Peningkatan Kompetensi Guru SMK Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Pengelolaan Arsip Elektronik
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.794Keywords:
Arsip Elektronik, Kompetensi Guru, Pelatihan, Digitalisasi Sekolah, SMK MPLB, ERISEAbstract
Latar Belakang: Transformasi digital menuntut pengelolaan arsip elektronik secara efektif, khususnya di SMK Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) di Yogyakarta. Namun, masih banyak guru yang belum menguasai keterampilan ini.Tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengelolaan arsip elektronik, termasuk penggunaan perangkat lunak dan sistem manajemen dokumen digital. Metode: Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif-deskriptif melalui pelatihan praktik langsung selama 16 JP, dengan metode ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik mandiri. Hasil: Rata-rata nilai peserta meningkat dari 65,26 (pre-test) menjadi 91,84 (post-test), dengan 89,47% peserta mengalami peningkatan. Observasi juga menunjukkan partisipasi aktif dan antusiasme peserta. Kesimpulan: Pelatihan ini berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam pengelolaan arsip elektronik. Hasil ini mendukung pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan vokasi. Studi lanjutan direkomendasikan untuk replikasi di daerah lain dengan adaptasi infrastruktur.
Downloads
References
Bakhtiar S.; Tinggi S.; Komunikasi I.; Tarakanita -Jakarta S., Y. ; D. (2019). Digitalisasi Arsip Untuk Efisiensi Penyimpanan Dan Aksesibilitas. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4.
Chaputula, A. H., & Mutula, S. M. (2022). E-records management practices in public universities: A developing country perspective. Records Management Journal. https://doi.org/10.1108/RMJ-06-2021-0027 DOI: https://doi.org/10.1108/RMJ-06-2021-0027
Dişli, M., Akbulut, M., & Şentürk, B. (2022). Interoperability in electronic records management systems (ERMS) used in universities. Information Development. https://doi.org/10.1177/02666669211007913 DOI: https://doi.org/10.1177/02666669211007913
Elfaladonna. (2023). Aplikasi Arsip Digital (E-Arsip) Data Pegawai. Jurnal Ilmiah Teknik Unida, 4(1). https://doi.org/10.55616/jitu.v4i1.533 DOI: https://doi.org/10.55616/jitu.v4i1.533
Enny L., A. D. ; W. (2021). Pengelolaan arsip digital. Pendidikan Bisnis & Manajemen, 2(3).
Gerster S. P.; Morimoto R.; Gordon A.; Shibayama A., J. ; B. (2022). The potential of disaster digital archives in disaster education. International Journal of Disaster Risk Reduction. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2022.103085 DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2022.103085
Hermanto; Sridadi, E. (2022). Transformasi digital administrasi pendidikan: Urgensi dan implementasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 18(1), 23–34.
Hidayat A., R. ; W. (2020). Pengelolaan arsip digital di satuan pendidikan: Tantangan dan strategi implementasi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 45–56.
Indrayuda. (2021). Inovasi, kolaborasi, dan analisis situasi yang tepat dalam pengabdian masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Senadiba) 2021, 1(1).
Isbianti L. N.; Bintang E.; Nur Cahyaning D.; Chanabillah N., P. ; A. (2021). Pendampingan Digitalisasi Arsip Melalui Metode In–On–In. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2). https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43597 DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43597
KemenPAN-RB. (2018). Sejumlah Capaian Reformasi Birokrasi 2014-2018. In . .
Kusnadi, T. (2020). Manajemen arsip berbasis digital: Konsep dan praktik di sekolah. Pustaka Ilmu.
Muhidin H.; Santoso B., S. A. ; W. (2019). Pengelolaan Arsip Digital. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen), 2(3).
Mukred, M., Yusof, Z. M., Alotaibi, F. M., & Al-Awadi, M. (2022). Electronic records management systems and the cloud: A framework for implementation. Information Development. https://doi.org/10.1177/0266666920980829 DOI: https://doi.org/10.1177/0266666920980829
Odhiambo, B. O. (2018). Institutional readiness for digital archives management. Archives and Manuscripts, 46(3). https://doi.org/10.1080/01576895.2018.1558407 DOI: https://doi.org/10.1080/01576895.2018.1558407
Permansah, S., Indrawati, C. D. S., Muhtar, M., & Rusmana, D. (2023). Effectiveness of simulation-based learning using “e-archive” technology in vocational schools. International Journal of Evaluation and Research in Education. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.25147 DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.25147
Prabowo R., A. B. ; R. (2019). Digitalisasi Arsip Foto Indonesian Visual Art Archive. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2). DOI: https://doi.org/10.14710/jip.v8i2.71-80
Priyanto, B. (2019). Integrasi teknologi dalam sistem pengarsipan sekolah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 111–120.
Rifai Y. A.; Aprilia V., Y. A. ; R. (2022). Digitalisasi Arsip Pertanahan Pada Badan Pertanahan Nasional Bandung. JIA: Jurnal Ilmiah Administrasi, 10(2). https://doi.org/10.55678/jia.v10i2.709 DOI: https://doi.org/10.55678/jia.v10i2.709
Rohman, M. (2021). Efektivitas pelatihan berbasis praktik dalam meningkatkan kompetensi guru di era digital. Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 8(4), 67–76.
Rusdiyanto Y.; Muhyadi M.; Sutirman S., W. ; Y. (2021). Pelatihan Pengelolaan Arsip Keluarga Warga Kelurahan Wates Kulonprogo. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1). https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.6143 DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.6143
Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum.
Setiawan, R., & Winarna, J. (2022). Accountability challenges in school financial reporting: Evidence from Indonesia. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 13(2), 311–328. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2022.13.2.19 DOI: https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2022.13.2.19
Setyani I., E. E. ; B. (2022). Pengembangan Sistem Arsip Elektronik Berbantuan Web. Economic and Education Journal (Ecoducation), 4(2). https://doi.org/10.33503/ecoducation.v4i2.1835 DOI: https://doi.org/10.33503/ecoducation.v4i2.1835
Sudrajat, A. (2021). Kompetensi digital guru sebagai kunci sukses transformasi sekolah. Jurnal Kependidikan, 29(1), 54–63.
Sumaryanta, Mardapi, D., Sugiman, & Herawan, T. (2019). Community-based teacher training: Transformation of sustainable teacher empowerment strategy in Indonesia. Journal of Teacher Education for Sustainability, 21(1), 48–66. https://doi.org/10.2478/jtes-2019-0004 DOI: https://doi.org/10.2478/jtes-2019-0004
Sutirman, S. (2016). Urgensi Manajemen Arsip Elektronik. EFISIENSI - Kajian Ilmu Administrasi, 13(1). https://doi.org/10.21831/efisiensi.v13i1.7861 DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v13i1.7861
Sutirman Y.; Dwihartanti M., Nf. ; Y. (2022). The Effectiveness Online Learning Medium In Increasing Vocational Education Student Motivation. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n1.p112--130 DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n1.p112--130
Suyanto, S. (2020). Strategi perubahan budaya kerja di sekolah: Tantangan implementasi teknologi informasi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 17(2), 88–95.
Wahyudi, A. (2021). Digitalisasi pendidikan: Antara peluang dan tantangan SDM. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 12–19.
Wenger, E. (1998). Communities of Practice: Learning, Meaning, and Identity. Cambridge University Press. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9780511803932
Wulandari A., D. ; K. (2023). ERISE: Sistem informasi arsip digital untuk pendidikan. Jurnal Sistem Informasi Sekolah, 5(1), 1–12.
Yuliansah S.; Dwihartanti M.; Kistiananingsih I., Y. ; S. (2023). Pelatihan Penggunaan ERISE sebagai Media Pembelajaran Kearsipan Elektronik. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(2). https://doi.org/10.29407/ja.v7i2.18641 DOI: https://doi.org/10.29407/ja.v7i2.18641
Zahara T. A., N. R. ; S. (2022). Preservation of Digital Archives: Systematic Literature Review. Record and Library Journal, 8(2). https://doi.org/10.20473/rlj.V8-I2.2022.285-297 DOI: https://doi.org/10.20473/rlj.V8-I2.2022.285-297
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sutirman, Yuliansyah, Umar Yeni Suyanto, Ratna Rosita Pangestika, Kinanti Puja Prameswari, Dahlia Heni Damayanti, Heni Setiyaningsih, Amashaki Hana Ramadhini, Ema Inggita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



