Pelatihan Pengembangan Media Inovatif Berbasis Hypercontent bagi Guru SD

Authors

  • Hotimah Universitas Negeri Makassar
  • Siti Raihan Universitas Negeri Makassar
  • Amrah Universitas Negeri Makassar
  • Syamsuryani Eka Putri Atjo Universitas Negeri Makassar
  • Nurfaizah AP Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.223

Keywords:

Multimedia Pembelajaran, Hypercontent, Platform Online, Guru SD

Abstract

Pelatihan pengembangan multimedia pembelajaran yang inovatif ini bermitra dengan guru-guru sekolah dasar yang tergabung dalam ranting SD Muhammadiyah Kota Makassar. Adapun permasalah mitra yang dihadapi yaitu media pembelajaran yang tersedia sangat minim terutama kurangnya kemampuan guru dalam membuat multimedia pembelajaran berbasis hypercontent. Adapun pelatihan dilakukan dengan metode ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension). Tim pengabdi memberikan pelatihan kepada 29 peserta, dimana guru-guru dibelajarkan dalam menggunakan beberapa platform online seperti Canva, Wordwall, dan Quizziz dalam membuat media pembelajaran hypercontent. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan terkait kepuasan pelaksanaan pelatihan dapat diketahui bahwa skor perolehan untuk masing-masing indikator adalah 7.0 untuk indikator kualitas pelaksanaan pelatihan, sekor 7,9 untuk kualitas materi pelatihan, dan skor 7,6 untuk kualitas materi pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25).

Amin, M., Muslim, S., & Wirastih, M. K. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Hypercontent Pengenalan Perangkat Jaringan Komputer Untuk Mahasiswa Asal Daerah 3T. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 199–204. Universitas Subang.

Antari, L., Syaifudin, & Pusvitasari, N. (2022). Pendekatan ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension) dalam LKPD Pelajaran Matematika Kelas VII SMP. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 7(1). https://doi.org/10.33541/edumatsains.v7i1.3931

Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas Kahoot bagi Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i2.677

Dewi, T. R. (2021). Keterampilan Guru dalam Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Efektif. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 66–72. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.1031

Handayani, E. T. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) pada Materi Penentuan Perubahan Entalpi Untuk SMA/MA. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 1. https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6210

Irsan, I., G, A. L. N., Pertiwi, A., & R, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412–1417. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.498

Landa, Z. R., Sunaryo, T., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 718–734. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.529

Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2). https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Nurfadillah, S. (2021). Media Pembelajaran: Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. In CV Jejak. Sukabumi: CV Jejak. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=zPQ4EAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Nurzaelani, M. M., & Septiani, M. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Hypercontent Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTs). Prosiding Lppm Uika ….

Prawiradilaga, D. S., Widyaningrum, R., & Ariani, D. (2017). Prinsip-Prinsip Dasar Pengembangan Modul Berpendekatan Hypercontent. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(2), 57–65. https://doi.org/10.15294/ijcets.v5i2.17098

Rijal, F., & Idris, T. (2020). Teachers’ Pedagogic Competence in Utilizing Learning Media of Islamic Religious Education at State Junior High Schools in Lhoksuemawe. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 18(1), 101–116. https://doi.org/10.21154/cendekia.v1i1.1818

Rusli, M. (2017). Multimedia Pembelajaran yang Inovatif. In R. Utami (Ed.), Cv.Andi Offset. Andi.

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1). https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-05-31

How to Cite

Hotimah, H., Raihan, S., Amrah, A., Atjo, S. E. P. ., & AP, N. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Inovatif Berbasis Hypercontent bagi Guru SD. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 207–215. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.223

Issue

Section

Articles