Upaya Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Melalui Konseling Kelompok Kognitif-Perilaku Pada Siswa SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro Tahun Pelajaran 2019-2020
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v1i1.2Keywords:
Konseling kelompok kognitif-perilaku, perilaku prokrastinasi, PTKAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami perilaku prokrastinasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam mengenai keefektifan dan kemampuan konseling kelompok, yang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kognitif-perilaku dalam membantu menurunkan perilaku prokrastinasi siswa. Angket prokrastinasi digunakan untuk mengetahui siswa yang berperilaku prokrastinasi. Dari angket tersebut dinyatakan ada delapan siswa yang menjadi subyek pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas mengacu pada model bagan penelitian tindakan yang secara garis besar terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil pre-test menunjukkan delapan siswa mengalami perilaku prokrastinasi. Hasil post-test pada siklus 1 dan 2 menunjukkan siswa mengalami penurunan perilaku prokrastinasi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan konseling kelompok kognitif-perilaku dapat mengurasi perilaku prokrastinasi siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo-Bojonegoro.
Downloads
References
Arikunto, S., & others. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PT. Bumi Aksara.
Binder, Kelly. (2000). The Effect of Academic Procrastination Treatment On Student Procrastination and Subjective well-Being. (Google.com: National Library of Canada).
Erford, Bradley T. (2004). Professional School Counseling: A Handbook of theories, Programs and Practice.
Ferrari, J. R. Johnson, J.L. & Mc Cown, W.G. (1995). Procrastination and task Avoidance, Theory, Research and Treathment. New York: Plenum Press. (WWW.Googlebook.com) hal 1-36.
Froggatt, Wayne. (2006). A Brief Introduction to Cognitive-Behaviour Therapy. WWW.Google.com.
Ghufron, M Nur. (2003). Hubungan Kontrol Diri Dan Persepsi Remaja terhadap Penerapan Disiplin Orang Tua Dengan Prokrastinasi Akademik. Thesis. www. damandiri.or.id.
Nursalim, Mochammad.dkk. (2002). Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Schouwenburg,Hendri. Dkk. (2004). Counseling the procrastination in Academic Setting. Washington: APA Publisher.
Solomon, L.J.& Rothblum, E.D. (1984). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates, Journal of Counseling Psychology, 31,504-510.
Winkel,W.S. (1991). Bimbingan & Konseling di instiitusi pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Maris Laily Safa’ati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0