Upaya Pemberdayaan Orang Tua Miskin Ekstrem melalui Sekolah Ramah Anak Untuk Meningkatkan Sarana Sekolah dan Edukasi Parenting di Sekolah Dasar Balikpapan
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.474Keywords:
Sarana Sekolah, Edukasi Parenting, Sekolah Ramah AnakAbstract
Latar Belakang: PKM ini dilakukan di 3 sekolah yaitu SDN 001 Balikpapan Timur, SDN 004 Balikpapan Barat, dan SDN 001 Balikpapan Kota. Tujuan: supaya para orang tua miskin ekstrim memahami dan mengerti edukasi parenting dan 2) supaya pihak sekolah mampu meningkatkan sarana sekolahnya. Metode: penelitian kualitatif dalam melakukan PKM ini. Subyek sasarannya yaitu orang tua siswa, dengan mengambil sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, kemudian pengambilan foto. Teknik analisis datanya meliputi (a) kondensasi Data (data condensation) mengacu pada proses pemilihan, penyederhanaan, pemfokusan, abstrak, dan transformasi data-data melalui catatan lapangan baik tertulis, dokumen, transkip wawancara, dan materi-materi; (2) Data Display uraian singkat dengan teks yang bersifat naratif; dan (3) Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi menemukan temuan baru yang belum pernah ada. Keabsahan data bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang ada. Sedangkan untuk menguji menggunakan triangulasi sumber. Hasil: peningkatan sarana sekolah ramah anak berupa CCTV di SDN 004 Balikpapan Barat sama papan edukasi di SDN 001 Balikpapan Timur dan SDN 001 Balikpapan Kota. Kesimpulan: kegiatan parenting melalui sekolah ramah anak menggugah kesadaran orang tua miskin ekstrem anti meliputi anti kekerasan, bullying, dan diskriminasi kepada anak.
Downloads
References
Amrullah M, & Hikmah K. (2019). Pendidikan Ramah Anak dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8 (1): 1–7. Available from: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1883
Andriyan D, Trihantoyo S. (2021). Pengelolaan Sekolah Ramah Anak Untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidik, 9 (3): 689–94. Available from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/40012/34862
Casmudi, Sugianto, & Waskitoningtyas. (2023). Proses Pembelajaran dI Era Industri 4.0 . Yogyakarta: Deepublish.
Chairiyah C, Nadziroh N, & Pratomo W. Sekolah Ramah Anak Sebagai Wujud Perlindungan Terhadap Hak Anak Di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7 (3): 1213–8. Available from: https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i3.10229
Dewangga et al. (2023). Mencegah Keparahan Cedera dengan Pemberian Edukasi Penanganan Cedera Akut Pada Komunitas Parkour. KONTRIBUSI Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 4(1): 88-97. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.285
Fatikhurrizqi, A., & Kurniawan, B.D. (2022). Peran Bantuan Sosial dalam Pengentasan Kemiskinan Ekstrem di Jawa Timur Tahun 2020. Seminar Nasional Official Statistics 2022, 2022(1): 1027-1035. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1322
Lestariningrum et al.(2022). Pelayanan Sekolah Ramah Anak Melalui Penerapan Parenting Orang Tua. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 2 (6): 300–6. Available from: https://doi.org/10.59818/jpm.v2i6.351
Na’imah T, Widyasari Y, & Herdian H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (2): 747. Available from: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/283/pdf
Pratama RA, Waskitoningtyas RS, & Permatasari BI. (2019). Pengembangan Metode HARUM PALA (Hafalan Rumus Pakai Lagu) pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Balikpapan. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2: 84–98. Available from: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Putrianti et al. (2024). Pengaruh Edukasi Kesehatan Melalui Media Visual Poster di Posyandu Jatinangor Terkait Penyakit Tuberkulosis pada Anak. KONTRIBUSI Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 4(2): 364-377. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.412
Putriyanto, T., Badu, L.W., & Achir, N. (2023). Kendala Penggunaan CCTV Oleh Penyidik Dalam Mengungkap Tindak Pidana Penganiayaan. Journal Of Comprehensive Science, 2(4): 963-970. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i4.305
Qamaria et al. (2023). Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Kampanye Stop Bullying. KONTRIBUSI Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 4(1): 33-46. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.265
Richrd, S.D, & Permatasari, N.S. (2015). Faktor Faktor Meningkatkan Kecemasan Pada Wanita Menopouse. Jurnal Penelitian, 1(2): 187–95. https://doi.org/10.32660/jurnal.v1i2.39
Safitri E., & Fatmawati, S. (2023). Pentingnya Program Parenting Bagi Orang Tua Terhadap Perkembangan Karakter Anak. BUNAYYA Jurnal Pendidikan Islam Anak usia Dini, 2(2): 20-30. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/bunayya/article/view/193/176
Senowarsito, S., Nugrahani, D., & Candra, A. (2012). Parenting Untuk Anak Usia Dini. E-Dimas, 3(2): 52. Available from: https://doi.org/10.26877/edimas.v3i2.1550
Sholikha. (2022). Pendidikan Parenting : Mengembangkan Kemampuan Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2): 178-191. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9437
Waskitoningtyas, R.S., & Damayanti, H. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Pada Materi Logarisma Kelas X-9 SMAN 8 Balikpapan. Kompetensi, 16 (2): 392–401. Available from: https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.206
Waskitoningtyas RS, Susilo G, & Permatasari BI. (2022). Proses Layanan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak di Gunung Sari Ilir. Jurnal SOLMA, 11 (3): 431–40. Available from: https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.10497
Tusriyanto. (2020). Pengembangan SRA Di Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini. Riayah, 5 (1): 2548–6446. Available from: https://e-journal.metrouniv.ac.id/riayah/article/view/2297/1712
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Casmudi, Rahayu Sri Waskitoningtyas, Gunaedy Utomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0