Optimalisasi Barang Bekas: Pelatihan Kreatif Pengembangan Media Pembelajaran untuk Guru SD
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.821Keywords:
Barang Bekas, Pelatihan, Media Pembelajaran, Kreatifitas, Guru SDAbstract
Latar Belakang: Penggunaan barang-barang bekas sebagai media pembelajaran kreatif di sekolah dasar. Tujuan: Tujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran yang inovatif serta memberikan dampak positif terhadap motivasi dan pemahaman siswa. Metode: Pelatihan yang diadakan selama tiga hari untuk 57 guru SD di Kota Donggala, Sulawesi Tengah, menunjukkan bahwa optimalisasi barang bekas dapat menjadi solusi dalam mengatasi keterbatasan fasilitas pendidikan. Hasil: Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa 85% peserta merasa lebih percaya diri dalam menggunakan barang-barang bekas sebagai media pembelajaran, dan observasi di kelas mengungkapkan peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Berbagai media yang dihasilkan, seperti permainan perkalian menggunakan gelas plastik bekas, membuktikan bahwa penggunaan barang bekas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis barang bekas memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dalam konteks keterbatasan fasilitas pendidikan, serta memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi pengembangan kreativitas dan karakter siswa.
Downloads
References
Admin. (2024, July 3). Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Daerah Terpencil: Tantangan dan Solusi. Https://Pusdasi.Uma.Ac.Id/Meningkatkan-Kualitas-Pendidikan-Di-Daerah-Terpencil-Tantangan-Dan-Solusi/.
Arisandy, D., Marzal, J., & Maison. (2021). Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Construct 2 Berbantuan Phet Simulation Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 3038–3052. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.993
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Pendidikan 2023. Badan Pusat Statistik, 12.
Desimarlina, Y., Juniati, N., Ajizah, E., & Jamaluddin. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran IPA Biologi pada Materi Virus di SMA Muhammadiyah Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 60–67. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.655 DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.655
Kartikawati, E., Nisaa, R. A., & Maesaroh, M. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Sel Dengan Memanfaatkan Kertas Bekas. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 305–311. https://doi.org/10.30651/aks.v5i3.4892 DOI: https://doi.org/10.30651/aks.v5i3.4892
Kharismawati, A., & Desstya, A. (2021). Pemanfaatan Kardus Bekas untuk Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2), 67–74. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19419 DOI: https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19419
Lestanti, S., & Budiman, S. N. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Barang Bermanfaat Bagi Masyarakat di Masa Pandemi. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 77–86. https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.660 DOI: https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.660
Napitupulu, N. D., Miftah, & Zaky, M. (2023). Pendekatan Kreatif dalam Pelestarian Lingkungan: Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran IPA dari Barang Bekas di SMP Negeri 13 Palu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4), 5219–5224. DOI: https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i4.2267
Pratomo, A. B., Nurina, L., Wahyudi, E., Yusuf, R., Judijanto, L., Ningsih, L., & Hatmawan, A. A. (2023). Sosialisasi Transformasi Lingkungan dan Kesadaran dalam Mendorong Praktik Pengelolaan Sampah yang Berkelanjutan. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 2(1), 45–56. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v2i01 DOI: https://doi.org/10.58812/ejimcs.v2i01.163
Purwati, N. K. R., Antari, N. L. D., & Susanti, M. D. (2022). Pembelajaran Matematika Menyenangkan dengan Media Pembelajaran Game Edukasi Kahoot! dan Quizizz. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 143–153. DOI: https://doi.org/10.36277/defermat.v5i2.249
Qomarullah, R., Sokoy, F., Suratni, & Tammubua, M. H. (2024). The Role of Indigenous Communities in The Development of Socially-Based Environmental Education. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 4(2), 1–10.
Siregar, H. (2023). Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan di pembelajaran matematika dalam meningkatkan soft skills peserta didik. Nabla Dewantara, 8(1), 37-44. https://doi.org/10.51517/nabla.v8i1.251 DOI: https://doi.org/10.51517/nabla.v8i1.251
Siron, Y., Khonipah, I., & Fani, N. K. M. (2020). Penggunaan Barang Bekas Untuk Media Pembelajaran: Pengalaman Guru PAUD. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(2), 63–75. DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i2.868
Sit, M. (2023). Optimalisasi Keterampilan Motorik Halus dengan Bahan Bekas Pada Anak Usia Dini. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.37985/educative.v1i1.3 DOI: https://doi.org/10.37985/educative.v1i1.3
Solviana, M. D., Satitiningrum, Y., Haka, N. B., Handoko, A., Pratama, A. O. S., Oktafiani, R., Amelia, I., & Kesumawardani, A. D. (2024). Optimalisasi Program Green-School di SMP dan SMA Bhakti Mulya Suoh, Lampung Barat: Inovasi Pemanfaatan Barang Bekas untuk Instalasi Hidroponik dan Ecobrick. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(6), 1587–1602. https://doi.org/10.54082/jamsi.1417 DOI: https://doi.org/10.54082/jamsi.1417
Tamur, M., Nurjaman, A., & Marzuki, M. (2023). Analisis Bibliometrik Tren Riset Global Tentang Penerapan Software Matematika Menggunakan Basis Data Scopus: Menuju Keberlanjutan Pendidikan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3025–3037. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7347 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7347
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hotimah, Syamsuryani Eka Putri Atjo, Andi Dewi Riang Tati, Rosdiah Salam, Amir Pada

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



