Optimalisasi Fitur Moodle Menggunakan Model Pengembangan ADDIE
DOI:
https://doi.org/10.53624/jsitik.v3i1.431Keywords:
E-learning, Moodle, ADDIE, Blackbox TestingAbstract
Latar Belakang: pada abad ke-21 pembelajaran berkembang pesat, pemanfaatan E-learning menjadi faktor penting dalam meningkatkan proses pembelajaran siswa, dengan adanya platform moodle menjadikan e-learning dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Moodle adalah sebuah platform learning management system yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembelajaran secara fleksibel Tujuan: tujuan penelitian ini adalah mengoptimalisasi dengan menambahkan fitur dan konfigurasi tamilan pada web E-learning Moodle. Metode: dengan menggunakan metode ADDIE dan menguji dengan pengujian blackbox Hasil: hasil yang diperoleh adalah metode ADDIE dapat mengembangkan fitur ditunjukkan dengan pengujian blackbox yang menunjukkan hasil yang valid. Kesimpulan: penelitian ini berhasil mengoptimalkan fitur dan melakukan konfigurasi tampilan menggunakan metode ADDIE. Pengujian blackbox menunjukkan bahwa fitur baru dapat berfungsi dengan baik dan valid sehingga dapa meningkatkan proses pembelajaran siswa secara fleksibel dan efisien.
Downloads
References
D. M. Anggraeni and F. B. Sole, “E-Learning Moodle, Media Pembelajaran Fisika Abad 21,” Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, vol. 1, no. 2, p. 57, 2018, doi: 10.36312/e-saintika.v1i2.101. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i2.101
S. AL STIA Gazali Barru, “PEMANFAATAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI STIA AL GAZALI BARRU (Suatu Studi Terhadap Pemanfaatan Model E-Learning Berbasis Software Claroline).”
M. Zuhdi Sasongko and E. Daniati, “Perencanaan Sistem Manajemen Evaluasi Belajar Mahasiswa Berbasis Elearning Dengan Pendekatan Berorientasi Objek”.
H. Athaya, B. Purwandari, I. Eitiveni, and M. Purwaningsih, “Faktor Faktor Berpengaruh Kepada Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Melalui Student-Centered E-Learning Environment (SCELE),” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 9, no. 7, pp. 1597–1606, 2022, doi: 10.25126/jtiik.2022976753. DOI: https://doi.org/10.25126/jtiik.2022976753
I. Saitya, H. Stkip, and I. Bima, “PEMANFAATAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI”, [Online]. Available: https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Info
J. Cole and H. Foster, “Using Moodle: Teaching with the Popular Open Source Course Management System,” O’Reilly Community Press, vol. 5301494, no. 2 494, p. 286, 2007, [Online]. Available: http://books.google.com.au/books?id=wfPPb1m0G6EC
H. Farry Apriliano, “Manual Penggunaan Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment),” pp. 1–48, 2012, [Online]. Available: http://elearning.unsri.ac.id/Modul elearning.pdf
H. D. Surjono, “Membangun course e-learning berbasis moodle,” Yogyakarta: UNY, 2013.
A. Agung, G. Ekayana, and R. Rakasiwi, “PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA KULIAH INTERNET OF THINGS,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 16, no. 2, 2019. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v16i2.17594
H. Uzunboylu, “Comparison and Evaluation of Seels &Glasgow and ADDIE Instructional Design Model,” 2017. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/319078903
S. Sucipto et al., “Pelatihan Tim Pengembang Akademik SMAN 6 Kediri dalam Menggunakan E-Learning Berbasis Moodle,” Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 105–115, 2023. DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.80
S. Bakhri, “Animasi interaktif pembelajaran huruf dan angka menggunakan model ADDIE,” INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi …, 2019. DOI: https://doi.org/10.29407/intensif.v3i2.12666
W. J. Doll, X. Deng, T. S. Raghunathan, G. Torkzadeh, and W. Xia, “The meaning and measurement of user satisfaction: A multigroup invariance analysis of the end-user computing satisfaction instrument,” Journal of Management Information Systems, vol. 21, no. 1, pp. 227–262, 2004, doi: 10.1080/07421222.2004.11045789. DOI: https://doi.org/10.1080/07421222.2004.11045789
A. Ristyawan et al., “Perancangan antarmuka situs web profil DLHKP Kota Kediri Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, vol. 3, no. 3, 2024.
S. Sucipto et al., “Pelatihan Penggunaan QR Code terhadap Pengembang Kurikulum dalam Menggunakan untuk Presensi Siswa pada SMK PGRI 2 Kediri,” Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 98–108, May 2023, doi: 10.53624/kontribusi.v3i2.187. DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.187
F. Ardiansyah, A. S. Wardani, and S. Sucipto, “Rancang Bangun Company Profile Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak Berbasis Website,” JSITIK: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komputer, vol. 1, no. 2, pp. 124–136, Mar. 2023, doi: 10.53624/jsitik.v1i2.176. DOI: https://doi.org/10.53624/jsitik.v1i2.176
J. Karaman, P. Miya Gunawan, S. Firdhossiah, L. Mustikasari Mahardhika Fitriani, and R. Indriati, “Rancang Bangun Sistem Absensi Berbasis Website di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo,” 2024.
I. Udayana, “PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS INQUIRY LEARNING DALAM MUATAN MATERI SUMBER ENERGI MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NO. 2 ABIANBASE,” Universitas Pendidikan Ganesha, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dea Rizky Indrawan, Sucipto, Aidina Ristyawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0