Penguatan Pengetahuan Siswa dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Anti Bullying
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.527Keywords:
Pengetahuan, Bullying, Sekolah Ramah AnakAbstract
Latar Belakang: Bullying di lingkungan sekolah masih menjadi masalah yang dapat merugikan perkembangan mental dan sosial siswa. Sehingga diperlukan langkah preventif untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung. Tujuan: Memberikan penguatan pengetahuan siswa mengenai bullying, serta nilai-nilai toleransi, empati, dan saling menghormati di SDN Asmorobangun 02 Kabupaten Kediri. Metode: Metode yang dipilih pengabdi yaitu siswa diberikan pemahaman tentang bullying, jenis – jenis bullying serta dampak terhadap korban dan pelaku bullying serta konsep dan pentingnya sekolah ramah anak. Dalam simulasi bersama kelompok, siswa diajarkan tentang komunikasi yang efektif dan penyelesaian konflik untuk membekali siswa dengan kemampuan dalam membangun hubungan yang positif dengan teman sebaya. Hasil: Kegiatan ini menunjukkan peningkatan pengetahuan, dimana sebagian besar anak memiliki pengetahuan cukup yaitu sebesar 20 siswa (71,43%). Siswa di yang memiliki pengetahuan baik dan kurang sebesar 4 siswa yaitu 14,29%. Siswa di SDN Asmorobangun 02 Kabupaten Kediri dapat memahami dan mampu menjawab pertanyaan baik lisan maupun tertulis, selain itu, siswa dapat memahami tentang pentingnya empati dan toleransi yang nantinya dapat mengurangi tindakan bullying dan menciptakan hubungan yang lebih sehat antar teman di sekolah. Kesimpulan: Pengabdian kepada masyarakat ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam menciptakan sekolah yang lebih inklusif, aman, dan nyaman bagi seluruh siswa, serta mendorong terciptanya lingkungan yang mendukung perkembangan karakter siswa yang positif.
Downloads
References
Agustin, S. M. (2014). Komunikasi Peer-Group tentang Konsep Kekerasan dan Bullying (Studi Groupthink Theory & Sosialisasi Anti Kekerasan dan Bullying pada Siswa SMA Negeri 70, Bulungan-Jakarta). Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI PRANATA SOSIAL, 2(3), 208–220.
Astarani, K., & Taviyanda, D. (2020). Optimalisasi Tugas Keluarga Dalam Mencegah dan Mengatasi Perilaku Bullying Dalam Kehidupan Anak. Journal of Community Engagement in Health, 3(1), 39–43. https://doi.org/10.30994/jceh.v3i1.31
Aswat, H., La Ode Onde, M. K., & Ayda, B. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3389
Baldry, A. C. (2003). Bullying in schools and exposure to domestic violence. Child Abuse and Neglect, 27(7), 713–732. https://doi.org/10.1016/S0145-2134(03)00114-5
Herman, & Kusbaryanto. (2020). Edukasi Family Therapy Mencegah Bullying Pada Anak: Literature Review. CITRA DELIMA : Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitung, 4(1). https://doi.org/10.33862/citradelima
Holt, M. K., Kantor, G. K., & Finkelhor, D. (2009). Parent/child concordance about bullying involvement and family characteristics related to bullying and peer victimization. Journal of School Violence, 8(1), 42–63. https://doi.org/10.1080/15388220802067813
Janitra, P. A., & Prasanti, D. (2017). Komunikasi Keluarga Dalam Pencegahan Perilaku Bullying Bagi Anak. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 6(1), 23. https://doi.org/10.22202/mamangan.1878
Juvonen, J., & Graham, S. (2014). Bullying in schools: The power of bullies and the plight of victims. In Annual Review of Psychology (Vol. 65, pp. 159–185). Annual Reviews Inc. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-010213-115030
Maramis, F. P., Yunus, R., & Adhani, Y. (2023). Penguatan Karakter Integritas Sebagai Pencegahan Bullying di Madrasah Aliyah Hi. Hayyun Salumpaga. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(10). https://doi.org/http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Maslahah, W., Lestari, H. S., Kartikaningrum, J., Galih, S., Rachman Faradiba, & Ulvia, N. (2023). PROGRAM PENGUATAN PELAJAR PANCASILA DENGAN MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK ANTI BULLYING. E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(02), 93–104. https://doi.org/https://stp-mataram.e-journal.id/Amal
Menesini, E., & Salmivalli, C. (2017). Bullying in schools: the state of knowledge and effective interventions. Psychology, Health and Medicine, 22, 240–253. https://doi.org/10.1080/13548506.2017.1279740
Nining Sri Ningsih, & Enggi Bachrudin. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Peraturan Emosional Terhadap Cenderung Perilaku Bullying Pada Kelompok Remaja Di SMP 3 Semparuk. Jurnal Kesehatan, 10(1), 91–99. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v10i1.344
Noviana, E., Pranata, L., Fari, A. I., Kesehatan, F. I., Katolik, U., Charitas, M., & Penulis, K. (2020). GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA SMA TENTANG BAHAYA BULLYING. PPTK : Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 3(2).
Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892
Rigby, Ken. (2007). Bullying in schools and what to do about it. ACER.
Sukmawati, M., Robeatul Adawiyah, S., & Puspita Sari, R. (2024). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE CERAMAH TENTANG BULLYING TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA REMAJA KELAS X DI SMK SIERE CENDEKIA. Medic Nutricia Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(2). https://doi.org/10.5455/mnj.v1i2.644xa
Susanti, I., Sholikhah, S., Ubudiyah, M., Cristianti, I. A., Mafaza, J. I. R., & Permatasari, N. I. (2023). PENGUATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG BULLYING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN GENERASI UNGGUL DAN ISLAMI. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 6094. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17690
Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Penggunaan Media Audiovisual Berbantu Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1652–1657. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.975
Wulandari, H., & Ningsih, S. A. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Sejak Dini Untuk Melawan Aksi Bullying Era Revolusi 5.0. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14773–14787.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kili Astarani, Selvia David Richard, Dian Taviyanda, Debora Aurelia Ayu Wasyana, Chindy Apriliana, Okta Christie Permatasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0