Upaya Pemberdayaan Orang Tua Miskin Ekstrem melalui Sekolah Ramah Anak Untuk Meningkatkan Sarana Sekolah dan Edukasi Parenting di Sekolah Dasar Balikpapan

Authors

  • Casmudi Universitas Balikpapan
  • Rahayu Sri Waskitoningtyas Universitas Balikpapan
  • Gunaedy Utomo Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.474

Keywords:

Sarana Sekolah, Edukasi Parenting, Sekolah Ramah Anak

Abstract

Latar Belakang: PKM ini dilakukan di 3 sekolah yaitu SDN 001 Balikpapan Timur, SDN 004 Balikpapan Barat, dan SDN 001 Balikpapan Kota. Tujuan: supaya para orang tua miskin ekstrim memahami dan mengerti edukasi parenting dan 2) supaya pihak sekolah mampu meningkatkan sarana sekolahnya. Metode:  penelitian kualitatif dalam melakukan PKM ini. Subyek sasarannya yaitu orang tua siswa, dengan mengambil sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, kemudian pengambilan foto. Teknik analisis datanya meliputi (a) kondensasi Data (data condensation) mengacu pada proses pemilihan, penyederhanaan, pemfokusan, abstrak, dan transformasi data-data melalui catatan lapangan baik tertulis, dokumen, transkip wawancara, dan materi-materi; (2) Data Display uraian singkat dengan teks yang bersifat naratif; dan (3) Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi menemukan temuan baru yang belum pernah ada. Keabsahan data bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang ada.  Sedangkan untuk menguji menggunakan triangulasi sumber. Hasil: peningkatan sarana sekolah ramah anak berupa CCTV di SDN 004 Balikpapan Barat sama papan edukasi di SDN 001 Balikpapan Timur dan SDN 001 Balikpapan Kota. Kesimpulan: kegiatan parenting melalui sekolah ramah anak menggugah kesadaran orang tua miskin ekstrem anti meliputi anti kekerasan, bullying, dan diskriminasi kepada anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah M, & Hikmah K. (2019). Pendidikan Ramah Anak dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8 (1): 1–7. Available from: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1883

Andriyan D, Trihantoyo S. (2021). Pengelolaan Sekolah Ramah Anak Untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidik, 9 (3): 689–94. Available from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/40012/34862

Casmudi, Sugianto, & Waskitoningtyas. (2023). Proses Pembelajaran dI Era Industri 4.0 . Yogyakarta: Deepublish.

Chairiyah C, Nadziroh N, & Pratomo W. Sekolah Ramah Anak Sebagai Wujud Perlindungan Terhadap Hak Anak Di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7 (3): 1213–8. Available from: https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i3.10229

Dewangga et al. (2023). Mencegah Keparahan Cedera dengan Pemberian Edukasi Penanganan Cedera Akut Pada Komunitas Parkour. KONTRIBUSI Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 4(1): 88-97. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.285

Fatikhurrizqi, A., & Kurniawan, B.D. (2022). Peran Bantuan Sosial dalam Pengentasan Kemiskinan Ekstrem di Jawa Timur Tahun 2020. Seminar Nasional Official Statistics 2022, 2022(1): 1027-1035. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1322

Lestariningrum et al.(2022). Pelayanan Sekolah Ramah Anak Melalui Penerapan Parenting Orang Tua. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 2 (6): 300–6. Available from: https://doi.org/10.59818/jpm.v2i6.351

Na’imah T, Widyasari Y, & Herdian H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (2): 747. Available from: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/283/pdf

Pratama RA, Waskitoningtyas RS, & Permatasari BI. (2019). Pengembangan Metode HARUM PALA (Hafalan Rumus Pakai Lagu) pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Balikpapan. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2: 84–98. Available from: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Putrianti et al. (2024). Pengaruh Edukasi Kesehatan Melalui Media Visual Poster di Posyandu Jatinangor Terkait Penyakit Tuberkulosis pada Anak. KONTRIBUSI Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 4(2): 364-377. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.412

Putriyanto, T., Badu, L.W., & Achir, N. (2023). Kendala Penggunaan CCTV Oleh Penyidik Dalam Mengungkap Tindak Pidana Penganiayaan. Journal Of Comprehensive Science, 2(4): 963-970. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i4.305

Qamaria et al. (2023). Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Kampanye Stop Bullying. KONTRIBUSI Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 4(1): 33-46. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.265

Richrd, S.D, & Permatasari, N.S. (2015). Faktor Faktor Meningkatkan Kecemasan Pada Wanita Menopouse. Jurnal Penelitian, 1(2): 187–95. https://doi.org/10.32660/jurnal.v1i2.39

Safitri E., & Fatmawati, S. (2023). Pentingnya Program Parenting Bagi Orang Tua Terhadap Perkembangan Karakter Anak. BUNAYYA Jurnal Pendidikan Islam Anak usia Dini, 2(2): 20-30. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/bunayya/article/view/193/176

Senowarsito, S., Nugrahani, D., & Candra, A. (2012). Parenting Untuk Anak Usia Dini. E-Dimas, 3(2): 52. Available from: https://doi.org/10.26877/edimas.v3i2.1550

Sholikha. (2022). Pendidikan Parenting : Mengembangkan Kemampuan Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2): 178-191. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9437

Waskitoningtyas, R.S., & Damayanti, H. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Pada Materi Logarisma Kelas X-9 SMAN 8 Balikpapan. Kompetensi, 16 (2): 392–401. Available from: https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.206

Waskitoningtyas RS, Susilo G, & Permatasari BI. (2022). Proses Layanan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak di Gunung Sari Ilir. Jurnal SOLMA, 11 (3): 431–40. Available from: https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.10497

Tusriyanto. (2020). Pengembangan SRA Di Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini. Riayah, 5 (1): 2548–6446. Available from: https://e-journal.metrouniv.ac.id/riayah/article/view/2297/1712

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-09

How to Cite

Casmudi, C., Waskitoningtyas, R. S., & Utomo, G. (2024). Upaya Pemberdayaan Orang Tua Miskin Ekstrem melalui Sekolah Ramah Anak Untuk Meningkatkan Sarana Sekolah dan Edukasi Parenting di Sekolah Dasar Balikpapan. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 73–85. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.474