Implementasi Karakter Sosial Pada Anak Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Holistik Keperawatan Anak Dalam Kegiatan Bersinar

Authors

  • Kili Astarani STIKES RS. Baptis Kediri
  • Selvia David Richard STIKES RS Baptis Kediri
  • Indraningrum Fitria STIKES RS Baptis Kediri
  • Yoyok Febrijanto STIKES RS Baptis Kediri
  • Debora Aurelia Ayu Wasyana STIKES RS Baptis Kediri
  • Jonathan Adjie Nugraha STIKES RS Baptis Kediri
  • Stephanie Aurellya Putri Widayat STIKES RS Baptis Kediri
  • Jeremi Christian Burju STIKES RS Baptis Kediri
  • Micah Erickson California Baptist University
  • Jessica Gordon California Baptist University

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.621

Keywords:

Empati, Tolong Menolong, Kebersamaan, Anak Usia Sekolah

Abstract

Latar Belakang: Sekolah dan keluarga memiliki peran besar dalam menumbuhkan karakter anak melalui keteladanan, pembiasaan, dan pembelajaran yang bermakna dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan: Memberikan implementasi Karakter Sosial Pada Anak Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Holistik Keperawatan Anak dalam Kegiatan BERSINAR (Bina Empati, Tolong Menolong, dan Kebersamaan Anak). Metode: Metode yang dipilih pengabdi diawali dengan Koordinasi dengan kepala sekolah dan guru, dilanjutkan penyusunan materi edukasi dan pembuatan poster. Pelaksanaan meliputi pengenalan, refleksi diri, diskuse serta evaluasi perilaku siswa. Hasil: Kegiatan ini menunjukkan dari 36 siswa sebanyak 25 siswa (69,44%) memiliki nilai empati tinggi, sejumlah 28 siswa (77,78%) memiliki nilai tolong menolong tinggi, dan sejumlah 28 siswa (77,78%) memiliki nilai kebersamaan tinggi. Kesimpulan: Kegiatan ini berhasil memperkuat nilai siswa dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekolah serta direkomendasikan untuk dikembangkan lebih lanjut. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, S. H., & Salim, R. M. A. (2020). Parenting style and empathy in children: The mediating role of family communication patterns. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 17(1), 34. https://doi.org/10.26555/humanitas.v17i1.13126 DOI: https://doi.org/10.26555/humanitas.v17i1.13126

Ardiana, R. (2022). Kegiatan Mendongeng Sebagai Media Dalam Menumbuhkan Sikap Tolong Menolong Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM), 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24903/jpkpm.v2i2.1238

Astarani, K., Mahanani, S., & Yusiana, M. A. (2023). Communication Using the Storytelling Method Improves Knowledge in Implementing Health Protocols for School-Age Children. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 10(2), 169–176. https://doi.org/10.26699/jnk.v10i2.art.p169-176 DOI: https://doi.org/10.26699/jnk.v10i2.ART.p169-176

Astarani, K., Richard, S. D., Taviyanda, D., Wasyana, D. A. A., Apriliana, C., & Permatasari, O. C. (2024). Penguatan Pengetahuan Siswa dalam Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Anti Bullying. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 209–221. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.527 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.527

Astarani, K., & Taviyanda, D. (2020). Optimalisasi Tugas Keluarga Dalam Mencegah dan Mengatasi Perilaku Bullying Dalam Kehidupan Anak. Journal of Community Engagement in Health, 3(1), 39–43. https://doi.org/10.30994/jceh.v3i1.31 DOI: https://doi.org/10.30994/jceh.v3i1.31

Astarani, K., Taviyanda, D., Tabita, A., Crisstella, A., Kurnianto, A., Zeofanny, C., Obillia, C. N., Agusta, D., Pawestri, D. M., Puspitasari, D. A., Anteng, D. A. R., & Retno, E. D. (2023). Edukasi Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Pada Siswa Sekolah Dasar. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 116–126. https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.85 DOI: https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.85

Astarani, K., Yentus, A., Regita, A., Henny, C., Nelli, D., Irawanda, D., Sanjaya, D. A., Dwiseptyani, E., & Anggara, F. (2023). Upaya Peningkatan Ketrampilan Gosok Gigi Pada Anak di SD YBPK Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 139–149. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.198 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.198

Efendi, R., & Ratih, A. W. (2023). Pengembangan Media Video Tutorial Interaktif dalam Pembelajaran Vokasi Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Ringan. Education and Training, 4(2), 59–64.

Fransiska, F., Suryameng, S., & Sumiati, Y. (2023). Peran Guru Dalam Menanamkan Kemampuan Empati Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Santa Maria Sintang. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(1), 190–203. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i1.2328 DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i1.2328

Hamid, A. (2024). MENEJEMEM PENDIDIKAN KERAKTER ANAK USIA DINI: MENGEMBANGKAN KARAKTER EMPATI PADA ANAK USIA DINI DALAM PENDIDIKAN. 5(1), 49–61.

Herlina, Akib, I., & Rukli. (2023). Nilai-Nilai Moral Dan Kepedulian Pada Pendidikan Karakter Di Sd Islam Al Azhar 34 Makassar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2).

Khairul, A. E. (2020). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Kebersamaan. Jurnal DIKDAS BANTARA, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v3i2.882 DOI: https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v3i2.882

Maharani, R. C., Subroto, D. E., Fany, A.-Z. M., Nurhasanah, R. S., & Nova, L. (2025). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang di Era Modern. JIMAD Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.61404/jimad.v3i1.360 DOI: https://doi.org/10.61404/jimad.v3i1.360

Majid, F. A. (2023). Naskah Mursada: Representasi Tolong- Menolong Mursada Dan Hubungannya Dengan Pendidikan Karakter Peduli Sosial. JOB: (JURNAL ONLINE BARADHA) (E JOURNAL), 19(1). https://doi.org/https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/baradha

Mulyawati, Y., Marini, A., Nafiah, M., & Jakarta, N. (2022). Pengaruh Empati Terhadap Perilaku Prososial Peserta Didik Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2). DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p150-160

Muzarohmah, I. D. A. (2022). Sosialisasi: “Pentingnya Empati Dan Rasa Bergotong-Royong” Di Dusun Sambong Duran. Sarwahita, 18(02), 197–209. https://doi.org/10.21009/sarwahita.182.8 DOI: https://doi.org/10.21009/sarwahita.182.8

Nihi, S., & Zarkasih Putro, K. (2025). Penanaman Sikap Empati dan Kepedulian pada Anak Melalui Metode Keteladanan di Lingkungan Keluarga. 12(2), 300–312. https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21619

Purnamasari, M., Wuryandini, E., Solikhin, R., & Sulianto, J. (2024). Penguatan Karakter Gotong Royong Melalui Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SD Negeri Bugangan 02 Semarang. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1270–1279. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3153 DOI: https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3153

Puspita Dewi, L., & Rachman, B. (2023). Penanaman Moral dan Karakter Anak Usia Dini dari Nilai-Nilai Pancasila dengan Metode Nyata Belajar di Ranah PAUD. Indonesian Journal of Society Engagement, 3(3), 130–144. https://doi.org/10.33753/ijse.v3i3.100 DOI: https://doi.org/10.33753/ijse.v3i3.100

Sofia, Fadilah, Y., & Muhammad, D. H. (2022). Strategi Guru Dalam Membentuk Nilai Kebersamaan Melalui Pendidikan Karakter Di MI Darul Hidayah Probolinggo. JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING, 6(6).

Suryaningsih, N. M. A., & Poerwati, C. E. (2020). Pengenalan Protokol Kesehatan Pada Anak Usia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. November, 329–336. DOI: https://doi.org/10.36002/snts.v0i0.1271

Susanti, R. (2024). Pengaruh Program Pendidikan Berkarakter Terhadap Pembentukan Sikap Empati Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2290–2302. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Tutpai Getrudis, et al. (2020). Pelatihan Pembuatan Origami Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Bekebutuhan Khusus Di Panti Asuhan Bhakti Luhur Banjarmasin. 3(July), 1–23. DOI: https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.2101

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-05-17

How to Cite

Astarani, K., Richard, S. D., Fitria, I., Febrijanto, Y., Wasyana, D. A. A., Nugraha, J. A., Widayat, S. A. P., Burju, J. C., Erickson, M., & Gordon, J. (2025). Implementasi Karakter Sosial Pada Anak Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Holistik Keperawatan Anak Dalam Kegiatan Bersinar. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 357–366. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.621

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)