Pelatihan Pengembangan Media Inovatif Berbasis Hypercontent bagi Guru SD
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.223Keywords:
Multimedia Pembelajaran, Hypercontent, Platform Online, Guru SDAbstract
Pelatihan pengembangan multimedia pembelajaran yang inovatif ini bermitra dengan guru-guru sekolah dasar yang tergabung dalam ranting SD Muhammadiyah Kota Makassar. Adapun permasalah mitra yang dihadapi yaitu media pembelajaran yang tersedia sangat minim terutama kurangnya kemampuan guru dalam membuat multimedia pembelajaran berbasis hypercontent. Adapun pelatihan dilakukan dengan metode ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension). Tim pengabdi memberikan pelatihan kepada 29 peserta, dimana guru-guru dibelajarkan dalam menggunakan beberapa platform online seperti Canva, Wordwall, dan Quizziz dalam membuat media pembelajaran hypercontent. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan terkait kepuasan pelaksanaan pelatihan dapat diketahui bahwa skor perolehan untuk masing-masing indikator adalah 7.0 untuk indikator kualitas pelaksanaan pelatihan, sekor 7,9 untuk kualitas materi pelatihan, dan skor 7,6 untuk kualitas materi pelatihan.
Downloads
References
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25).
Amin, M., Muslim, S., & Wirastih, M. K. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Hypercontent Pengenalan Perangkat Jaringan Komputer Untuk Mahasiswa Asal Daerah 3T. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 199–204. Universitas Subang.
Antari, L., Syaifudin, & Pusvitasari, N. (2022). Pendekatan ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension) dalam LKPD Pelajaran Matematika Kelas VII SMP. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 7(1). https://doi.org/10.33541/edumatsains.v7i1.3931
Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas Kahoot bagi Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i2.677
Dewi, T. R. (2021). Keterampilan Guru dalam Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Efektif. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 66–72. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.1031
Handayani, E. T. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis ICARE (Introduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) pada Materi Penentuan Perubahan Entalpi Untuk SMA/MA. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 1. https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6210
Irsan, I., G, A. L. N., Pertiwi, A., & R, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412–1417. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.498
Landa, Z. R., Sunaryo, T., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 718–734. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.529
Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2). https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126
Nurfadillah, S. (2021). Media Pembelajaran: Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. In CV Jejak. Sukabumi: CV Jejak. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=zPQ4EAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Nurzaelani, M. M., & Septiani, M. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Hypercontent Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTs). Prosiding Lppm Uika ….
Prawiradilaga, D. S., Widyaningrum, R., & Ariani, D. (2017). Prinsip-Prinsip Dasar Pengembangan Modul Berpendekatan Hypercontent. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(2), 57–65. https://doi.org/10.15294/ijcets.v5i2.17098
Rijal, F., & Idris, T. (2020). Teachers’ Pedagogic Competence in Utilizing Learning Media of Islamic Religious Education at State Junior High Schools in Lhoksuemawe. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 18(1), 101–116. https://doi.org/10.21154/cendekia.v1i1.1818
Rusli, M. (2017). Multimedia Pembelajaran yang Inovatif. In R. Utami (Ed.), Cv.Andi Offset. Andi.
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1). https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hotimah, Siti Raihan, Amrah, Syamsuryani Eka Putri Atjo, Nurfaizah AP
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0