Pelatihan Literasi Digital Canva untuk Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Hendratno Universitas Negeri Surabaya
  • Eva Amalia Universitas Negeri Surabaya
  • Nurul Istiq'faroh Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Edi Siswanto Universitas Negeri Surabaya
  • Zulfin Rachma Mufidah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.524

Keywords:

Canva, Literasi Digital, Pendidikan Dasar

Abstract

Latar Belakang: Pendidikan dasar di Kabupaten Trenggalek memerlukan pengembangan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif. Salah satu alat yang dapat digunakan adalah aplikasi desain grafis Canva, yang memungkinkan guru untuk membuat media pembelajaran yang kreatif dan interaktif. Tujuan: Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru sekolah dasar di Kabupaten Trenggalek dalam menggunakan Canva untuk mendesain materi ajar yang lebih inovatif dan dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Metode: Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah pendekatan campuran (mixed-method), yang menggabungkan survei kualitatif dan kuantitatif. Hasil: Hasil pelatihan menunjukkan bahwa mayoritas peserta berhasil menguasai penggunaan Canva untuk membuat berbagai media pembelajaran yang menarik, seperti poster, materi ajar berbasis gambar, dan slide presentasi. Kesimpulan: Pelatihan literasi digital dengan menggunakan aplikasi Canva terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan guru sekolah dasar di Kabupaten Trenggalek dalam membuat media pembelajaran yang kreatif dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amami, S., Wahyuni, I.,& Rosita,C.D. (2021). Pemanfaatan teknologi melalui pelatihan penggunaan aplikasi google site bagi guru mgmp matematika smp kabupaten Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23-29. DOI: https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i1.35

Asbari, M., & Novitasari, D. (2020). Pengaruh Aktivitas Berbagi Pengetahuan dan Mediasi Budaya terhadap Kemampuan Inovasi Guru. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 50–60 DOI: https://doi.org/10.17977/um025v5i12020p50

Asbari, M., & Prasetya, A. B. (2021). Managerial Coaching: Rahasia Membangun Kinerja, Komitmen Tim dan Modal Psikologis Guru. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 490–506. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1248 DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1248

Ayu Rizki Septiana, & Moh. Hanafi. (2022). Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Impelementasi Kurikulum Merdeka. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3),380-385. https://doi.org/10.56799/joongki.vli3.832. DOI: https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.832

Buwono, S., & Aditya Dewantara, J. (2020). Hubungan Media Internet, Membaca, Dan Menulis Dalam Literasi Digital Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(4), 1186–1193. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.526

Fitriani, F., Faisol, A., Wamiliana, W., Chasanah, SL., & Kurniasari, D. (2022). Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMK Di Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 3(3), 193-202. DOI: https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i3.96

Gehred, A.P. (2020). Canva. Journal of Mdical Library Association: JMLA, 108(2), 338 DOI: https://doi.org/10.5195/jmla.2020.940

Humaira, F., & Aprison, W. (2024). KOMPETENSI LITERASI DIGITAL PENDIDIK DI ERA SOCIETY 5.0. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 4(1), 29-38.

Maulansyah, R. D., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting! Journal of Information System and Management (JISMA), 02(05), 31–35.

Novitasari, D., & Asbari, M. (2021). Leaders Coaching di Sekolah: Apa Perannya terhadap Kinerja Guru? Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 580–597. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1299 DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1299

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. DOI: https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380

Rohman, A., Asbari, M., & Rezza, D. (2024). Literasi digital: Revitalisasi inovasi teknologi. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 6-9.

Rohman, A., Asbari, M., & Rezza, D. (2023). Literasi Digital: Revitalisasi Inovasi Teknologi . Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen (JISMA) , 3 (1), 6–9. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i1.742.

Yusron, M., Ika Puspita, A., & Puspitaningsih, F. (2020). PENGARUH MEDIA POP UP BOOK BERBASIS LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS RENDAH. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 3 (1), 39-45. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v3i1.208 DOI: https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v3i1.208

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-05-11

How to Cite

Hendratno, H., Amalia, E., Istiq’faroh, N., Siswanto, B. E., & Mufidah, Z. R. (2025). Pelatihan Literasi Digital Canva untuk Guru Sekolah Dasar. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 222–231. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.524

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)