Mendekatkan Sumber Sejarah di Era Digital: Virtual Tour sebagai Alternatif Pembelajaran di SMA Negeri 1 Lembean Timur
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.738Keywords:
Media Pembelajaran Inovatif, Pembelajaran Sejarah, Sumber Sejarah Digital, Virtual TourAbstract
Latar Belakang: Di era digital, pembelajaran sejarah mengalami transformasi signifikan melalui media virtual interaktif. Platform seperti augmented reality dan virtual tours membuat peristiwa sejarah lebih hidup, menarik minat siswa, serta memperkuat pemahaman konseptual melalui pengalaman belajar yang imersif dan partisipatif. Tujuan: bertujuan memperkenalkan virtual tour sebagai alternatif pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Lembean Timur. Metode: pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan angket kepada guru dan 30 siswa kelas XI IPS. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil: virtual tour mampu meningkatkan minat belajar siswa, memberikan pengalaman kontekstual terhadap materi sejarah, serta mempermudah guru dalam proses pengajaran. Meskipun menghadapi kendala teknis seperti keterbatasan perangkat dan akses internet, respon peserta terhadap media ini sangat positif. Kesimpulan: virtual tour merupakan alternatif efektif untuk mendekatkan siswa kepada sumber sejarah di era digital dan layak untuk dikembangkan lebih lanjut dalam pembelajaran sejarah di tingkat sekolah menengah.
Downloads
References
Ali, M. A. A. H., & Bahri, B. (2025). Berpikir Sejarah dalam Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal Of Education, 2(1), 60–69. DOI: https://doi.org/10.71417/ije.v2i1.310
Ariesta, F. W., Maftuh, B., & Syaodih, E. (2024). The effectiveness of virtual tour museums on student engagement in social studies learning in elementary schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 8(1), 45–53. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v8i1.67726 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v8i1.67726
Bandarsyah, D. (2021). Student Interest in Understanding European History Through the Museum Virtual Tour 360. 2021 International Conference on Computer & Information Sciences (ICCOINS), 286–288. https://doi.org/10.1109/ICCOINS49721.2021.9497175 DOI: https://doi.org/10.1109/ICCOINS49721.2021.9497175
Chotimah, A. N. I., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2024). Development of Virtual Tour Media of Sambisari Temple as a History Learning Media in High Schools. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 26(3), 1008–1023. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v26i3.50837 DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v26i3.50837
Corrales, M., Rodríguez, F., Merchán, M. J., Merchán, P., & Pérez, E. (2024). Comparative analysis between virtual visits and pedagogical outings to heritage sites: An application in the teaching of history. Heritage, 7(1), 366–379. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/heritage7010018 DOI: https://doi.org/10.3390/heritage7010018
Gálosi-Kovács, B., & Orsós, G. (2022). A karsztoktól a környezetgazdálkodásig Beszélgetés Fodor Istvánnal. Modern Geográfia, 171(1). DOI: https://doi.org/10.15170/MG.2022.17.01.03
George, B. H. (2018). Using virtual tours to facilitate sustainable site visits of historic sites. European Journal of Sustainable Development, 7(4), 411. https://doi.org/https://doi.org/10.14207/ejsd.2018.v7n4p411 DOI: https://doi.org/10.14207/ejsd.2018.v7n4p411
Herdin, M., Robin, A. A., & Andi, A. (2022). Pemanfaatan museum tour virtual sebagai sumber media pembelajaran sejarah di era digitalisasi. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 8(2), 111–118. DOI: https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.10715
Jadhav, S., & Nayak, B. (2023). Virtual Reality in Heritage Management: A Case Study of the Virtual Tour of ‘Back to the Future’Exhibition of Godrej Archives, Mumbai. Journal of Heritage Management, 8(2), 227–237. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/24559296231206939 DOI: https://doi.org/10.1177/24559296231206939
Jokanović, M. (2020). Perspectives on Virtual Museum Tours. INSAM Journal of Contemporary Music, Art and Technology, 4(5), 46–57. https://doi.org/https://doi.org/10.51191/issn.2637-1898.2020.3.5.46 DOI: https://doi.org/10.51191/issn.2637-1898.2020.3.5.46
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/Tahapan-Implementasi-Kurikulum-Merdeka.pdf.
Lai, H.-J. (2020). Investigating older adults’ decisions to use mobile devices for learning, based on the unified theory of acceptance and use of technology. Interactive Learning Environments, 28(7), 890–901. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1546748 DOI: https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1546748
Liu, M., & Mu, X. (2022). Analysis of Computer Network Technology on New Media Problem‐Based Learning (PBL) Teaching Method. Wireless Communications and Mobile Computing, 2022(1), 3235078. https://doi.org/https://doi.org/10.1155/2022/3235078 DOI: https://doi.org/10.1155/2022/3235078
Masruri, A. B., Sariyatun, S., & Sudiyanto, S. (2024). Validasi media virtual tour sebagai alat peningkat kemampuan metakognitif siswa: hasil dan implikasinya. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(4), 128–137. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/020244278 DOI: https://doi.org/10.29210/020244278
Moseikina, M., & Toktamysov, S. (2024). Virtual tours and digital libraries in history education at the university: How to make the study of history attractive to students? International Journal of Information and Education Technology, 14(8), 1068–1077. https://doi.org/https://doi.org/10.18178/ijiet.2024.14.8.2135 DOI: https://doi.org/10.18178/ijiet.2024.14.8.2135
Santrock’s, J. (2017). Educational Psychology (Ed 6). New York: McGraw-Hill.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syarifuddin, S., & Oktarina, S. (2023). Needs Analysis of Digital-Based History Learning Resources in Senior High School. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(1), 307–318. https://doi.org/https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2335 DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2335
UNESCO. (2021). Digital Learning Week. https://www.unesco.org/en/weeks/digital-learning.
Yang, Y., Bai, Z., Zhang, H., & Wang, Y. (2023). The construction and application of a cloud editing digital museum oriented to virtual tour. International Journal of Computer Games Technology, 2023(1), 7132476. https://doi.org/https://doi.org/10.1155/2023/7132476 DOI: https://doi.org/10.1155/2023/7132476
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Darmawan Edi Winoto, Ngismatul Khoeriyah, Aksilas Dasfordate

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0