Implementasi Karakter Sosial Pada Anak Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Holistik Keperawatan Anak Dalam Kegiatan Bersinar
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.621Keywords:
Empati, Tolong Menolong, Kebersamaan, Anak Usia SekolahAbstract
Latar Belakang: Sekolah dan keluarga memiliki peran besar dalam menumbuhkan karakter anak melalui keteladanan, pembiasaan, dan pembelajaran yang bermakna dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan: Memberikan implementasi Karakter Sosial Pada Anak Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Holistik Keperawatan Anak dalam Kegiatan BERSINAR (Bina Empati, Tolong Menolong, dan Kebersamaan Anak). Metode: Metode yang dipilih pengabdi diawali dengan Koordinasi dengan kepala sekolah dan guru, dilanjutkan penyusunan materi edukasi dan pembuatan poster. Pelaksanaan meliputi pengenalan, refleksi diri, diskuse serta evaluasi perilaku siswa. Hasil: Kegiatan ini menunjukkan dari 36 siswa sebanyak 25 siswa (69,44%) memiliki nilai empati tinggi, sejumlah 28 siswa (77,78%) memiliki nilai tolong menolong tinggi, dan sejumlah 28 siswa (77,78%) memiliki nilai kebersamaan tinggi. Kesimpulan: Kegiatan ini berhasil memperkuat nilai siswa dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekolah serta direkomendasikan untuk dikembangkan lebih lanjut.
Downloads
References
Abdullah, S. H., & Salim, R. M. A. (2020). Parenting style and empathy in children: The mediating role of family communication patterns. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 17(1), 34. https://doi.org/10.26555/humanitas.v17i1.13126 DOI: https://doi.org/10.26555/humanitas.v17i1.13126
Ardiana, R. (2022). Kegiatan Mendongeng Sebagai Media Dalam Menumbuhkan Sikap Tolong Menolong Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM), 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24903/jpkpm.v2i2.1238
Astarani, K., Mahanani, S., & Yusiana, M. A. (2023). Communication Using the Storytelling Method Improves Knowledge in Implementing Health Protocols for School-Age Children. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 10(2), 169–176. https://doi.org/10.26699/jnk.v10i2.art.p169-176 DOI: https://doi.org/10.26699/jnk.v10i2.ART.p169-176
Astarani, K., Richard, S. D., Taviyanda, D., Wasyana, D. A. A., Apriliana, C., & Permatasari, O. C. (2024). Penguatan Pengetahuan Siswa dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Anti Bullying. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 209–221. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.527 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.527
Astarani, K., & Taviyanda, D. (2020). Optimalisasi Tugas Keluarga Dalam Mencegah dan Mengatasi Perilaku Bullying Dalam Kehidupan Anak. Journal of Community Engagement in Health, 3(1), 39–43. https://doi.org/10.30994/jceh.v3i1.31 DOI: https://doi.org/10.30994/jceh.v3i1.31
Astarani, K., Taviyanda, D., Tabita, A., Crisstella, A., Kurnianto, A., Zeofanny, C., Obillia, C. N., Agusta, D., Pawestri, D. M., Puspitasari, D. A., Anteng, D. A. R., & Retno, E. D. (2023). Edukasi Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Pada Siswa Sekolah Dasar. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 116–126. https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.85 DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.85
Astarani, K., Yentus, A., Regita, A., Henny, C., Nelli, D., Irawanda, D., Sanjaya, D. A., Dwiseptyani, E., & Anggara, F. (2023). Upaya Peningkatan Ketrampilan Gosok Gigi Pada Anak di SD YBPK Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 139–149. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.198 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.198
Efendi, R., & Ratih, A. W. (2023). Pengembangan Media Video Tutorial Interaktif dalam Pembelajaran Vokasi Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Ringan. Education and Training, 4(2), 59–64.
Fransiska, F., Suryameng, S., & Sumiati, Y. (2023). Peran Guru Dalam Menanamkan Kemampuan Empati Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Santa Maria Sintang. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(1), 190–203. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i1.2328 DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i1.2328
Hamid, A. (2024). MENEJEMEM PENDIDIKAN KERAKTER ANAK USIA DINI: MENGEMBANGKAN KARAKTER EMPATI PADA ANAK USIA DINI DALAM PENDIDIKAN. 5(1), 49–61.
Herlina, Akib, I., & Rukli. (2023). Nilai-Nilai Moral Dan Kepedulian Pada Pendidikan Karakter Di Sd Islam Al Azhar 34 Makassar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2).
Khairul, A. E. (2020). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Kebersamaan. Jurnal DIKDAS BANTARA, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v3i2.882 DOI: https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v3i2.882
Maharani, R. C., Subroto, D. E., Fany, A.-Z. M., Nurhasanah, R. S., & Nova, L. (2025). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang di Era Modern. JIMAD Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.61404/jimad.v3i1.360 DOI: https://doi.org/10.61404/jimad.v3i1.360
Majid, F. A. (2023). Naskah Mursada: Representasi Tolong- Menolong Mursada Dan Hubungannya Dengan Pendidikan Karakter Peduli Sosial. JOB: (JURNAL ONLINE BARADHA) (E JOURNAL), 19(1). https://doi.org/https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/baradha
Mulyawati, Y., Marini, A., Nafiah, M., & Jakarta, N. (2022). Pengaruh Empati Terhadap Perilaku Prososial Peserta Didik Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2). DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p150-160
Muzarohmah, I. D. A. (2022). Sosialisasi: “Pentingnya Empati Dan Rasa Bergotong-Royong” Di Dusun Sambong Duran. Sarwahita, 18(02), 197–209. https://doi.org/10.21009/sarwahita.182.8 DOI: https://doi.org/10.21009/sarwahita.182.8
Nihi, S., & Zarkasih Putro, K. (2025). Penanaman Sikap Empati dan Kepedulian pada Anak Melalui Metode Keteladanan di Lingkungan Keluarga. 12(2), 300–312. https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21619
Purnamasari, M., Wuryandini, E., Solikhin, R., & Sulianto, J. (2024). Penguatan Karakter Gotong Royong Melalui Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SD Negeri Bugangan 02 Semarang. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1270–1279. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3153 DOI: https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3153
Puspita Dewi, L., & Rachman, B. (2023). Penanaman Moral dan Karakter Anak Usia Dini dari Nilai-Nilai Pancasila dengan Metode Nyata Belajar di Ranah PAUD. Indonesian Journal of Society Engagement, 3(3), 130–144. https://doi.org/10.33753/ijse.v3i3.100 DOI: https://doi.org/10.33753/ijse.v3i3.100
Sofia, Fadilah, Y., & Muhammad, D. H. (2022). Strategi Guru Dalam Membentuk Nilai Kebersamaan Melalui Pendidikan Karakter Di MI Darul Hidayah Probolinggo. JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING, 6(6).
Suryaningsih, N. M. A., & Poerwati, C. E. (2020). Pengenalan Protokol Kesehatan Pada Anak Usia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. November, 329–336. DOI: https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1271
Susanti, R. (2024). Pengaruh Program Pendidikan Berkarakter Terhadap Pembentukan Sikap Empati Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2290–2302. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Tutpai Getrudis, et al. (2020). Pelatihan Pembuatan Origami Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Bekebutuhan Khusus Di Panti Asuhan Bhakti Luhur Banjarmasin. 3(July), 1–23. DOI: https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.2101
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kili Astarani, Selvia David Richard, Indraningrum Fitria, Yoyok Febrijanto, Debora Aurelia Ayu Wasyana, Jonathan Adjie Nugraha, Stephanie Aurellya Putri Widayat, Jeremi Christian Burju, Micah Erickson, Jessica Gordon

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0