Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya

Authors

  • Tri Aulia Universitas Tanjungpura
  • Titin Titin Universitas Tanjungpura
  • Eko Sri Wahyuni Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.318

Keywords:

hasil belajar, model kooperatif, teams assisted individualization

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams assisted individualization. Model kooperatif tipe teams assisted individualization merupakan kolaborasi antara belajar individu dengan belajar kelompok. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas berlangsung dalam suatu alur yang disebut dengan siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini direncanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaituketerlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model koopetarif tipe teams assisted individualization pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 97,2%, sedangkan pada siklus II sebesar 100%. Selanjutnya yaitu ketuntasan belajar siswa yang diperoleh pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 80%, sedangkan pada siklus II sebesar 92,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe teams assisted individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem organisasi kehidupan di kelas VII MTs Al-Muhajirin Rasau Jaya.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAL (team assisted individualizaltion) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 1–14. https://doi.org/ 10.31949/jcp.v4i1.707

Fahmi Razaq, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Berbasis SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMAN Jogoroto Jombang. UNESA Journal of Chemical Education, 7(3), 415–421.

Harisandy, R. (2015). Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengendali daya tegangan rendah melalui model kooperatif tipe group investigation (GI). Jurnall Pendidikaln Teknik Elektro, 5(3), 21–30. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/elektro.v5i3.2210

Mahanani, P. S. E. (2022). Penerapan Metode Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 3 SDN Tambakrejo Gurah Kediri . PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 86–93. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.58

Mualimin, & Cahyadi, Rahmat, A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Pasuruan: Gading Pustaka.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajalr siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1350–1357. https://doi.org/10.31004/balsicedu.v4i4.549

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Qamaria, R. S., & Astuti, F. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar pada Remaja melalui Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management. Proyeksi, 18(1), 1–22. https://doi.org/10.30659/JP.18.1.1-22

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sepriyaningsih, Samitra, D., & Yunita, M. (2019). Pengaruh Model Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau. JPBIO: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 29–34. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i1.368

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2008). Cooperative learning: Theory, research and practice. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Susanti, W., & Jatmiko, B. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Pada Materi Elastisitas. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(1), 26–33. https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n1.p26-33

Wardani, N. M. C. A., Suwatra, I. W., & Wirya, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas VII Tahun Ajaran 2014/2015 di SMP Negeri 1 Banjar. Jurnal Edutech Undiksha,2(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v2i1.4521.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-04-01

How to Cite

Aulia, T., Titin, T., & Wahyuni, E. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 229–241. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.318

Issue

Section

Articles