Produksi Filter Interaktif Tiktok HapHap MIGI Sebagai Media Edukasi Visual Pendukung Transmedia Animasi
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.671Keywords:
Filter Tiktok, Media Interaktif, Edukasi Gizi, Generasi Alpha, Animasi PendidikanAbstract
Latar Belakang: Anak-anak Generasi Alpha tumbuh di era digital dengan keterpaparan tinggi terhadap media sosial, yang menjadikannya medium potensial untuk menyampaikan pesan edukatif, khususnya dalam bidang gizi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk memproduksi filter interaktif TikTok “HapHap MIGI” sebagai media edukasi visual pendukung transmedia animasi ‘MIGI: Makan Minum Bergizi’, serta mendeskripsikan proses produksinya secara sistematis melalui tiga tahapan utama. Metode: Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui tahapan pra-produksi (pengembangan konsep dan desain visual), produksi (pengolahan aset di platform Canva dan Effect House), serta pasca-produksi (pengujian langsung pada lima anak SD di Jatinangor). Hasil: Filter berhasil dikembangkan dengan pendekatan visual cerah dan gamifikasi ringan tanpa penalti skor. Anak-anak menunjukkan antusiasme tinggi, memahami bahwa objek yang ditangkap adalah makanan sehat, dan menunjukkan ketertarikan untuk mencoba kembali. Kesimpulan: Filter “HapHap MIGI” berpotensi menjadi media edukatif transmedia yang efektif dan menyenangkan bagi anak-anak Generasi Alpha dalam membangun pemahaman awal terhadap pentingnya makanan bergizi.
Downloads
References
Adam Muhammad Nur, Syihabuddin, & Azwan. (2025). DETERMINASI MAKNA MELALUI SENSE RELATIONS PADA BAHASA SLANG GENERASI ALPHA (Vol. 14, Issue 1). doi: 10.31000/lgrm.v14i1.12763
Aini Nurpratiwi, Syawal Akhir, & Riswandy Marsuki. (2025). Generasi Digital Sejak Lahir: Perspektif Sosiologi Digital pada Gen Alpha. RISOMA : Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), doi: 10.62383/risoma.v3i1.572 DOI: https://doi.org/10.62383/risoma.v3i1.572
Aisyah Nurhikmah, Hasnah Putri Madinah, Putri Aiko Azzahra, & Arita Marini. (2023)
Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, doi: 10.53625/jpdsh.v2i3.4472
Bappenas. (2020). Laporan Pencapaian Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) Indonesia Tahun 2020. https://sdgs.bappenas.go.id/website/wp-content/uploads/2023/11/Laporan-SDGs-tahun-2020.pdf
Fauziyah, A. N., Astuti, P., & Fathonah, S. (2022). Pengaruh antara Pengetahuan dan Sikap Gizi Siswa dengan Pola Konsumsi Jajan Siswa di SD Negeri 08 Brebes. Food Science and Culinary Education Journal, 11(1), 22–30. doi: 10.15294/focuze.v11i1.20001 DOI: https://doi.org/10.15294/focuze.v11i1.20001
Febriani, N., & Aunillah, R. (2023). Implementasi Penggunaan Media Audiovisual Sebagai Sarana Pembelajaran Produksi Konten Video Tiktok Kecamatan Jatigede. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–338. doi: 10.53624/kontribusi.v4i2.397 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.397
Gerald Millerson, & Jim Owens. (n.d.). Video Production Handbook Fifth Edition. Focal Press. Retrieved May 29, 2025, from https://www.taylorfrancis.com/books/mono/10.4324/9780240522210/video-production-handbook-gerald-millerson-jim-owens
Gunaviyanti, & Valencia Veby. (2023). Manajemen Privasi Komunikasi Pada Unggahan Instagram Stories Generasi Alpha Di Tangerang [Universitas Multimedia Nusantara]. https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26435/
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/3514/1/Laporan%20Riskesdas%202018%20Nasional.pdf
Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. An-Nisa Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. doi: 10.35719/annisa.v13i1.26 DOI: https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Masnah, C., & Saputri, I. M. (2020). Faktor risiko gizi kurang pada balita di Puskesmas Paal V Kota Jambi. Riset Informasi Kesehatan, 9(2), 107–114. doi: 10.30644/rik.v9i2.451 DOI: https://doi.org/10.30644/rik.v9i2.451
McCrindle. (2020). UNDERSTANDING GENERATION ALPHA. https://generationalpha.com/wp-content/uploads/2020/02/Understanding-Generation-Alpha-McCrindle.pdf
Mohammad, A., Madanijah, S., Masyarakat, D. G., & Manusia, F. E. (2015). KONSUMSI BUAH DAN SAYUR ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI BOGOR (Fruit and vegetable consumption of elementary school children in Bogor). doi: 10.25182/jgp.2015.10.1.%25p
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. doi: 10.51667/jph.v2i1.554 DOI: https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554
Nuraeni, I., Karimah, I., & Setiawati, D. (2023). Pengetahuan, Preferensi serta Konsumsi Sayur dan Buah pada Anak di SDN Cilolohan Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmu Gizi Dan Dietetik, 2(4), 264–268. doi: 10.25182/jigd.2023.2.4.264-268 DOI: https://doi.org/10.25182/jigd.2023.2.4.264-268
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. (2017). https://peraturan.bpk.go.id/details/72974/perpres-no-59-tahun-2017
Puspito, A. N., Ubaidillah, M., Safitri, R. N., Sukma, E. P., Aureliya, S. S., El-Syifani, R., & Aprillia, M. A. (2025). The Sosialisasi Gizi Seimbang Dalam Memilih Makanan Sehat di Sekolah Dasar Negeri Mandiro 2. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(1), 285–292. doi: 10.35870/jpni.v6i1.1244 DOI: https://doi.org/10.35870/jpni.v6i1.1244
Rahmasari, F. A., Ismah, Z., & Agustina, D. (2024). Hubungan teman sebaya dan paparan media sosial dengan perilaku fast food pada siswa. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4(8), 3105–3119. doi: 10.33024/mahesa.v4i8.15555 DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i8.15555
Rahmawati, P., Rosmiati, R., Agustina, N. L., Iktimalannisa, N., Sahara, N. W., Pertiwi, P. C., Purwaningrum, O. S., Andianti, P. W., Zuroidah, P., Anggraini, P. N., & A’yun, Q. (2025). Petualangan Si Anak Sehat dalam Permainan Junk Food and Real Food sebagai Inovasi Edukasi Gizi untuk Anak. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 269–279. doi: 10.53299/bajpm.v5i2.1513 DOI: https://doi.org/10.53299/bajpm.v5i2.1513
Rholetter, W. (2021). Transmedia Storytelling. EBSCO Research Starters. https://www.ebsco.com/research-starters/communication-and-mass-media/transmedia-storytelling
Rizkha, I. A., & Anggapuspa, M. L. (2022). PERANCANGAN BOARD GAME PENGENALAN GIZI SEIMBANG SEBAGAI MEDIA EDUKASI ANAK USIA 9-12 TAHUN. Jurnal Barik, 4(1), 175–189. doi: 10.26740/jdkv.v4i1.48614
Saifah, A., Sahar, J., & Widyatuti. (2019). Peran keluarga terhadap perilaku gizi anak usia sekolah. Jurnal Kesehatan dan Pendidikan (JKEP), 4(2), ISSN 2354-6042 (Print), 2354-6050 (Online) doi: 10.32668/jkep.v4i2.282 DOI: https://doi.org/10.32668/jkep.v4i2.282
We Are Social, & Meltwater. (2023). DIGITAL 2023 INDONESIA. https://wearesocial.com/wp-content/uploads/2023/03/Digital-2023-Indonesia.pdf
World Health Organization. (2023). Child growth standards. World Health Organization. https://www.who.int/childgrowth/en/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmat Maulana Sihotang, Yanuar Aldi Allesandro, Rinda Aunillah Sirait, Pandu Watu Alam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0