Peningkatan Keterampilan ICT untuk Guru BK melalui Pelatihan Konten Layanan Digital Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal

Authors

  • Nora Yuniar Setyaputri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Restu Dwi Ariyanto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Guruh Sukma Hanggara Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Setya Adi Sancaya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Putri Ayuningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.86

Keywords:

media BK, ICT, kearifan lokal

Abstract

Pemanfaatan dan pengembangan pemberian layanan materi secara digital adalah kebutuhan yang harus dikuasai oleh guru BK/konselor) di masa pandemi Covid 19. Tentu kondisi tersebut akan mendorong konselor semakin terpacu untuk memberikan layanan yang profesional. Pada perkembangan selanjutnya membuat konselor harus cepat adaptif dan inovatif merubah kegiatan layanan BK yang berbasis offline face to face menjadi online menggunakan virtual class. Salah satu dampak yang dialami oleh mitra MGBK SMK Kota Kediri saat menggunakan pembelajaran virtual adalah kurangnya penguasaan literasi budaya dan teknologi. Berdasarkan analisis situasi dengan wawancara mitra dapat ditemukan berbagai permasalahan yang menjadi fokus kegiatan pengabdian yang akan dilakukan. Permasalahan terdiri dari dua aspek yaitu pada sisi pemahaman nilai-nilai kearifan lokal dan kemampuan menggunakan media layanan online. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu dengan mengadakan pelatihan. Tujuannya adalah untuk dapat melatih Guru BK SMK agar mahir membuat media BK berbasis nilai-nilai kearifan lokal. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan pelatihan menggunanakan kuesioner evaluasi pelatihan ICT dapat diketahui bahwa 67% respon sangat setuju, 26% setuju, 7% tidak setuju, dan 1% respon sangat tidak setuju. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan Guru BK SMK dalam pembuatan media BK berbasis nilai-nilai kearifan lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Choirunisa, E.I., Firdausi, K., Hapsari, N.T., & Mardikawati, S.A. (2021). Internalisasi Filsafat Jawa Asta Brata Sebagai Penguatan Karakter Kepemimpinan Guru BK pada Lingkup Pendidikan. UM: Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling, Kearifan Lokal dalam Layanan Bimbingan dan Konseling pada Generasi Milenial.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, Vol. 4(1): 14-25.

Geldard, K. & Geldard, D. (2005). Keterampilan Praktik Konseling: Pendekatan Integratif. Terjemahan Eva Hamdiah (2011). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mappiare-AT, A. (2011). Konseling Postmodern: Mampukah Membentuk Karakter Berbasis Budaya Unggul Nusantara? Makalah bahan diskusi. Seminar Nasional dengan Tema “Konseling Post-Modern dan Pendidikan Karakter Bangsa”, FIP UNESA di Surabaya, tanggal 7 Mei.

Mappiare-AT, A. (2020). Modul Satu KIPAS: Rasioanal, Pandangan Filosofis, dan Teori Kepribadian KIPAS. Malang; Jurusan BK, FIP, UM.

Nursalim, M. (2013). Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Penerbit Unesa University Press.

Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A. & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setyaputri, N.Y. (2015) Koneksitas Nilai-nilai Luhur di dalam Semar (Badranaya) terhadap Ciri-ciri Konselor Multibudaya dan Praktik Konseling Multibudaya. UNNES: Seminar Nasional Konseling Berbasis Multikultural.

Setyaputri, N.Y., Lasan, B.B., & Permatasari, D. (2016). Pengembangan Paket Pelatihan “Ground, Understand, Revise, Use (GURU)-Karier” untuk Meningkatkan Efikasi Diri Karier Calon Konselor. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, Vol. 1(4): 132-141.

Setyaputri, N.Y. (2017). Karakter Ideal Konselor Multibudaya Berdasarkan Nilai Luhur Semar. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, Vol 2(2): 58-65.

Khususiyah, Setyaputri, N.Y., Gumilang, G., & Nawantara, R.D. (2019). Penggunaan Proses GURU (Ground, Understand, Revise, and Use) untuk Meningkatkan Efikasi Diri Karier Mahasiswa Calon Guru BK. Nusantara of Research, Vol. 6(1): 16-25.

Setyaputri, N.Y., Krisphianti, Y.D., & Nawantara, R.D. (2020). BADRANAYA: Media Inovatif Kultural untuk Memperdalam Karakter Adil Calon Konselor Multibudaya. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung.

Setyaputri, N.Y., Krisphianti, Y.D., & Nawantara, R.D. (2021). Badranaya: A Board Game to Enhance Prospective Multicultural Counselors’ Impartial Character. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, Vol 6(1): 24-33.

Wibowo, M.E. (2015) Perspektif Konseling Multikultural dalam Masyarakat Indonesia. Handout Makalah Seminar Nasional yang berjudul Perspektif Konseling Berbudaya Multikultural tanggal 3 Oktober 2015.

Zulyetty. (2014). PENERAPAN DIKLAT IN-ON-IN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. (Online), https://lpmpriau.kemdikbud.go.id/penerapan-diklat-in-on-in-untuk-meningkatkan-kemampuan-guru-dalam-melakukan-penelitian-tindakan-kelas/ , diakses tanggal 14 Februari 2022.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-03-21

How to Cite

Yuniar Setyaputri, N., Dwi Ariyanto, R., Sukma Hanggara, G., Adi Sancaya, S., & Ayuningtyas, P. . (2022). Peningkatan Keterampilan ICT untuk Guru BK melalui Pelatihan Konten Layanan Digital Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 94–101. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.86

Issue

Section

Articles