Penguatan Pengetahuan Siswa dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Anti Bullying

Authors

  • Kili Astarani STIKES RS Baptis Kediri
  • Selvia David Richard STIKES RS Baptis Kediri
  • Dian Taviyanda STIKES RS Baptis Kediri
  • Debora Aurelia Ayu Wasyana STIKES RS Baptis Kediri
  • Chindy Apriliana STIKES RS Baptis Kediri
  • Okta Christie Permatasari STIKES RS Baptis Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.527

Keywords:

Pengetahuan, Bullying, Sekolah Ramah Anak

Abstract

Latar Belakang: Bullying di lingkungan sekolah masih menjadi masalah yang dapat merugikan perkembangan mental dan sosial siswa. Sehingga diperlukan langkah preventif untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung. Tujuan: Memberikan penguatan pengetahuan siswa mengenai bullying, serta nilai-nilai toleransi, empati, dan saling menghormati di SDN Asmorobangun 02 Kabupaten Kediri. Metode: Metode yang dipilih pengabdi yaitu siswa diberikan pemahaman tentang bullying, jenis – jenis bullying serta dampak terhadap korban dan pelaku bullying serta konsep dan pentingnya sekolah ramah anak. Dalam simulasi bersama kelompok, siswa diajarkan tentang komunikasi yang efektif dan penyelesaian konflik untuk membekali siswa dengan kemampuan dalam membangun hubungan yang positif dengan teman sebaya. Hasil: Kegiatan ini menunjukkan peningkatan pengetahuan, dimana sebagian besar anak memiliki pengetahuan cukup yaitu sebesar 20 siswa (71,43%). Siswa di yang memiliki pengetahuan baik dan kurang sebesar 4 siswa yaitu 14,29%. Siswa di SDN Asmorobangun 02 Kabupaten Kediri dapat memahami dan mampu menjawab pertanyaan  baik lisan maupun tertulis, selain itu, siswa dapat memahami tentang pentingnya empati dan toleransi yang nantinya dapat mengurangi tindakan bullying dan menciptakan hubungan yang lebih sehat antar teman di sekolah. Kesimpulan: Pengabdian kepada masyarakat ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam menciptakan sekolah yang lebih inklusif, aman, dan nyaman bagi seluruh siswa, serta mendorong terciptanya lingkungan yang mendukung perkembangan karakter siswa yang positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, S. M. (2014). Komunikasi Peer-Group tentang Konsep Kekerasan dan Bullying (Studi Groupthink Theory & Sosialisasi Anti Kekerasan dan Bullying pada Siswa SMA Negeri 70, Bulungan-Jakarta). Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI PRANATA SOSIAL, 2(3), 208–220.

Astarani, K., & Taviyanda, D. (2020). Optimalisasi Tugas Keluarga Dalam Mencegah dan Mengatasi Perilaku Bullying Dalam Kehidupan Anak. Journal of Community Engagement in Health, 3(1), 39–43. https://doi.org/10.30994/jceh.v3i1.31

Aswat, H., La Ode Onde, M. K., & Ayda, B. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3389

Baldry, A. C. (2003). Bullying in schools and exposure to domestic violence. Child Abuse and Neglect, 27(7), 713–732. https://doi.org/10.1016/S0145-2134(03)00114-5

Herman, & Kusbaryanto. (2020). Edukasi Family Therapy Mencegah Bullying Pada Anak: Literature Review. CITRA DELIMA : Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitung, 4(1). https://doi.org/10.33862/citradelima

Holt, M. K., Kantor, G. K., & Finkelhor, D. (2009). Parent/child concordance about bullying involvement and family characteristics related to bullying and peer victimization. Journal of School Violence, 8(1), 42–63. https://doi.org/10.1080/15388220802067813

Janitra, P. A., & Prasanti, D. (2017). Komunikasi Keluarga Dalam Pencegahan Perilaku Bullying Bagi Anak. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 6(1), 23. https://doi.org/10.22202/mamangan.1878

Juvonen, J., & Graham, S. (2014). Bullying in schools: The power of bullies and the plight of victims. In Annual Review of Psychology (Vol. 65, pp. 159–185). Annual Reviews Inc. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-010213-115030

Maramis, F. P., Yunus, R., & Adhani, Y. (2023). Penguatan Karakter Integritas Sebagai Pencegahan Bullying di Madrasah Aliyah Hi. Hayyun Salumpaga. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(10). https://doi.org/http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Maslahah, W., Lestari, H. S., Kartikaningrum, J., Galih, S., Rachman Faradiba, & Ulvia, N. (2023). PROGRAM PENGUATAN PELAJAR PANCASILA DENGAN MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK ANTI BULLYING. E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(02), 93–104. https://doi.org/https://stp-mataram.e-journal.id/Amal

Menesini, E., & Salmivalli, C. (2017). Bullying in schools: the state of knowledge and effective interventions. Psychology, Health and Medicine, 22, 240–253. https://doi.org/10.1080/13548506.2017.1279740

Nining Sri Ningsih, & Enggi Bachrudin. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Peraturan Emosional Terhadap Cenderung Perilaku Bullying Pada Kelompok Remaja Di SMP 3 Semparuk. Jurnal Kesehatan, 10(1), 91–99. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v10i1.344

Noviana, E., Pranata, L., Fari, A. I., Kesehatan, F. I., Katolik, U., Charitas, M., & Penulis, K. (2020). GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA SMA TENTANG BAHAYA BULLYING. PPTK : Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 3(2).

Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892

Rigby, Ken. (2007). Bullying in schools and what to do about it. ACER.

Sukmawati, M., Robeatul Adawiyah, S., & Puspita Sari, R. (2024). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE CERAMAH TENTANG BULLYING TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA REMAJA KELAS X DI SMK SIERE CENDEKIA. Medic Nutricia Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(2). https://doi.org/10.5455/mnj.v1i2.644xa

Susanti, I., Sholikhah, S., Ubudiyah, M., Cristianti, I. A., Mafaza, J. I. R., & Permatasari, N. I. (2023). PENGUATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG BULLYING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN GENERASI UNGGUL DAN ISLAMI. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 6094. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.17690

Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Penggunaan Media Audiovisual Berbantu Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1652–1657. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.975

Wulandari, H., & Ningsih, S. A. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Sejak Dini Untuk Melawan Aksi Bullying Era Revolusi 5.0. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14773–14787.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-30

How to Cite

Astarani, K., Richard, S. D., Taviyanda, D., Wasyana, D. A. A., Apriliana, C., & Permatasari, O. C. (2024). Penguatan Pengetahuan Siswa dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Anti Bullying. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 209–221. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.527

Most read articles by the same author(s)