Pengembangan Pembelajaran Scientific dengan Strategi eL-WTF untuk Mempertahankan Motivasi Belajar Biologi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.259Keywords:
eL-WTF, daring, pembelajaran biologiAbstract
ejak ditetapkannya Covid-19 sebagai Pandemik di tanah air telah membawa berbagai dampak yang di berbagai sektor kehidupan, termasuk di sektor pendidikan. Diantara dampak yang menjadi perhatian akibat pandemi Covid-19, yaitu penurunan motivasi belajar dan loss learning. Penelitian ini bertujuan untuk mempertahankan motivasi belajar siswa kelas XII pada pembelajaran scientific dengan strategi eL-WTF, serta mencegah terjadinya loss learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan desain model DPE. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Bayan. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas XII jurusan MIPA/IPS SMAN 1 Bayan tahun pelajaran 2020/2021 dan dokumen kurikulum serta materi Biologi. Metode pengumpulan data melalui observasi, angket, dan tes. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan dilengkapi dengan narasi kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan namun tidak signifikan, dari 34 % (before) menjadi 35% (after), bahkan ada peningkatan hasil belajar berupa pengumpulan laporan dan video hasil percobaan. Peningkatan ini disebabkan metode pembelajaran yang responsif terhadap perkembangan zaman dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat pembelajaran. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Scientifik dengan strategi eL-WTF efektif dan layak dijadikan sebagai model dan strategi alternative dalam pembelajaran biologi secara daring.Downloads
References
Aidah. (2019). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran di STIA Al Gazali Barru (Suatu Studi terhadap Pemanfaatan Model E-Learning Berbasis Software Claroline). Meraja Journal, 2(1), 1–12. https://merajajournal.com/index.php/mrj/article/view/20/17
Darwis, M. (2019). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Pada Materi Daur Air Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VI SD Inpres 3 / 77 Bukaka Kabupaten Bone. 1.
Fahmi, S., & Priwantoro, S. W. (2023). At-Taqaddum Learning Mathematical Logic and Sets Using E-Learning. 15(1), 42–50.
Haka, N. B., Majid, E., & Pahrudin, A. (2021). Pengembangan e-modul android berbasis metakognisi sebagai media pembelajaran biologi kelas XII SMA/MA. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 9(1), 71–83. https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.2155
Hasyyati, H., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Evaluasi Menggunakan Mentimeter untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5(4), 2550–2562. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1246
Hermanto, H., Aries Suprapto, H., Manurung, L., & Eko Adi Prasetya, Y. (2022). PKM Pemanfaatan Kewirausahaan Melalui Daring Sebagai Produk Bernilai Ekonomis Pada Siswa SMP Driewanti Bekasi. Journal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 1(6), 490–495. https://doi.org/10.36418/locus.v1i6.156
Hikmawati, H. (2016). Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik Pada Konsep Hukum Ohm Untuk Pembelajaran Fisika Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pijar Mipa, 11(1), 51–54. https://doi.org/10.29303/jpm.v11i1.62
Husniyatus Salamah Zainiyati, L., Ahmad Yani No, J., Wonosari, J., Wonocolo, K., Sby, K., & Timur, J. (2020). Inovasi Pembelajaran Agama Islam Pada Era Pandemi Menggunakan Mobile Learning Quizizz di SMA Shafta. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 04(2). https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i2.2214
Irhami, S. N. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Gairah Siswa dalam Pembelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Negeri 02 Banyumas. Jurnal Kependidikan, 7(1), 3–42. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2827
Jayawardana, H. B. ., & Gita, R. S. D. (2020). Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Biologi Di Era Pandemi Covid-19, 6(1), 58–66. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/psb/
Maknun, J. (2015). Pembelajaran Mitigasi Bencana Berorientasi Kearifan Lokal pada Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Kejuruan. Atikan, 5(2), 143. https://journals.mindamas.com/index.php/atikan/article/view/741
Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.2592 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BIOLOGI-KELAS XII. (2020). 1–35.
Pranajaya, H. dan W. (2018). Pemanfaat Aplikasi Whatsapp di Kalangan Pelajar: Studi Kasus di Mts Al Muddatsiriyah dan Mts Jakarta Pusat. Jurnal Orbith, 14(1), 59–67. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/orbith/article/view/1155
Prasasti, P. A. T. (2018). Efektivitas Scientific Approach With Guided Experiment Pada Pembelajaran Ipa Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 16. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3623
Putra, A. B., & Nita, S. (2019). Perancangan dan Pembangunan Sistem Informasi E-Learning Berbasis Web ( Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Kare Madiun ). 2017, 81–85.
Qamaria, R. S., & Astuti, F. (2023). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA MELALUI KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 18(1), 1-22.
Selvies Lea Babutta. (2020). Memaknai Manusia dalam Dimensi Mahluk Hidup: Kajian Filosofis dari Sudut Pandang Biolog. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(2), 48–53.
Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234–2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1915
Suwarjono, H., Rustaman, N. Y., Rustaman, N. Y., Sudargo, F., Sudargo, F., Hidayat, T., & Hidayat, T. (2019). Perspektif Ilmiah Dan Keyakinan Terhadap Evolusi Mahasiswa Biologi Di Universitas Berbasis Agama. Jurnal Sosial Humaniora, 10(2), 83. https://doi.org/10.30997/jsh.v10i2.1874
Warsito, H., & Evi Winingsih, Denok Setiawati, N. N. (2022). Pembelajaran Online Pasca Pandemi covid-19: Identifikasi Masalah Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(9), 1689–1699.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Rahmalaili
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0