Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dalam Pembelajaran Matematika melalui Problem Based Learning Di Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.391Keywords:
kemampuan kolaborasi, pembelajaran matematika, problem based learningAbstract
Kemampuan kolaborasi sangat penting dalam meningkatkan pengetahuan siswa dalam mencapai keberhasilan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta dalam pembelajaran matematika melalui Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian, sebanyak 19 siswa yaitu 7 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil temuan dari penelitian ini ialah melalui PBL, siswa mampu meningkatkan kemampuan kolaborasi dalam pembelajaran matematika. Adapun hasil yang diperoleh dari aspek-aspek kemampuan kolaborasi yaitu kontribusi meningkat dari 60% menjadi 78%, manajemen waktu meningkat dari 81 % menjadi 90%, pemecahan masalah meningkat dari 61% menjadi 79%, bekerja dengan orang lain meningkat dari 66 % menjadi 76% dan penyelidikan meningkat dari 55% menjadi 76%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan kolaborasi siswa SMP dapat meningkat dengan mengimplementasikan PBL dalam pembelajaran matematika.Downloads
References
Akbar, S. K. (2022). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII Melalui Model Peembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. Jurnal PAKAR GURU: Pembelajaran Dan Karya Guru, 2(2), 189–195. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i1.10168
Alfaeni, D., Nurkanti, M., & Halimah, M. (2022). Kemampuan Kolaborasi siswa melalui Model Project Based Learning menggunakan ZOOM pada materi Ekosistem. 143–149. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i2.6330
Ali, S. S. (2019). Problem Based Learning: A Student-Centered Approach. English Language Teaching, 12(5), 73. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p73
Almajed, A., Skinner, V., Peterson, R., & Winning, T. (2016). Collaborative learning: Students’ perspectives on how learning happens. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 10(2). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1601
Ambarwati, M. C., & Widodo, R. (2023). Peningkatan kolaborasi peserta didik melalui model pembelajaran problem-based learning. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 0066, 9–16. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jppg.v4i1.25484 9
Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366
Dewi, E. M. P., Qamaria, R. S., Widiastuti, A. A., Widyatno, A., Marpaung, J., Ervina, I., ... & Suprihatin, T. (2024). Pendidikan Indonesia Di Era Globalisasi; Tantangan Dan Peluang. Nas Media Pustaka.
Efendi, S. I. (2023). META ANALISIS: PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. 8(1), 17–24. https://doi.org/https://doi.org/10.36294/jmp.v8i1.3378
Gokhale, A. A. (1995). Collaborative Learning Enhances Critical Thinking. Journal of Technology Education, 7(1), 22–30. https://doi.org/10.21061/jte.v7i1.a.2
Haryono, A. (2015). Paradigma Baru dalam Proses Pembelajaran Konsep, Praktek, dan Permasalahannya. Online Journals Universitas Kristen Indonesia, 4(2), 171–186.
Hermawan, H., Indonesia, U. P., Siahaan, P., Indonesia, U. P., Suhendi, E., Indonesia, U. P., … Indonesia, U. P. (2017). Desain Rubrik Kemampuan Berkolaborasi Siswa SMP dalam Materi Pemantulan Cahaya. (December). https://doi.org/10.21009/1.03207
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI RI.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). Unidad 2 Lecturas The Action Research Planner. Capítulo 1 Del Libro Del Mismo Nombre, Editado Por La Deakin University, 1–16.
Mardawati, Syamsuddin, A., & Rukli. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Mobile Learning Terhadap Kemampuan Kolaborasi Matematika Siswa Kelas IV SD. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 5(1), 56–64. https://doi.org/10.31605/ijes.v5i1.1834
Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034
Masitoh, L. F., & Fitriyani, H. (2018). Improving students’ mathematics self-efficacy through problem based learning. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 1(1), 26. https://doi.org/10.29103/mjml.v1i1.679
Mulyanto et al. (2018). Mulyanto, H., Gunarhandi, & Indriayu, M. (2018). The Effect of Problem Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes Viewed from Critical Thinking Skills. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET, 5(3), 553–563.
Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 201–210. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.15714
Nurwahidah, N., Samsuri, T., Mirawati, B., & Indriati, I. (2021). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik. Reflection Journal, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.556
Nurwidodo, N., Romdaniyah, S. W., Sudarmanto, S., Rosanti, D., Kurniawati, K., & Abidin, Z. (2021). Analisis Profil Berpikir Kritis, Kreatif, Keterampilan Kolaboratif, dan Literasi Lingkungan Siswa Kelas 8 SMP Muhammadiyah sebagai Impak Pembelajaran Modern. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 605. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4642
Oktaviani, R. N. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dan Kolaborasi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Di Sd. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 257. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.11095
Purwanto. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdaya.
Rahmawati, A., Fadiawati, N., & Diawati, C. (2019). Analisis Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMA pada Pembelajarn Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah. 8(2).
Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3 (1), 18–27.
Readwritethink. (2012). Rubric for Cooperative and Collaborative Learning.
Sari, I. K., Pifianti, A., & Chairunissa, C. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase A Pada Tema Bhineka Tunggal Ika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 0(2), 138–147. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p138-147
Sufyadi, S., Adiprima, T. Y. H. P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan pengembangan projek peguatan profil pelajar pancasila jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Kemendikbudristek, 1–108. Retrieved from http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., & Novrika, S. (2021). Pembelajaran Paradigma Baru. Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan 2021, 1–6. Retrieved from https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=3AZGEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=sakralitas+maluku&ots=BPWBm1oFwQ&sig=5uh07--OD0F07zlJdl654EJRNvc
Sukirman, S., & Solikin, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2(2), 49–60. https://doi.org/10.21831/jpvo.v2i2.33552
Sunbanu, H. F., Mawardi, & Wardani, K. W. (2022). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Twostray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (1st ed.). Sukoharjo: CV.Jasmine.
Treepob, H., Hemtasin, C., & Thongsuk, T. (2023). Development of Scientific Problem-Solving Skills in Grade 9 Students by Applying Problem-Based Learning. International Education Studies, 16(4), 29. https://doi.org/10.5539/ies.v16n4p29
Ulhusna, M., Diana, S., & Zakirman. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130–137. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE%0ALOGO
van Leeuwen, A., & Janssen, J. (2019). A systematic review of teacher guidance during collaborative learning in primary and secondary education. Educational Research Review, 27(July 2018), 71–89. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.02.001
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ayu Irnadianis Ifada, Muhamad Toyib, Siti Marhamah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0