Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Quizizz
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.467Keywords:
pembelajaran berbasis masalah, berpikir kritis, FRISCO, quizizzAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya temuan rendahnya kualitas kemampuan berpikir kritis siswa dari hasil observasi dan tes awal yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran Quizizz di SMAN 15 Medan. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena kemampuan berpikir kritis diperlukan siswa untuk menganalisis masalah dari berbagai sudut pandang. Metode: Metode penelitian ini mengadopsi metodologi penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian disajikan secara sistematis sesuai dengan fokus masalah penelitian. ¬¬Penyajian hasil penelitian dilakukan berbentuk narasi deskriptif yang diperkuat dengan tabel sehingga dalam menarik kesimpulan dan pemahaman dapat dilakukan secara mudah. Hasil dari penelitian ini diperoleh peningkatan dimana pada tes awal menunjukkan rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa adalah 62,9%, yang kemudian dilakukan upaya perbaikan dan peningkatan dalam pembelajaran pada setiap siklus. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan: pada siklus I, nilai rata-rata siswa mencapai 77,9% dengan ketuntasan klasikal 61,2%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86,2% dengan ketuntasan klasikal 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah setelah penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang diintegrasikan dengan Quizizz, kemampuan siswa kelas XI Adam Malik SMAN 15 Medan dalam mengatasi persoalan matematis meningkat signifikan.
Downloads
References
Ariadila, S. N., Silalahi, Y. F. N., Fadiyah, F. H., Jamaludin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 664–669. https://doi.org/10.5281/zenodo.8436970
Ariffah, E. Y. N., & Novitasari, M. (2024). Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Sikap Percaya Diri Korespondensi. PTK, 5(1). https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.432
Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta). Bumi Aksara.
Fakhrizal, T., & Hasanah, U. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas X SMA Negeri 1 Kluet Tengah. Jurnal Biotik, 8(2), 200–217. https://doi.org/10.22373/biotik.v8i2.8222
Febriyanti, N., & Dewi, D. A. (2021). Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 476–482. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1772
Gusliani, E., Ediputra, K., & Fadhilaturrahmi. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edumaspul, 5(2). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2015
Herliati, H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di SDN 001 Kempas Jaya. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(5), 1514. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8961
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya (1st ed.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Ifada, A. I., Toyib, M., & Marhamah, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dalam Pembelajaran Matematika melalui Problem Based Learning Di Sekolah Menengah Pertama. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2). https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.391
Indarta, Y., Jalinus, N., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5 . 0. 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Kalangi, V. P., Zakwandi, R., Manado, U. T., & Indonesia, U. P. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 266–276. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.218
Lestari, D. A., Kholisah, W., & Supriyanto, M. R. J. (2024). Pentingnya Etika dan Moral dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 43–49. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i3.3878
Maunino, G. Z. T., & Tacoh, Y. T. B. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Mata Pelajaran Informatika di SMA Kristen 1 Salatiga. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 308–319. https://doi.org/10.5281/zenodo.8307495
Prastiwi, Y. E. N., Arba’iyah, Barru, A. A. Al, & Hidayatullah, A. S. (2023). Penilaian Dan Pengukuran Hasil Belajar Pada Peserta Didik Berbasis Analisis Psikologi. BERSATU : Jurnal Pendidikan Bhineka Tunggal Ika, 1(4). https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4 Penilaian
Pratama, F. W. (2023). Profil Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Geometri Datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(2), 1946–1962. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.1717
Ramdhani, D. N., Khansa, S. D., & Prihantini, P. (2023). Penggunaan Media Quizizz Untuk Mengetahui Peningkatan Pemahaman Materi Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Guruku: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 17–22. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i1.548
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290
Siswanto, E., & Meiliasari. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika : Systematic Literature Review. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 8(1), 45–59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06
Susanti, Pomalato, S. W. D., Resmawan, & Hulukati, E. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam menggunakan Multimedia Interaktif. Differential: Journal on Mathematics Education, 1(1), 37–46. https://doi.org/10.32502/differential.v1i1.92
Sutisnawati, A., Rakhman, G. G. F., & Sumantri, M. S. (2024). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2). https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15842
Ubabuddin, & Herwani. (2022). Pelaksanaan penilaian pengetahuan lisan dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 129–140. https://doi.org/10.19109/guruku.v1i2.14972
Valentin, J. A., Shinta, N. M., Saputra, D. A., Kartiningtyas, W., Kritis, B., & Belajar, H. (2024). Problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 5962–5970. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28448
Wahyu Ariyani, O., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Arya Ihsan, Lely Syahfitri, Saiful Bahri, Cut Latifah Zahari, Nurhafipah Awalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0