

Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. An-Nisa Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. doi: 10.35719/annisa.v13i1.26 DOI: https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Masnah, C., & Saputri, I. M. (2020). Faktor risiko gizi kurang pada balita di Puskesmas Paal V Kota Jambi. Riset Informasi Kesehatan, 9(2), 107–114. doi: 10.30644/rik.v9i2.451 DOI: https://doi.org/10.30644/rik.v9i2.451

McCrindle. (2020). UNDERSTANDING GENERATION ALPHA. https://generationalpha.com/wp-content/uploads/2020/02/Understanding-Generation-Alpha-McCrindle.pdf

Mohammad, A., Madanijah, S., Masyarakat, D. G., & Manusia, F. E. (2015). KONSUMSI BUAH DAN SAYUR ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI BOGOR (Fruit and vegetable consumption of elementary school children in Bogor). doi: 10.25182/jgp.2015.10.1.%25p

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. doi: 10.51667/jph.v2i1.554 DOI: https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554

Nuraeni, I., Karimah, I., & Setiawati, D. (2023). Pengetahuan, Preferensi serta Konsumsi Sayur dan Buah pada Anak di SDN Cilolohan Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmu Gizi Dan Dietetik, 2(4), 264–268. doi: 10.25182/jigd.2023.2.4.264-268 DOI: https://doi.org/10.25182/jigd.2023.2.4.264-268

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. (2017). https://peraturan.bpk.go.id/details/72974/perpres-no-59-tahun-2017

Puspito, A. N., Ubaidillah, M., Safitri, R. N., Sukma, E. P., Aureliya, S. S., El-Syifani, R., & Aprillia, M. A. (2025). The Sosialisasi Gizi Seimbang Dalam Memilih Makanan Sehat di Sekolah Dasar Negeri Mandiro 2. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(1), 285–292. doi: 10.35870/jpni.v6i1.1244 DOI: https://doi.org/10.35870/jpni.v6i1.1244

Rahmasari, F. A., Ismah, Z., & Agustina, D. (2024). Hubungan teman sebaya dan paparan media sosial dengan perilaku fast food pada siswa. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4(8), 3105–3119. doi: 10.33024/mahesa.v4i8.15555 DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i8.15555

Rahmawati, P., Rosmiati, R., Agustina, N. L., Iktimalannisa, N., Sahara, N. W., Pertiwi, P. C., Purwaningrum, O. S., Andianti, P. W., Zuroidah, P., Anggraini, P. N., & A’yun, Q. (2025). Petualangan Si Anak Sehat dalam Permainan Junk Food and Real Food sebagai Inovasi Edukasi Gizi untuk Anak. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 269–279. doi: 10.53299/bajpm.v5i2.1513 DOI: https://doi.org/10.53299/bajpm.v5i2.1513

Rholetter, W. (2021). Transmedia Storytelling. EBSCO Research Starters. https://www.ebsco.com/research-starters/communication-and-mass-media/transmedia-storytelling

Rizkha, I. A., & Anggapuspa, M. L. (2022). PERANCANGAN BOARD GAME PENGENALAN GIZI SEIMBANG SEBAGAI MEDIA EDUKASI ANAK USIA 9-12 TAHUN. Jurnal Barik, 4(1), 175–189. doi: 10.26740/jdkv.v4i1.48614

Saifah, A., Sahar, J., & Widyatuti. (2019). Peran keluarga terhadap perilaku gizi anak usia sekolah. Jurnal Kesehatan dan Pendidikan (JKEP), 4(2), ISSN 2354-6042 (Print), 2354-6050 (Online) doi: 10.32668/jkep.v4i2.282 DOI: https://doi.org/10.32668/jkep.v4i2.282

We Are Social, & Meltwater. (2023). DIGITAL 2023 INDONESIA. https://wearesocial.com/wp-content/uploads/2023/03/Digital-2023-Indonesia.pdf

World Health Organization. (2023). Child growth standards. World Health Organization. https://www.who.int/childgrowth/en/

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-06-09

How to Cite

Sihotang, R. M., Allesandro, Y. A., Sirait, R. A., & Alam, P. W. (2025). Produksi Filter Interaktif Tiktok HapHap MIGI Sebagai Media Edukasi Visual Pendukung Transmedia Animasi. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 30–43. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.671