Peningkatan Kemampuan Menganalisis Siklus Air Melalui Media Puzzle Berbantuan Kartu Siklus Air Pada Siswa Kelas V SDN Besowo 2 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri

Authors

  • Alia Nur Husna Afandi SDN Besowo 2 Kepung Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v1i2.19

Keywords:

siklus air, puzzle, kartu siklus air

Abstract

Berdasarkan hasil refleksi peneliti, sebagai guru kelas V SDN Besowo 2, peneliti menemukan beberapa permasalahan pembelajaran, terutama pada proses pembelajaran sains materi menganalisis siklus air. Pada materi ini siswa cenderung kesulitan dalam memahami alur siklus air dengan baik, hal tersebut terungkap saat peneliti melakukan pre-test tanya jawab terkait konsep ini. Pada masa pandemi Covid-19, pembelajaran diarahkan pada konsep pembelajaran jarak jauh (PJJ), PJJ dapat dilakukan secara daring maupun luring. Mengingat latar belakang siswa di SDN Besowo 2 masih cukup kesulitan dalam proses pembelajaran daring, maka untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam materi menganalisis siklus air, dirumuskan sebuah solusi yaitu menggunakan media pembelajaran puzzle berbantuan kartu siklus air. Pendekatan  yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama 2 siklus, tiap siklus 2 pertemuan dengan materi menganalisis siklus air. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, media puzzle berbantuan kartu siklus air dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air. Melalui media puzzle ini, siswa dapat lebih terstimulus untuk mengeksplorasi pada kepingan-kepingan gambar yang didalamnya termuat materi pembelajaran. Melalui media puzzle, peserta didik dapat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, media puzzle memiliki warna dan potongan gambar yang bervariasi sehingga lebih menarik serta akan memudahkan pengajar dalam menyampaikan isi materi.

References

Akbar, S. 2013. Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berorientasi pada Pendidikan Karakter. Malang: Handout.

Arief S Sadiman, dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bahar & Risnawati, Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD di Kabupaten Gowa, Jurnal Publikasi Pendidikan, 2019: 9(1): 77-86.

Desstya, A. (2014). Kedudukan dan aplikasi pendidikan sains di sekolah dasar.

Kurniawati, I., Enni Suwarsi Rahayu, Pengembangan Media “Woody Puzzle” Untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Materi Struktur Jaringan Tumbuhan, Unnes Journal of Biology Education, 2014: 3 (3) : 291-296.

Lukitaningsih, T. 2015. Peningkatan pencapaian kompetensi siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Paron pada materi sistem pencernaan manusia dengan pendekatan saintifik melalui media puzzle. Jurnal Florea, 2 (1 ):5-12.

Subekti, W. 2012. Pentingnya Sains dalam Pendidikan, (Online), (https://www.zenius.net/blog/139/manfaat-belajar-sains), diakses pada 8 Maret 2020.

Sudjana, N, & Rivai, A (2015). Media Pengajaran. Cetakan ke-12. Bandung: Sinar. Baru Algensindo

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka: Sidoarjo.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-05-01

How to Cite

Afandi, A. N. H. (2021). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Siklus Air Melalui Media Puzzle Berbantuan Kartu Siklus Air Pada Siswa Kelas V SDN Besowo 2 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 1(2), 71–80. https://doi.org/10.53624/ptk.v1i2.19

Issue

Section

Articles