Penguatan Daya Saing Santri Era Digital melalui OPOP Jatim

Authors

  • Lusi Zafriana Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur https://orcid.org/0009-0000-7486-7457
  • Anita Hakim Nasution Telkom University Surabaya
  • Arman Hakim Nasution Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.661

Keywords:

Daya Saing, OPOP Jatim, Santri Digipreneur, Desain Komunikasi Visual

Abstract

Latar Belakang: Urgensi One Pesantren One Product (OPOP) di Jawa Timur dirancang untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas santri melalui pemberdayaan kewirausahaan berbasis digital. Namun, keterbatasan dalam keterampilan desain komunikasi visual (DKV) dan pemasaran digital menjadi tantangan dalam optimalisasi potensi santri. Tujuan: Tujuan program ini untuk meningkatkan kemampuan santri dalam bidang DKV dan strategi pemasaran digital melalui pelatihan Santri Digipreneur. Metode: Metode yang digunakan berupa lokakarya intensif, dipadukan dengan sesi coaching, memprioritaskan kolaborasi tim, komunikasi efektif, pembuatan konten digital, serta penerapan strategis platform media sosial untuk keperluan promosi dan branding. Hasil: Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan pada kualitas konten yang dihasilkan, antara lain kemampuan desain visual dan strategi komunikasi pemasaran. Kerja sama antar santri meningkat, ditandai dengan penggunaan media digital secara terpadu untuk memasarkan produk pesantren. Kesimpulan: Program pelatihan Santri Digipreneur OPOP terbukti efektif dalam mengembangkan daya saing santri di era digital. Inisiatif ini berkontribusi terhadap peningkatan keterampilan kewirausahaan, penguatan ekonomi lokal, serta memperluas akses pasar produk pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhani, N. F., Zahroh, S., Hisyam, M. R., Saleh, I. A., Rohmah, F. Y., Cahya, A. A. C., … Sholeh, M. N. (2025). Peran Mahasiswa dalam Pelestarian Budaya RT Jimpitan sebagai Wujud Gotong Royong Modern. Nusantara Community Empowerment Review, 3(1), 105–111. doi:10.55732/ncer.v3i1.1587 DOI: https://doi.org/10.55732/ncer.v3i1.1587

Alhamuddin, A., Rabiatul, R. A., & Fahmi, F. F. R. S. H. (2022). Inovasi bisnis era new normal melalui kampung virtual sepatu kreatif untuk meningkatkan daya saing produk UKM alas kaki di Kota Bandung. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(1), 121–136. doi:10.20414/transformasi.v18i1.4901 DOI: https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i1.4901

Anisah, A., Daud, S., Alfiah, N. R., Ahmad, N. S., & Handayani, C. (2024). Menumbuhkan Keberdayaan Komunitas Desa Wosu Kabupaten Morowali: Peningkatan Kesadaran dan Keterampilan Masyarakat dalam Menghadapi Tantangan Dunia Kerja. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(4), 869–879. doi:10.36312/linov.v9i4.2169 DOI: https://doi.org/10.36312/linov.v9i4.2169

Ery Setiyawati, M., Agustina S.A, N., Calista Dwi, M., Fakhriah, A., & Ayu Lativa, D. (2025). Pemberdayaan Peserta Didik SMP Sekolah Master Indonesia Depok Dalam Menghadapi Perkembangan Iptek. IKRA-ITH ABDIMAS, 9(2), 1–10. doi:10.37817/ikra-ithabdimas.v9i2.4059 DOI: https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v9i2.4059

Haryati, N., Irwandi, P., Wibowo, R. H., Wavi, M. N., Syarif, H. D., Nurirozak, M. Z., … Ifanida, B. I. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MENGEMBANGKAN DIGITAL BRANDING PADA USAHA MINUMAN TRADISIONAL. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 2154. doi:10.31764/jmm.v8i2.21913 DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.21913

Hasanah, B., Sururi, A., Prananda, D. P., & Noval, A. M. (2022). KEWIRAUSAHAAN SOSIAL: PARTISIPASI MASYARAKAT DAN EVALUASI DAMPAK SOSIAL-EKONOMI. Jurnal Administrasi Negara, 28(3), 291–317. doi:10.33509/jan.v28i3.1721 DOI: https://doi.org/10.33509/jan.v28i3.1721

Karyono. (2024). Peran Pondok Pesantren dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Subang Jawa Barat (Analisis Implementasi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Pasal 45). Rayah Al-Islam, 7(3), 1779–1791. doi:10.37274/rais.v7i3.901 DOI: https://doi.org/10.37274/rais.v7i3.901

Mirajani, I., Aritonang, J. I., Damayanty, S., Humaedi, S., Darwis, R. S., Hidayat, E. N., … Santoso, M. B. (2024). PENGEMBANGAN DESA WISATA MELALUI PENERAPAN COMMUNITY DEVELOPMENT DALAM UPAYA PENINGKATAN EKONOMI LOKAL. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 6(2), 226–240. doi:10.24198/focus.v6i2.52787 DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v6i2.52787

Muchayatin, M., & Purwiardhani, A. L. (2021). Faktor-Faktor Yang Mepengaruhi Daya Saing UMKM Kuliner Di Kota Semarang. Serat Acitya, 10(2), 142. doi:10.56444/sa.v10i2.2473 DOI: https://doi.org/10.56444/sa.v10i2.2473

Mutammam, Anggraeni, D., Akhmad Afroni, Sutrisno, Aisyah Zubaidah, & Irfanullah, G. (2025). Adaptation and Transformation of Pesantren Education in Facing The Era of Muslim Society 5.0. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(3), 705–726. doi:10.31538/nzh.v7i3.114 DOI: https://doi.org/10.31538/nzh.v7i3.114

Muttaqin, A., & Albar, M. K. (2024). Dinamika Pendampingan BLK Komunitas: Mengurai Faktor Keberhasilan Dan Hambatan. Al-Khidmat, 7(2), 64–89. doi:10.15575/jak.v7i2.41066 DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v7i2.41066

Najamudin, F., & Al Fajar, A. H. (2024). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL MELALUI PENDEKATAN ABCD UNTUK MENCAPAI SDG 1: TANPA KEMISKINAN. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 7(2), 142–158. doi:10.24198/focus.v7i2.58936 DOI: https://doi.org/10.24198/focus.v7i2.58936

Novitasari, & Alan Su’ud Ma’adi. (2024). Analisis Program OPOP Terhadap Kemandirian Ekonomi Pesantren di Pondok Pesantren Nurul Cholil Bangkalan. Jurnal Ekonomi STIEP, 9(2), 57–68. doi:10.54526/jes.v9i2.349 DOI: https://doi.org/10.54526/jes.v9i2.349

Palenti, C. D., Prasetyo, I., & Gusti, R. (2020). Pendampingan Masyarakat dalam Pengembangan Destinasi Wisata melalui Pemetaan Kebutuhan. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 11–20. doi:10.21831/diklus.v4i1.27551 DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.27551

Pandelaki, M., Tiwow, G., Lempas, J., & Wuisang, J. (2024). ANALISIS PEMBERDAYAAN EKONOMI DIGITAL PETANI KACANG DI DESA TONDEGESAN KECAMATAN KAWANGKOAN. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 445–457. doi:10.53682/jpeunima.v5i2.10993 DOI: https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i2.10993

Pratomo, A., Fitriani, F., & Mutammimah, H. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Reservasi untuk Meningkatkan Kemudahan dan Profesionalisme Berbasis Teknologi di Sektor Pariwisata. Journal of Empowerment, 5(2), 154. doi:10.35194/je.v5i2.4643 DOI: https://doi.org/10.35194/je.v5i2.4643

Putra, I. K., Pramartha, I. M. A., & Rusmiati, N. N. (2024). Implementasi Global Think Local Act Pada Wisata Kesehatan Tradisional Bali Husada Melalui Pemanfaatan Online Social Media. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(3), 629–637. doi:10.36312/linov.v9i3.2115 DOI: https://doi.org/10.36312/linov.v9i3.2115

Qorib, F. (2024). Tantangan dan Peluang Kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan Masyarakat dalam Program Pengabdian di Indonesia. Journal of Indonesian Society Empowerment, 2(2), 46–57. doi:10.61105/jise.v2i2.119 DOI: https://doi.org/10.61105/jise.v2i2.119

Rahayu, E., As’at, A. R., Saputra, A. R., Na’imah, A., Fauziah, A., Khasanah, A., … Chofshoh, U. (2024). PENINGKATAN POTENSI DESA MELALUI UMKM BERBASIS DIGITALISASI DAN INOVASI PRODUK DI DESA WONOSARI. ABDIANDAYA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 54–65. doi:10.56997/abdiandaya.v2i2.1561 DOI: https://doi.org/10.56997/abdiandaya.v2i2.1561

Ririh, K. R., Wicaksono, A., Berliandaldo, M., & Ajie, F. T. (2021). KAJIAN EFEKTIVITAS PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR): STUDI KASUS PERUSAHAAN PEMBANGKIT ENERGI “Y”. J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 16(1), 29–41. doi:10.14710/jati.16.1.29-41 DOI: https://doi.org/10.14710/jati.16.1.29-41

Saerang, R., Gunawan, E. M., & Rogi, M. (2024). Peranan Transformasi Digital Pada Keberlangsungan Usaha UMKM di Kota Manado. Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 169–184. doi:10.53682/mk.v5i2.10527 DOI: https://doi.org/10.53682/mk.v5i2.10527

Safrida, & Safrida, N. (2022). Strategi pemberdayaan perempuan melalui pengembangan usaha berbasis potensi lokal di Gampong Pulau Kayu Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(2), 239–252. doi:10.20414/transformasi.v18i2.4948 DOI: https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i2.4948

Sahrul, E. A., & Nuringsih, K. (2023). PERAN E-COMMERCE, MEDIA SOSIAL DAN DIGITAL TRANSFORMATION UNTUK PENINGKATAN KINERJA BISNIS UMKM. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 286–299. doi:10.24912/jmieb.v7i2.23293 DOI: https://doi.org/10.24912/jmieb.v7i2.23293

Sailendra, S., Djaddang, S., Syam, M. A., Susilawati, S., & P, N. (2021). Tatakelola Keuangan UMKM Berbasis ETAP dan Android Untuk Meningkatkan Efisiensi Kinerja Usaha pada Era Covid-19 Normal Baru. CAPACITAREA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(02), 110–120. doi:10.35814/capacitarea.v1i02.2058 DOI: https://doi.org/10.35814/capacitarea.v1i02.2058

Shofi Muzakki, A., Fitriyah, A., & Rizza, M. F. (2024). Digitalisasi Pendidikan Agama Islam Era Society 5.0: Mendorong Peningkatan Daya Saing Pendidikan di Indonesia. Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 5(2), 679–689. doi:10.37274/mauriduna.v5i2.1279 DOI: https://doi.org/10.37274/mauriduna.v5i2.1279

Subyanca, V., & Handoyo, S. E. (2022). Faktor-faktor Penentu Keunggulan Daya Saing UMKM Makanan dan Minuman di Jakarta Barat. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(5), 509–514. doi:10.24912/jmbk.v6i5.20303 DOI: https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i5.20303

Suwandi, J., Jatmika, S., Chamsudin, A., & Makhrus, F. (2022). Pengembangan Usaha Kelompok Bina Usaha Ekonomi Keluarga Aisyiyah (BUEKA) PDA Sukoharjo Melalui Pemasaran Digital Berbasis Internet. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 131. doi:10.30734/j-abdipamas.v6i2.2499 DOI: https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i2.2499

Trihastuti, A., Pandin, M. Y. R., Ruskito, T. M., & Mardiono, V. E. P. (2023). Pendampingan Akuntansi Dan Teknologi Tepat Guna(TTG) Untuk UMKM Krupuk Pati Dusun Miru Desa Banyuurip Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(4), 713–720. doi:10.36312/sasambo.v5i4.1451 DOI: https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i4.1451

Widiatmoko, C., Kartini Mendrofa, D. E., Indriasari, , Ratna, Azmi, K., & Raharjo, J. S. (2024). PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUM DESA) DI DESA CIBEREUM KECAMATAN CISARUA KABUPATEN BOGOR PROVINSI JAWA BARAT. Jurnal Pemerintahan, 11(2), 31–48. doi:10.55745/jpstipan.v11i2.214 DOI: https://doi.org/10.55745/jpstipan.v11i2.214

Wulandari, D. A. N., Sunarti, S., Kuspriyono, T., Lestari, H. D., Hanum, N. A. P. R., Maulida, A., & Bay, D. E. O. (2024). Digitalisasi Pemasaran Produk Olahan Singkong Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Pada Rumah Singkong Niknok Depok. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 82–89. doi:10.31294/abditeknika.v4i2.4650 DOI: https://doi.org/10.31294/abditeknika.v4i2.4650

Yuanita, P., & Keban, Y. T. (2020). Evaluasi Efektivitas Program Kang Pisman di Kelurahan Sukaluyu dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Rekayasa Hijau, 4(2), 93–108. doi:10.26760/jrh.v4i2.93-108 DOI: https://doi.org/10.26760/jrh.v4i2.46-61

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-05-24

How to Cite

Zafriana, L., Nasution, A. H., & Nasution, A. H. (2025). Penguatan Daya Saing Santri Era Digital melalui OPOP Jatim. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 428–439. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.661

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)