Penguatan Unit Produksi Berbasis Sekolah Melalui Pemberdayaan Guru dan Siswa ABK untuk Mengoptimalkan Pemasaran Digital di SLB Balikpapan
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.788Keywords:
Unit Produksi, Berbasis Sekolah, Pemasaran Digital, Guru, Siswa ABKAbstract
Latar Belakang: SLBN Balikpapan sudah memiliki produk roti yang dikelola oleh jurusan tataboga tetapi belum dipasarkan menggunakan e-commerce. Tujuan: pengabdian ini untuk mengetahui (a) berapa persentase tingkat pemahaman dalam kegiatan sosialisasi dan pelatihan unit produksi berbasis sekolah melalui pemberdayaan guru dan siswa ABK untuk mengoptimalkan pemasaran digital; (b) berapa berapa persentase peningkatan pemasaran produksi roti di SLBN Balikpapan baik melalui e-commerce maupun non-e-commerce. Metode: pengabdian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan sasaran guru dan siswa SLBN Balikpapan mengenai penguatan unit produksi beserta pemasaran digital. Hasil: Guru mengenal dan mampu mengoperasikan akun shopee dan shopee food untuk berjualan. Peningkatan penjualan dalam produksi roti enam kali dalam seminggu untuk berjualan. Kesimpulan: Pengabdian ini menunjukkan keberhasilan sosialisasi dan pelatihan dengan capaian rata-rata di atas 80%, peningkatan kualitas produksi 81,31%, serta pemasaran digital yang masih didominasi penjualan melalui grobak etalase (53%) dibandingkan Shopee dan Shopee Food (23%).
Downloads
References
Adnin, I., Sapriya, S., Nuriyani, R., Ramadhan, A. R., Damayanti, S., & Putra, A. N. (2023). Analisis Implikasi Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran PKn. Educatio: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 304–314. https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24310 DOI: https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24310
Andina, A. N., Zahra, E. F., & Munirruddin, M. (2020). Pemanfaatan Sosial Media Untuk Digital Marketing Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB B Yakut Purwokerto. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 245–250. https://doi.org/10.12928/jp.v4i3.2794 DOI: https://doi.org/10.12928/jp.v4i3.2794
Boentolo, F., Manu, C.-C. C. R., Saragih, O. G., & Zalukhu, S. (2024). Peran Guru Memanfaatkan Ai Dalam Membangun Generasi Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Aletheia Christian Educators Journal, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.42-48 DOI: https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.42-48
Casmudi, Sugianto, & Waskitoningtyas. (2023). Proses Pembelajaran di Era Industri 4.0. Deepublish. https://www.jurnalprisanicendekia.com/index.php/portofolio/article/view/119
Casmudi, Waskitoningtyas, R. S., & Utomo, G. (2024). Upaya Pemberdayaan Orang Tua Miskin Ekstrem melalui Sekolah Ramah Anak untuk Meningkatkan Sarana Sekolah dan Edukasi Parenting di Sekolah Dasar Balikpapan. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 73–85. https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/474 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.474
Constantika, L., Dewi, R. K., & Wardani, I. K. (2022). Efektivitas Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Dental Health Education Pada Anak Tunagrahita (Literature Review). Dentin, 6(1), 30–34. https://doi.org/10.20527/dentin.v6i1.6231 DOI: https://doi.org/10.20527/dentin.v6i1.6231
Damanik, F. H. S. (2024). Peran Bimbingan Konseling Pada Sekolah Ramah Anak dalam Memberikan Dukungan Emosional di Sekolah Menengah Atas. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2433–2442. https://doi.org/10.58230/27454312.559 DOI: https://doi.org/10.58230/27454312.559
Daroni, G. A., Solihat, G., & Salim, A. (2018). Manajemen Pendidikan Khusus di Sekolah Luar Biasa Untuk Anak Autis. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 196–204. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p196-204 DOI: https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p196-204
Fansury, A. H., Sampelolo, R., & Lutfin, N. (2023). Wokshop Pengembangan Manajemen Sekolah Luar Biasa (SLB) di Era Digital. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 61–70. https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i1.2063 DOI: https://doi.org/10.47178/tongkonan.v2i1.2063
Hasmyati. dkk. (2022). PENDIDIKAN INKLUSIF (M. P. Ariyanto (ed.); I). PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Hendratno, Amalia, E., Isti, N., Siswanto, B. E., & Mufidah, Z. R. (2025). Pelatihan Literasi Digital Canva untuk Guru Sekolah Dasar. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 222–231. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.524 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.524
Neela Afifah. (2022). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Studi Kasus Learning Disorder. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.329 DOI: https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.329
Nisak, M., Irianto, H., & Setyowati, S. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Produk Roti Ganep’s dengan Metode SWOT dan QSPM pada Masa Pandemi COVID-19. Journal of Cooperative, Small and Medium Enterprise Development, 1(1), 28. https://doi.org/10.20961/cosmed.v1i1.61958 DOI: https://doi.org/10.20961/cosmed.v1i1.61958
Purwantini, R., Yuliastuti, E., & Rayung Puspaningrum, M. (2025). Sosialisasi Dan Pendampingan Manajemen Sekolah Dalam Membentuk Karakteristik Peduli Kesehatan. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 121–133. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.773 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.773
Romadhon, M., & Supena, A. (2021). Penanganan Siswa Learning Disabilities di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Basicedu, 5(3), 1471–1478. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.941 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.941
Sari, L. P. et al. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian “Myroti” (The Influence of Product Quality, Promotion, and Price on “Myroti.” Jurnal EMAS : Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 3(1), 1–6. https://journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/emas/article/view/640
Sevriana, L., Agustiningsih, D. D., Rani, A. M., Assyofa, A. R., & Sumpena, F. F. (2019). Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Bisnis Guru SLB Tuna Rungu. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Sains & Teknologi), 7(2), 342–354. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/ethos/article/view/4727 DOI: https://doi.org/10.29313/ethos.v7i2.4727
Sihotang, R. M., Allesandro, Y. A., Sirait, R. A., Alam, P. W., & Padjadjaran, U. (2025). Produksi Filter Interaktif Tiktok HapHap MIGI Sebagai Media Edukasi Visual Pendukung Transmedia Animasi. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 30–43. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.671 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.671
Sisephaputra, B., Suroni, A., Islam, K., Orvala, F., Putra, D. S., & Pratama, T. R. (2025). Peningkatan Promosi Desa Wisata Soco Melalui Digitalisasi Objek Wisata dan Edukasi Komunitas. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 164–172. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.747 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.747
Sugianto, & Waskitoningtyas, R. S. (2024). Upaya Pemberdayaan Orang Tua Untuk Meningkatkan Edukasi Parenting Di SDN 001 Balikpapan Timur. EDUPRO : PROSIDING BERKALA ILMU PENDIDIKAN, 1(1), 1–7. https://edupro.uniba-bpn.ac.id/index.php/edupro/article/view/6
Sugihartanto, M. F., Nugroho Priyo Negoro, Geodita Woro Bramanti, Nabila Silmina Hakim, & Gita Widi Bhawika. (2022). Membangun Ekosistem Halal Kantin Asrama Institut Teknologi Sepuluh Nopember. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 19–29. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i1.777 DOI: https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i1.777
Ulandary, Y., Setiawan, R., Muttaqin, L. H., & Istiarsyah, I. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital di SLB Global School Langsa. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 184–189. https://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/BAKTIMAS/article/view/6425
Zafriana, L., Nasution, A. H., & Nasution, A. H. N. (2025). Penguatan Daya Saing Santri Era Digital melalui OPOP Jatim. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 428–439. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.661 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.661
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahayu Sri Waskitoningtyas, Casmudi, Vidy, Dewi, Ine Febrianti Sea

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



