Peningkatan Kemampuan Menganalisis Siklus Air Melalui Media Puzzle Berbantuan Kartu Siklus Air Pada Siswa Kelas V SDN Besowo 2 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v1i2.19Keywords:
siklus air, puzzle, kartu siklus airAbstract
Berdasarkan hasil refleksi peneliti, sebagai guru kelas V SDN Besowo 2, peneliti menemukan beberapa permasalahan pembelajaran, terutama pada proses pembelajaran sains materi menganalisis siklus air. Pada materi ini siswa cenderung kesulitan dalam memahami alur siklus air dengan baik, hal tersebut terungkap saat peneliti melakukan pre-test tanya jawab terkait konsep ini. Pada masa pandemi Covid-19, pembelajaran diarahkan pada konsep pembelajaran jarak jauh (PJJ), PJJ dapat dilakukan secara daring maupun luring. Mengingat latar belakang siswa di SDN Besowo 2 masih cukup kesulitan dalam proses pembelajaran daring, maka untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam materi menganalisis siklus air, dirumuskan sebuah solusi yaitu menggunakan media pembelajaran puzzle berbantuan kartu siklus air. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama 2 siklus, tiap siklus 2 pertemuan dengan materi menganalisis siklus air. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, media puzzle berbantuan kartu siklus air dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air. Melalui media puzzle ini, siswa dapat lebih terstimulus untuk mengeksplorasi pada kepingan-kepingan gambar yang didalamnya termuat materi pembelajaran. Melalui media puzzle, peserta didik dapat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, media puzzle memiliki warna dan potongan gambar yang bervariasi sehingga lebih menarik serta akan memudahkan pengajar dalam menyampaikan isi materi.
Downloads
References
Akbar, S. 2013. Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berorientasi pada Pendidikan Karakter. Malang: Handout.
Arief S Sadiman, dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bahar & Risnawati, Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD di Kabupaten Gowa, Jurnal Publikasi Pendidikan, 2019: 9(1): 77-86.
Desstya, A. (2014). Kedudukan dan aplikasi pendidikan sains di sekolah dasar.
Kurniawati, I., Enni Suwarsi Rahayu, Pengembangan Media “Woody Puzzle” Untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Materi Struktur Jaringan Tumbuhan, Unnes Journal of Biology Education, 2014: 3 (3) : 291-296.
Lukitaningsih, T. 2015. Peningkatan pencapaian kompetensi siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Paron pada materi sistem pencernaan manusia dengan pendekatan saintifik melalui media puzzle. Jurnal Florea, 2 (1 ):5-12.
Subekti, W. 2012. Pentingnya Sains dalam Pendidikan, (Online), (https://www.zenius.net/blog/139/manfaat-belajar-sains), diakses pada 8 Maret 2020.
Sudjana, N, & Rivai, A (2015). Media Pengajaran. Cetakan ke-12. Bandung: Sinar. Baru Algensindo
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka: Sidoarjo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Alia Nur Husna Afandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0