Literasi Kesehatan untuk Anak: Implementasi Program Dokter Cilik di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.497Keywords:
Literasi Kesehatan, Anak Sekolah Dasar, Perilaku Hidup Sehat, Dokter CilikAbstract
Latar Belakang: Program Pengabdian kepada Masyarakat tentang Implementasi Program Dokter Cilik di Sekolah Dasar dilaksanakan pada September 2024 di UPT SPF SD Inpres Parang, Makassar, bekerja sama dengan UPT Puskesmas Cendrawasih. PkM ini dilaksanakan melihat urgensi bahwa masih perlu ditingkatkannya literasi kesehatan terutama di kalangan anak-anak.Tujuan: Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi kesehatan siswa sekolah dasar melalui edukasi pertolongan pertama dan perilaku hidup sehat. Sebanyak 16 siswa kelas 4-6 dilibatkan sebagai responden, dipilih berdasarkan rekomendasi guru. Metode: Metode palaksanaan dilakukan dengan melaksanakan pendekatan interaktif, seperti simulasi pertolongan pertama dan penyediaan materi edukatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil: Adapun hasil dari pelaksanaan PkM ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan kesehatan siswa sebesar 40% serta perubahan perilaku positif terkait kebersihan diri dan pola hidup sehat. Kesimpulan: Program ini memberikan model pendidikan kesehatan yang berkelanjutan di sekolah dasar yang relevan untuk diterapkan pada konteks sekolah di Indonesia.
Downloads
References
Achdiat, P. A., Rowawi, R., Fatmasari, D., & Johan, R. (2019). Tingkat Pengetahuan Penyakit Infeksi Menular Seksual dan Komplikasinya pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Jatinangor. Dharmakarya, 8(1), 35–38. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v8i1.19534
Admin Mekarbaru. (2022, September 1). Pelaksanaan Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah Dasar. Https://Puskesmasmekarbaru.Tanjungpinangkota.Go.Id/Index.Php/13-Berita/91-Pelaksanaan-Penjaringan-Kesehatan-Anak-Sekolah-Dasar.
Bahtiar, K. R., & Aisyah, I. S. (2018). Pembentukan Dokter Cilik Sebagai Bagian dari Unit Kesehatan Sekolah (UKS) (di SDIT At-Taufik Al-Islamy dan SDIT Ibadurrohman). Jurnal Pengabdian Siliwangi, 4(1), 92–94. https://doi.org/10.37058/jsppm.v4i1.344
Ditiaharman, F., Agsari, H., & Syakurah, R. A. (2022). Literasi Kesehatan Dan Perilaku Mencari Informasi Kesehatan Internet Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 355–365. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i1.2762
Fatmawati, Y., Hartini, S., Kartika Dewi, N., Agnes V, N., & Nur, S. (2023). Peningkatan Literasi Kesehatan pada Siswa PAUD-KB Pandan Wangi Desa Wates Undaan Kudus. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 6(4), 261–269. https://doi.org/https://doi.org/10.31596/jpk.v6i4.387
Herfanda, E., & Wahyuntari, E. (2021). Optimalisasi Peran Dokter Cilik di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo, 2(2), 202–206. https://doi.org/10.32807/jpms.v2i2.772
Hidayat, K., & Argantos. (2020). Peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Sebagai Proses Prilaku Hidup Bersih dan Sehat Peserta Didik. Jurnal Patriot, 2(2), 627–639.
Kementrian Kesahatan Indonesia. (2020). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. In Profil Kesehatan Indonesia.
Maulida, S., Purnama, Novianti, R., & Chairilsyah, D. (2023). Analisis Penerapan Literasi Kesehatan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Siti Sawiah Baitussalam Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 3311–3317.
Oematan, G., Aspatria, U., & Gustam, T. (2023). Pendidikan Kesehatan Pada Anak Sekolah Dasar. GOTAVA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 21–25. https://doi.org/10.59891/jpmgotava.v1i1.5
Syam, A., & Suharto, R. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Menumbuhkan High Order Thinking Skill (HOTS). Journal of Learning Education and Counseling, 5(2), 138–147. https://doi.org/https://doi.org/10.31960/ijolec.v5i2.2024
Wahyuni, N. P. D. S. (2013). Program Dokter Kecil Sebagai Upaya Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III, III, 185–189.
Wong, V. S. S., & Naguwa, G. S. (2010). The School Health Education Program (SHEP): medical students as health educators. Hawaii Medical Journal, 69(3), 60–64.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hotimah, Andi Dewi Riang Tati, Siti Raihan, Rahmawati Patta, Hikmawati Usman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0