Pemberdayaan Organisasi Aisyiyah Kota Yogyakarta Melalui Program Digipreneur dalam Mewujudkan Kemandirian Keluarga dan Ekonomi Berkelanjutan

Authors

  • Umar Yeni Suyanto Universitas Negeri Yogyakarta
  • Yuliansah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Muslikhah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Muhyadi Universitas Negeri Yogyakarta
  • Amalia Nurannisa Sudirman Universitas Negeri Yogyakarta
  • Niken Purnamasari Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nurul Hidayah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Yoga Mardiansyah Universitas Negeri Yogyakarta https://orcid.org/0000-0002-1109-102X
  • Millanda Oktafia Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.744

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, Digital Marketing, Artificial Intelligeence

Abstract

Latar Belakang: Transformasi digital merupakan kebutuhan esensial dalam penguatan UMKM perempuan, khususnya dalam pemasaran dan pengelolaan usaha. Namun, pelaku UMKM di bawah naungan Aisyiyah Kota Yogyakarta masih menghadapi berbagai hambatan seperti rendahnya kemampuan membuat konten iklan digital, minimnya pemanfaatan smartphone, serta keterbatasan pemahaman terhadap ekosistem digital. Tujuan: Meningkatkan kapasitas pelaku usaha perempuan dalam memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk strategi pemasaran digital. Metode: Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan berbasis project based learning. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa peserta mampu membuat konten promosi secara mandiri dengan bantuan AI, termasuk desain visual dan penulisan caption. Temuan penting dari kegiatan ini meliputi: meningkatnya kemampuan teknis peserta, tumbuhnya rasa percaya diri dalam penggunaan media digital, dan peran strategis Aisyiyah dalam membangun jejaring pemberdayaan perempuan. Pendekatan kontekstual dan praktik langsung terbukti efektif dalam menjembatani kesenjangan literasi digital. Kesimpulan: program ini berhasil meningkatkan kapabilitas UMKM perempuan dalam pemasaran digital berbasis AI, serta menunjukkan pentingnya kolaborasi komunitas perempuan dalam mendorong transformasi digital yang inklusif dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya Nirwana, Sudarmiatin, & Melany. (2023). Implementation of Artificial Intelligence in Digital Marketing Development: a Thematic Review and Practical Exploration. Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 85–112. https://doi.org/10.55927/jambak.v2i1.4034 DOI: https://doi.org/10.55927/jambak.v2i1.4034

Anawoli, S. R., & Selan, Y. A. (2025). WORKSHOP PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEWIRAUSAAHN PADA DESA O’BESI KECAMATAN MOLLO UTARA. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat, 3(4), 19–24. https://doi.org/10.61722/japm.v3i4.5007

Arbi, A. P. (2023). Project Based Learning Implementation Training For Teachers of SMPN 44 Surabaya. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 4(1), 132–139. https://doi.org/10.56806/jh.v4i1.122 DOI: https://doi.org/10.56806/jh.v4i1.122

Ari Yohanes Decaprio, & Isna Fitria Agustina. (2024). PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN DI DESA BANJARBENDO. Journal Publicuho, 7(4), 1896–1909. https://doi.org/10.35817/publicuho.v7i4.547 DOI: https://doi.org/10.35817/publicuho.v7i4.547

Enache, M. (2020). AI for Advertising. Annals of Dunarea de Jos University of Galati. Fascicle I. Economics and Applied Informatics, 26, 28–32. https://doi.org/10.35219/eai1584040978 DOI: https://doi.org/10.35219/eai1584040978

Gao, B., Wang, Y., Xie, H., Hu, Y., & Hu, Y. (2023). Artificial Intelligence in Advertising: Advancements, Challenges, and Ethical Considerations in Targeting, Personalization, Content Creation, and Ad Optimization. In SAGE Open (Vol. 13, Issue 4). https://doi.org/10.1177/21582440231210759 DOI: https://doi.org/10.1177/21582440231210759

Gulo, Sari. Purnama. R., Faundri, Ranazah. A., Nurhaliza, S., Prayoga, Dwi. Sorta. Muhammad. L., Idayati, I., Fadly, M., & Ferdinand, A. (2025). Pengaruh Transformasi Ekonomi Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas Dan Daya Saing UMKM Di Indonesia. Jurnal Serambi Ekonomi Dan Bisnis, 8, 948–968. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/jseb.v8i1.8743

Habib, M. A. F., & Sutopo, S. (2024). PEMBINAAN UMKM DALAM ASPEK KOMUNIKASI PEMASARAN SEBAGAI WUJUD PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI SEKITAR KAWASAN WISATA PANTAI. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 4(1), 85–100. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v4i1.9640 DOI: https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v4i1.9640

Hansly, H., & Meitiana, M. (2025). PENGUATAN KREATIVITAS MAHASISWA DALAM KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PROGRAM INKUBASI DAN PELATIHAN BERBASIS PROYEK. BESIRU : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 441–447. https://doi.org/10.62335/besiru.v2i4.1498 DOI: https://doi.org/10.62335/besiru.v2i4.1498

Juwairiyah, I., Andrianto, M., & Syafitri, R. (2022). Peran Perempuan dalam Membangun UMKM di Kota Tanjungpinang. Jurnal Humaya: Jurnal Hukum, Humaniora, Masyarakat, Dan Budaya, 2(2), 150–160. https://doi.org/10.33830/humayafhisip.v2i2.3838 DOI: https://doi.org/10.33830/humayafhisip.v2i2.3838

Kabeer, N. (2020). Women’s Empowerment and Economic Development: A Feminist Critique of Storytelling Practices in “Randomista” Economics. Feminist Economics, 26(2), 1–26. https://doi.org/10.1080/13545701.2020.1743338 DOI: https://doi.org/10.1080/13545701.2020.1743338

Kholisatun, N., Pratiwi, Fika. R., & Nurhakim, M. (2024). Aisyiyah Dan Pemberdayaan Perempuan Dalam Upaya Kesetaraan Gender. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(3), 306–319. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i3.1272 DOI: https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i3.1272

Kurnia, A. A., & Wulandari, D. (2023). Perbandingan UMKM yang memanfaatkan digitalisasi dan non digitalisasi di Lamongan pada era covid-19. Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Bisnis, 1(4), 80–94. https://doi.org/10.55904/cocreation.v1i4.306 DOI: https://doi.org/10.55904/cocreation.v1i2.306

Perwita, D., Widuri, R., Afif, N. C., & Hadi, P. (2024). Improving the Digitalpreneur Potential of Economic Educational Students of Jenderal Soedirman University. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 9(2), 311–320. https://doi.org/10.31932/jpe.v9i2.3445 DOI: https://doi.org/10.31932/jpe.v9i2.3445

Rehman, N., Huang, X., Mahmood, A., AlGerafi, M. A. M., & Javed, S. (2024). Project-based learning as a catalyst for 21st-Century skills and student engagement in the math classroom. Heliyon, 10(23). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e39988 DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e39988

Robby Aditya, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386 DOI: https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386

Rosana, R. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dalam Pelatihan Untuk Peningkatan Building Learning Commitment. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 11(2), 21–30. https://doi.org/10.18592/jtipai.v11i2.5067 DOI: https://doi.org/10.18592/jtipai.v11i2.5067

Sabharwal, D., Sood, R. S., & Verma, M. (2022). Studying the Relationship between Artificial Intelligence and Digital Advertising in Marketing Strategy. Journal of Content, Community and Communication, 16(8). https://doi.org/10.31620/JCCC.12.22/10

Sangpom, N., & Sangpom, W. (2025). Project-Based Learning Combined with Inquiry-Based Learning Using Solver Tools to Promote Computational Thinking Among Undergraduate Students. TEM Journal, 14(1), 602–611. https://doi.org/10.18421/TEM141-53 DOI: https://doi.org/10.18421/TEM141-53

Sari, A. L., Irwandi, I., Rochmansjah, H. R., Nurdiansyah, I., & Aslam, D. F. (2021). UMKM, Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.11594/jesi.01.01.03 DOI: https://doi.org/10.11594/jesi.01.01.03

Sofia, Regina. D., Meria, L., Rojuaniah, Djunaedi, M. K. D., & Rahmawati, W. (2025). Perempuan dan Transformasi Digital: Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan di UMK Kelurahan Duri Kepa. Jurnal Abdimas, 11(5), 274–281. https://doi.org/https://doi.org/10.47007/abd.v11i5.9469

Utama, R. P. (2023). Analisis Metode Ceramah pada Pengajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 15 Pematang Panjang Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 170–174. https://doi.org/10.57251/ped.v3i2.1146 DOI: https://doi.org/10.57251/ped.v3i2.1146

Wijayantini, B., Arif, A., & Sobri, T. (2024). Transformasi Digital Strategi Digipreneurship untuk UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 10(2), 189–197. https://doi.org/10.32528/jpmi.v10i2.2236 DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v10i2.2236

Zafriana, L., Nasution, A. H., & Nasution, A. H. (2025). Penguatan Daya Saing Santri Era Digital melalui OPOP Jatim. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 428–439. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.661 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.661

Zaharah, Z., & Silitonga, M. (2023). Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di SMP Negeri 22 Kota Jambi. BIODIK, 9(3), 139–150. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28659 DOI: https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28659

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-10-05

How to Cite

Suyanto, U. Y., Yuliansah, Y., Muslikhah, M., Muhyadi, M., Sudirman, A. N., Purnamasari, N., Hidayah, N., Mardiansyah, Y., & Oktafia, M. (2025). Pemberdayaan Organisasi Aisyiyah Kota Yogyakarta Melalui Program Digipreneur dalam Mewujudkan Kemandirian Keluarga dan Ekonomi Berkelanjutan. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 150–163. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.744