Upaya Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Melalui Konseling Kelompok Kognitif-Perilaku Pada Siswa SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro Tahun Pelajaran 2019-2020

Authors

  • Maris Laily Safa’ati SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v1i1.2

Keywords:

Konseling kelompok kognitif-perilaku, perilaku prokrastinasi, PTK

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami perilaku prokrastinasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam mengenai keefektifan dan kemampuan konseling kelompok, yang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kognitif-perilaku dalam membantu menurunkan perilaku prokrastinasi siswa. Angket prokrastinasi digunakan untuk mengetahui siswa yang berperilaku prokrastinasi. Dari angket tersebut dinyatakan ada delapan siswa yang menjadi subyek pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas mengacu pada model bagan penelitian tindakan yang secara garis besar terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil pre-test menunjukkan delapan siswa mengalami perilaku prokrastinasi. Hasil post-test pada siklus 1 dan 2 menunjukkan siswa mengalami penurunan perilaku prokrastinasi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan konseling kelompok kognitif-perilaku dapat mengurasi perilaku prokrastinasi siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo-Bojonegoro.

References

Arikunto, S., & others. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PT. Bumi Aksara.

Binder, Kelly. (2000). The Effect of Academic Procrastination Treatment On Student Procrastination and Subjective well-Being. (Google.com: National Library of Canada).

Erford, Bradley T. (2004). Professional School Counseling: A Handbook of theories, Programs and Practice.

Ferrari, J. R. Johnson, J.L. & Mc Cown, W.G. (1995). Procrastination and task Avoidance, Theory, Research and Treathment. New York: Plenum Press. (WWW.Googlebook.com) hal 1-36.

Froggatt, Wayne. (2006). A Brief Introduction to Cognitive-Behaviour Therapy. WWW.Google.com.

Ghufron, M Nur. (2003). Hubungan Kontrol Diri Dan Persepsi Remaja terhadap Penerapan Disiplin Orang Tua Dengan Prokrastinasi Akademik. Thesis. www. damandiri.or.id.

Nursalim, Mochammad.dkk. (2002). Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Schouwenburg,Hendri. Dkk. (2004). Counseling the procrastination in Academic Setting. Washington: APA Publisher.

Solomon, L.J.& Rothblum, E.D. (1984). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates, Journal of Counseling Psychology, 31,504-510.

Winkel,W.S. (1991). Bimbingan & Konseling di instiitusi pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-11-12

How to Cite

Safa’ati, M. L. (2020). Upaya Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Melalui Konseling Kelompok Kognitif-Perilaku Pada Siswa SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro Tahun Pelajaran 2019-2020. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 1(1), 22–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v1i1.2