Literasi Kesehatan untuk Anak: Implementasi Program Dokter Cilik di Sekolah Dasar

Authors

  • Hotimah Universitas Negeri Makassar
  • Andi Dewi Riang Tati Universitas Negeri Makassar
  • Siti Raihan Universitas Negeri Makassar
  • Rahmawati Patta Universitas Negeri Makassar
  • Hikmawati Usman Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.497

Keywords:

Literasi Kesehatan, Anak Sekolah Dasar, Perilaku Hidup Sehat, Dokter Cilik

Abstract

Latar Belakang: Program Pengabdian kepada Masyarakat tentang Implementasi Program Dokter Cilik di Sekolah Dasar dilaksanakan pada September 2024 di UPT SPF SD Inpres Parang, Makassar, bekerja sama dengan UPT Puskesmas Cendrawasih. PkM ini dilaksanakan melihat urgensi bahwa masih perlu ditingkatkannya literasi kesehatan terutama di kalangan anak-anak.Tujuan:  Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi kesehatan siswa sekolah dasar melalui edukasi pertolongan pertama dan perilaku hidup sehat. Sebanyak 16 siswa kelas 4-6 dilibatkan sebagai responden, dipilih berdasarkan rekomendasi guru. Metode: Metode palaksanaan dilakukan dengan melaksanakan pendekatan interaktif, seperti simulasi pertolongan pertama dan penyediaan materi edukatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil: Adapun hasil dari pelaksanaan PkM ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan kesehatan siswa sebesar 40% serta perubahan perilaku positif terkait kebersihan diri dan pola hidup sehat. Kesimpulan: Program ini memberikan model pendidikan kesehatan yang berkelanjutan di sekolah dasar yang relevan untuk diterapkan pada konteks sekolah di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achdiat, P. A., Rowawi, R., Fatmasari, D., & Johan, R. (2019). Tingkat Pengetahuan Penyakit Infeksi Menular Seksual dan Komplikasinya pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Jatinangor. Dharmakarya, 8(1), 35–38. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v8i1.19534

Admin Mekarbaru. (2022, September 1). Pelaksanaan Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah Dasar. Https://Puskesmasmekarbaru.Tanjungpinangkota.Go.Id/Index.Php/13-Berita/91-Pelaksanaan-Penjaringan-Kesehatan-Anak-Sekolah-Dasar.

Bahtiar, K. R., & Aisyah, I. S. (2018). Pembentukan Dokter Cilik Sebagai Bagian dari Unit Kesehatan Sekolah (UKS) (di SDIT At-Taufik Al-Islamy dan SDIT Ibadurrohman). Jurnal Pengabdian Siliwangi, 4(1), 92–94. https://doi.org/10.37058/jsppm.v4i1.344

Ditiaharman, F., Agsari, H., & Syakurah, R. A. (2022). Literasi Kesehatan Dan Perilaku Mencari Informasi Kesehatan Internet Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 355–365. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i1.2762

Fatmawati, Y., Hartini, S., Kartika Dewi, N., Agnes V, N., & Nur, S. (2023). Peningkatan Literasi Kesehatan pada Siswa PAUD-KB Pandan Wangi Desa Wates Undaan Kudus. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 6(4), 261–269. https://doi.org/https://doi.org/10.31596/jpk.v6i4.387

Herfanda, E., & Wahyuntari, E. (2021). Optimalisasi Peran Dokter Cilik di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo, 2(2), 202–206. https://doi.org/10.32807/jpms.v2i2.772

Hidayat, K., & Argantos. (2020). Peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Sebagai Proses Prilaku Hidup Bersih dan Sehat Peserta Didik. Jurnal Patriot, 2(2), 627–639.

Kementrian Kesahatan Indonesia. (2020). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. In Profil Kesehatan Indonesia.

Maulida, S., Purnama, Novianti, R., & Chairilsyah, D. (2023). Analisis Penerapan Literasi Kesehatan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Siti Sawiah Baitussalam Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 3311–3317.

Oematan, G., Aspatria, U., & Gustam, T. (2023). Pendidikan Kesehatan Pada Anak Sekolah Dasar. GOTAVA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 21–25. https://doi.org/10.59891/jpmgotava.v1i1.5

Syam, A., & Suharto, R. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Menumbuhkan High Order Thinking Skill (HOTS). Journal of Learning Education and Counseling, 5(2), 138–147. https://doi.org/https://doi.org/10.31960/ijolec.v5i2.2024

Wahyuni, N. P. D. S. (2013). Program Dokter Kecil Sebagai Upaya Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III, III, 185–189.

Wong, V. S. S., & Naguwa, G. S. (2010). The School Health Education Program (SHEP): medical students as health educators. Hawaii Medical Journal, 69(3), 60–64.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-16

How to Cite

Hotimah, H., Tati, A. D. R., Raihan, S., Patta, R., & Usman, H. (2024). Literasi Kesehatan untuk Anak: Implementasi Program Dokter Cilik di Sekolah Dasar. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 180–187. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.497

Most read articles by the same author(s)