Pelatihan Literasi Digital Canva untuk Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.524Keywords:
Canva, Literasi Digital, Pendidikan DasarAbstract
Latar Belakang: Pendidikan dasar di Kabupaten Trenggalek memerlukan pengembangan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif. Salah satu alat yang dapat digunakan adalah aplikasi desain grafis Canva, yang memungkinkan guru untuk membuat media pembelajaran yang kreatif dan interaktif. Tujuan: Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru sekolah dasar di Kabupaten Trenggalek dalam menggunakan Canva untuk mendesain materi ajar yang lebih inovatif dan dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Metode: Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah pendekatan campuran (mixed-method), yang menggabungkan survei kualitatif dan kuantitatif. Hasil: Hasil pelatihan menunjukkan bahwa mayoritas peserta berhasil menguasai penggunaan Canva untuk membuat berbagai media pembelajaran yang menarik, seperti poster, materi ajar berbasis gambar, dan slide presentasi. Kesimpulan: Pelatihan literasi digital dengan menggunakan aplikasi Canva terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan guru sekolah dasar di Kabupaten Trenggalek dalam membuat media pembelajaran yang kreatif dan interaktif.
Downloads
References
Amami, S., Wahyuni, I.,& Rosita,C.D. (2021). Pemanfaatan teknologi melalui pelatihan penggunaan aplikasi google site bagi guru mgmp matematika smp kabupaten Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23-29. DOI: https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i1.35
Asbari, M., & Novitasari, D. (2020). Pengaruh Aktivitas Berbagi Pengetahuan dan Mediasi Budaya terhadap Kemampuan Inovasi Guru. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 50–60 DOI: https://doi.org/10.17977/um025v5i12020p50
Asbari, M., & Prasetya, A. B. (2021). Managerial Coaching: Rahasia Membangun Kinerja, Komitmen Tim dan Modal Psikologis Guru. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 490–506. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1248 DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1248
Ayu Rizki Septiana, & Moh. Hanafi. (2022). Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Impelementasi Kurikulum Merdeka. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3),380-385. https://doi.org/10.56799/joongki.vli3.832. DOI: https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.832
Buwono, S., & Aditya Dewantara, J. (2020). Hubungan Media Internet, Membaca, Dan Menulis Dalam Literasi Digital Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(4), 1186–1193. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.526
Fitriani, F., Faisol, A., Wamiliana, W., Chasanah, SL., & Kurniasari, D. (2022). Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMK Di Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 3(3), 193-202. DOI: https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i3.96
Gehred, A.P. (2020). Canva. Journal of Mdical Library Association: JMLA, 108(2), 338 DOI: https://doi.org/10.5195/jmla.2020.940
Humaira, F., & Aprison, W. (2024). KOMPETENSI LITERASI DIGITAL PENDIDIK DI ERA SOCIETY 5.0. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 4(1), 29-38.
Maulansyah, R. D., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting! Journal of Information System and Management (JISMA), 02(05), 31–35.
Novitasari, D., & Asbari, M. (2021). Leaders Coaching di Sekolah: Apa Perannya terhadap Kinerja Guru? Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 580–597. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1299 DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1299
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. DOI: https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380
Rohman, A., Asbari, M., & Rezza, D. (2024). Literasi digital: Revitalisasi inovasi teknologi. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 6-9.
Rohman, A., Asbari, M., & Rezza, D. (2023). Literasi Digital: Revitalisasi Inovasi Teknologi . Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen (JISMA) , 3 (1), 6–9. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i1.742.
Yusron, M., Ika Puspita, A., & Puspitaningsih, F. (2020). PENGARUH MEDIA POP UP BOOK BERBASIS LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS RENDAH. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 3 (1), 39-45. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v3i1.208 DOI: https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v3i1.208
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hendratno, Eva Amalia, Nurul Istighfaroh, Bambang Edi Siswanto, Zulfin Rachma Mufidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0