Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dalam Pembelajaran Matematika melalui Problem Based Learning Di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Ayu Irnadianis Ifada Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhamad Toyib Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Siti Marhamah SMP Muhammadiyah 8 Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.391

Keywords:

kemampuan kolaborasi, pembelajaran matematika, problem based learning

Abstract

Kemampuan kolaborasi sangat penting dalam meningkatkan pengetahuan siswa dalam mencapai keberhasilan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta dalam pembelajaran matematika melalui Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian, sebanyak 19 siswa yaitu 7 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil temuan dari penelitian ini ialah melalui PBL, siswa mampu meningkatkan kemampuan kolaborasi dalam pembelajaran matematika. Adapun hasil yang diperoleh dari aspek-aspek kemampuan kolaborasi yaitu kontribusi meningkat dari 60% menjadi 78%,  manajemen waktu meningkat dari 81 % menjadi 90%, pemecahan masalah meningkat dari 61% menjadi 79%, bekerja dengan orang lain meningkat dari 66 % menjadi 76% dan  penyelidikan meningkat dari 55% menjadi 76%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan kolaborasi siswa SMP dapat meningkat dengan mengimplementasikan PBL dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. K. (2022). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII Melalui Model Peembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. Jurnal PAKAR GURU: Pembelajaran Dan Karya Guru, 2(2), 189–195. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v11i1.10168

Alfaeni, D., Nurkanti, M., & Halimah, M. (2022). Kemampuan Kolaborasi siswa melalui Model Project Based Learning menggunakan ZOOM pada materi Ekosistem. 143–149. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i2.6330

Ali, S. S. (2019). Problem Based Learning: A Student-Centered Approach. English Language Teaching, 12(5), 73. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p73

Almajed, A., Skinner, V., Peterson, R., & Winning, T. (2016). Collaborative learning: Students’ perspectives on how learning happens. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 10(2). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1601

Ambarwati, M. C., & Widodo, R. (2023). Peningkatan kolaborasi peserta didik melalui model pembelajaran problem-based learning. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 0066, 9–16. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jppg.v4i1.25484 9

Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366

Dewi, E. M. P., Qamaria, R. S., Widiastuti, A. A., Widyatno, A., Marpaung, J., Ervina, I., ... & Suprihatin, T. (2024). Pendidikan Indonesia Di Era Globalisasi; Tantangan Dan Peluang. Nas Media Pustaka.

Efendi, S. I. (2023). META ANALISIS: PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. 8(1), 17–24. https://doi.org/https://doi.org/10.36294/jmp.v8i1.3378

Gokhale, A. A. (1995). Collaborative Learning Enhances Critical Thinking. Journal of Technology Education, 7(1), 22–30. https://doi.org/10.21061/jte.v7i1.a.2

Haryono, A. (2015). Paradigma Baru dalam Proses Pembelajaran Konsep, Praktek, dan Permasalahannya. Online Journals Universitas Kristen Indonesia, 4(2), 171–186.

Hermawan, H., Indonesia, U. P., Siahaan, P., Indonesia, U. P., Suhendi, E., Indonesia, U. P., … Indonesia, U. P. (2017). Desain Rubrik Kemampuan Berkolaborasi Siswa SMP dalam Materi Pemantulan Cahaya. (December). https://doi.org/10.21009/1.03207

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI RI.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). Unidad 2 Lecturas The Action Research Planner. Capítulo 1 Del Libro Del Mismo Nombre, Editado Por La Deakin University, 1–16.

Mardawati, Syamsuddin, A., & Rukli. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Mobile Learning Terhadap Kemampuan Kolaborasi Matematika Siswa Kelas IV SD. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 5(1), 56–64. https://doi.org/10.31605/ijes.v5i1.1834

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034

Masitoh, L. F., & Fitriyani, H. (2018). Improving students’ mathematics self-efficacy through problem based learning. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 1(1), 26. https://doi.org/10.29103/mjml.v1i1.679

Mulyanto et al. (2018). Mulyanto, H., Gunarhandi, & Indriayu, M. (2018). The Effect of Problem Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes Viewed from Critical Thinking Skills. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET, 5(3), 553–563.

Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 201–210. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.15714

Nurwahidah, N., Samsuri, T., Mirawati, B., & Indriati, I. (2021). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik. Reflection Journal, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.556

Nurwidodo, N., Romdaniyah, S. W., Sudarmanto, S., Rosanti, D., Kurniawati, K., & Abidin, Z. (2021). Analisis Profil Berpikir Kritis, Kreatif, Keterampilan Kolaboratif, dan Literasi Lingkungan Siswa Kelas 8 SMP Muhammadiyah sebagai Impak Pembelajaran Modern. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 605. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v9i2.4642

Oktaviani, R. N. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dan Kolaborasi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Di Sd. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 257. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.11095

Purwanto. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdaya.

Rahmawati, A., Fadiawati, N., & Diawati, C. (2019). Analisis Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMA pada Pembelajarn Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah. 8(2).

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3 (1), 18–27.

Readwritethink. (2012). Rubric for Cooperative and Collaborative Learning.

Sari, I. K., Pifianti, A., & Chairunissa, C. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase A Pada Tema Bhineka Tunggal Ika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 0(2), 138–147. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p138-147

Sufyadi, S., Adiprima, T. Y. H. P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan pengembangan projek peguatan profil pelajar pancasila jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Kemendikbudristek, 1–108. Retrieved from http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., & Novrika, S. (2021). Pembelajaran Paradigma Baru. Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan 2021, 1–6. Retrieved from https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=3AZGEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=sakralitas+maluku&ots=BPWBm1oFwQ&sig=5uh07--OD0F07zlJdl654EJRNvc

Sukirman, S., & Solikin, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2(2), 49–60. https://doi.org/10.21831/jpvo.v2i2.33552

Sunbanu, H. F., Mawardi, & Wardani, K. W. (2022). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Twostray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (1st ed.). Sukoharjo: CV.Jasmine.

Treepob, H., Hemtasin, C., & Thongsuk, T. (2023). Development of Scientific Problem-Solving Skills in Grade 9 Students by Applying Problem-Based Learning. International Education Studies, 16(4), 29. https://doi.org/10.5539/ies.v16n4p29

Ulhusna, M., Diana, S., & Zakirman. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130–137. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE%0ALOGO

van Leeuwen, A., & Janssen, J. (2019). A systematic review of teacher guidance during collaborative learning in primary and secondary education. Educational Research Review, 27(July 2018), 71–89. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.02.001

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-05-23

How to Cite

Ifada, A. I., Toyib, M., & Marhamah , S. (2024). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dalam Pembelajaran Matematika melalui Problem Based Learning Di Sekolah Menengah Pertama. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 447–460. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.391

Issue

Section

Articles